Sponsors Link

7 Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus Bekas

lampu tidurBagi manusia, indra yang paling dominan adalah indra penglihatan. Seperti halnya dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Pada perencanaan desain rumah minimalis seperti rumah minimalis sederhana, tata lampu rumah minimalis adalah salah satu hal yang krusial. Dari permainan pencahayaan saja, Anda dapat menyulap rumah biasa menjadi mewah. Garis bayangan dan pantulan tersebut dapat menciptakan permainan yang menarik di dalam rumah. Maka dari itu, pencahayaan di dalam rumah tidak boleh dianggap sebelah mata. Setiap ruangan juga memerlukan cahaya yang cukup agar tubuh tetap sehat terjaga. Seperti salah satu ciri-ciri rumah sehat, yakni memiliki sirkulasi cahaya yang baik.

Pencahayaan tidak hanya berasal dari lampu rumah saja, namun juga cahaya alami. Akan tetapi, apa jadinya jika pada malam hari Anda masih ingin membaca buku di dalam kamar. Anda bisa menyalakan lampu kamar, tapi tentu cahayanya akan sangat menyilaukan di mata. Maka dari itu diciptakanlah lampu tidur, yang tidak hanya dapat membantu membaca di dalam gelap namun dapat memberikan pencahayaan tambahan ketika lampu kamar padam. Lampu tidur dapat pula menjadi salah satu dekorasi rumah yang memberikan kesan sendiri pada ruangan.

Untuk mendapatkan lampu tidur, Anda tentunya dapat membelinya di pasaran. Namun rasanya cukup membosankan bukan jika hanya membeli lampu dari toko yang ada? Padahal Anda dapat menciptakan lampu tidur dari bahan bekas sendiri lho! Contohnya adalah kardus bekas. Pemanfaatan ini sangat baik karena Anda dapat menanggulangi semakin banyaknya sampah yang ada di dalam rumah. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang yang banyak karena dapat membeli sendiri. Sebelum mengetahui cara membuat lampu tidur dari kardus bekas, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kardus kotak bekas (bisa kardus sepatu, souvenir, buku dan sebagainya).
  • Spidol dengan berbagai macam warna.
  • Lem tembak atau glue gun.
  • Lem kertas (alternatif).
  • Lakban, gunting, cutter, penggaris, pulpen.
  • Kertas HVS (secukupnya).
  • Kabel, lampu LED kecil.
  • Jack atau colokan listrik serta dudukan lampu.

Setelah mengumpulkan alat dan bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan lampu. Berikut ini adalah cara membuat lampu tidur dari kardus bekas, yakni:

  1. Menentukan desain

Proses pembuatan lampu tidur dari kardus bekas tidak dapat diawali apabila Anda belum memiliki gambaran tentang bagaimana desain yang Anda inginkan. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mencari referensi lewat situs pencarian tentang lampu tidur yang terbuat dari kardus bekas. Jangan lupa untuk menentukan warna lampu kardus yang Anda inginkan. Apakah menyesuaikan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah elegan.

  1. Menyiapkan kardus

Apabila proses desain sudah selesai dilakukan, maka saatnya memulai proses pembuatan. Pertama-tama, Anda perlu menggunting bagian penutup yang terletak pada bagian atas kardus bekas. Pada sisi pinggir kardus, buatlah garis pola potong sepanjang 1 cm. Selanjutnya, potonglah dengan mengikuti alur pola tersebut sampai semua enam sisi kardus terpotong semua.

  1. Memulai proses pewarnaan

Proses pewarnaan bisa dilakukan pada tahap awal pembuatan. Anda dapat mewarnai semua sisi kardus dengan menggunakan warna yang Anda inginkan. Jangan lupa buatlah beberapa pola pada permukaan kertas sisa potongan kardus. Bagian tepinya kemudian dipotong sedikit supaya bisa ditekuk, seperti pada prinsip tutup kardus sepatu.

  1. Memberikan lem

Lem diberikan pada setiap sudut jepit baju sampai membentukan kontakan. Setelah itu, Anda perlu mengukur bagian box lampu dari kaki ke kotak dan buatlah tanda. Tahap selanjutnya adalah membuat penahan kardus lampu agar tidak terlepas. Penahan tersebut dapat direkatkan dengan menggunakan lakban supaya tidak lepas dan kokoh.

  1. Memotong kertas HVS

Kemudian potonglah kotak kertas HVS putih dan sesuaikan agar dapat masuk ke dalam box lampu. Apabila sudah dipotong dengan tepat sesuai dengan kreatifitas dan ide yang Anda miliki, maka kerta tersebut lalu ditempelkan pada permukaan dalam kardus dengan menggunakan lem perekat.

  1. Tutup semua permukaan kardus

Permukaan kardus kemudian ditutup menyeluruh dengan menggunakan kertas HVS yang sama. Namun jangan lupa sisakan sisi kardus yang digunakan sebagai tempat masuk lampu. Siapkan pula rangkaian lampu serta bagian dudukannya dan buatlah pola pada bagian tengah kotak kaki. Buat kembali lingkaran pada bagian dalamnya.

  1. Memotong lingkaran

Lingkaran tersebut kemudian di potong dan warnailah bagian kaki lampu dengan warna yang Anda inginkan. Apabila sudah selesai, masukkan kabel pada lubang dan berikan sedikit celah untuk memasukan kabel. Rekatkan dudukan lampu dengan kardus menggunakan glue gun.

Pastikan letak kabel aman supaya tidak tertarik-tarik. Kemudian pasang lampunya beserta tutup kardusnya. Lampu kemudian dapat digunakan!

Demikianlah beberapa tips dan trik dari cara membuat lampu tidur dari kardus bekas yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik