Sponsors Link

Mengintip 9 Cara Membuat Rak Dinding Melayang

rak dinding melayangRak dinding melayang atau rak lainnya yang berada diberbagai jenis-jenis rumah tinggal sebenarnya memiliki fungsi yang serupa, yakni sebagai tempat penyimpan barang yang memiliki peranan penting. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan, namun rak ini sebenarnya dapat pula menjadi elemen dekoratif pada ruangan. Salah satunya adalah rak dinding melayang di dapur. Dapur merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang memiliki aktivitas cukup padat. Sebab di dalam dapur ini, tidak hanya menjadi tempat penyimpanan peralatan dapur, namun juga menjadi tempat kegiatan memasak itu sendiri. Maka dari itu, tidak heran jika di dalam dapur terdapat banyak sekali perabotan.

ads

Untuk meminimalis penumpukan perabotan ini, salah satu solusinya adalah dengan penggunaan rak dinding melayang. Tidak jarang juga bukan, Anda menemukan rak dinding melayang di dalam dapur? Bahkan elemen ini sering digunakan pada kitchen set dapur. Untuk mendapatkan rak dinding melayang, sebenarnya Anda dapat membelinya di toko-toko furniture. Namun bila Anda menginginkan sesuatu yang lebih berbeda, Anda juga dapat membuat rak dinding ini sendiri, lho! Bahkan caranya terbilang mudah dan tidak rumit. Ingin tahu?  Sebelum mengetahui cara membuat rak dinding melayang yang baik dan benar, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan untuk memperlancar proses pembuatan. Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jenis kayu konstruksi atau multipleks.
  • Paku berukuran kecil.
  • Sekrup.
  • Cat kayu.
  • Rangka besi.
  • Palu.
  • Gergaji.
  • Bor.
  • Amplas.
  • Dan lain-lain.

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, kini saatnya melakukan proses pembuatan. Berikut ini adalah tahapan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yakni:

  1. Mengukur ruangan yang akan digunakan

Sebelum memulai proses pembuatan rak dinding melayang, ada beberapa informasi yang perlu Anda dapatkan. Salah satunya adalah dengan mengukur dimensi ruangan yang akan diletakan rak kayu tersebut. Dimensi ini berupa panjang, lebar serta ketinggian rak tersebut. Ketahuilah bahwa proses ini penting dilakukan untuk mendapatkan bentuk rak dinding yang ideal. Jangan sampai rak yang Anda buat terlampau besar atau terlampau kecil, hingga mengurangi keindahannya.

  1. Menyesuaikan bahan dengan kebutuhan

Selain mempersiapkan dimensi ruangan, Anda juga perlu lebih cermat dalam memilih bahan-bahan yang akan digunakan pada pembuatan rak dinding melayang. Karena rak ini menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya, Anda perlu cermat dalam menentukan jenis kayu konstruksi yang akan digunakan. Terdapat jenis kayu untuk furniture dengan berbagai karakteristik yang berbeda. Namun pastikan bahan yang Anda pilih termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

  1. Menyesuaikan rak dengan konsep interior

Penyesuaian desain rak dinding dengan macam-macam konsep desain interior yang digunakan tentunya penting. Apabila Anda menggunakan desain rumah minimalis, maka desain rak dinding dapat menyesuaikan. Hal ini dilakukan agar tercipta kesinambungan antara furniture yang digunakan serta konsep rumah yang dipakai.

Sponsors Link

  1. Mempersiapkan rangka besi

Apabila segala proses persiapan telah selesai dilakukan, saatnya melakukan proses pembuatan. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah mempersiapkan rangka besi yang akan digunakan. Rangka besi ini berbentuk huruf E, sebagai tips menempelkan rak kayu pada permukaan tembok.

  1. Membolongi rangka

Rangka yang sudah disiapkan tersebut kemudian dilubangi pada sisi rangkanya. Hal ini ditujukan untuk memberikan ruang bagi paku yang membantu memperkuat dinding dengan rak.

  1. Mempersiapkan kayu

Apabila persiapan rangka besi telah selesai, selanjutnya Anda dapat beralih pada rak kayu. Kayu yang sudah dipersiapkan tersebut kemudian dipotong menjadi dua lapis, menyesuaikan dengan dimensi rak yang sudah diukur sebelumnya. Kayu yang telah dipotong kemudian di amplas. Hal ini dilakukan agar permukaan kayu lebih halus dan membantu merapikan sisa hasil pemotongan sebelumnya.

Sponsors Link

  1. Menyambung kayu

Potongan-potongan kayu tersebut dapat Anda rakit menyesuaikan dengan model rak yang Anda inginkan. Apakah desain minimalis, modern dan sebagainya. Pemasangan ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak ada bagian yang mengalami kerusakan. Pemasangan kayu ini dibantu dengan paku-paku kecil. Jangan lupa untuk mengosongkan salah satu sisi kayu sebagai tempat untuk memasukkan rangka besi.

  1. Finishing kayu

Setelah kayu tersebut terpasang semuanya, Anda dapat melakukan proses finishing. Yakni dengan melapisi permukaan kayu menggunakan cat kayu. Warna ini dapat disesuaikan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah elegan yang Anda sukai.

  1. Proses pemasangan

Apabila cat telah mengering, Anda dapat mulai memasangkan rak dinding melayang pada tembok. Pelaksanaan ini dilakukan menggunakan bor serta baut agar lebih kuat. Tara! Rak dinding melayang Anda telah siap selesai dibuat dan kini siap digunakan!

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat rak dinding melayang yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Desain