Sponsors Link

5 Cara Membuat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh dan Anti Bocor

WC menjadi bagian yang sangat penting dalam rumah.  WC dirancang dengan saluran yang terhubung ke bagian penampungan atau septic tank. Bagian penampungan memiliki bentuk sedemikian rupa agar bisa menampung kotoran dan air dalam jangka waktu yang lama. Namun jika suatu saat terjadi masalah seperti WC mampet maka diperlukan cara mengatasi toilet mampet agar bisa digunakan dengan normal lagi.

Proses untuk membangun septic tank harus dilakukan sejak awal rumah di bangun. Perhitungan jarak sangat penting agar kelak tidak terjadi masalah seperti kebocoran. Dan hal yang sangat penting lagi adalah menjaga agar bagian septic tank tidak cepat penuh karena jika penuh harus disedot yang membutuhkan banyak biaya. Karena itu proses perancangan harus dipertimbangkan sejak awal. Agar tidak salah langkah maka bisa mengikuti cara membuat septic tank agar tidak cepat penuh dan anti bocor, seperti berikut ini.

1. Posisi Sudut dan Kemiringan Pipa

Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika membangun septic tank adalah posisi dari sudut dan kemiringan pipa. Posisi pipa harus dibuat dengan selisih yang tepat antara posisi pipa pembuangan dan ketinggian kloset. Dimana selisih yang dibuat setidaknya sekitar 3 persen. Atau bisa diperhitungkan bahwa setiap 100 cem maka ada perbedaan ketinggian sebesar 3 cm.

Dengan selisih ini maka septic tank akan bisa menampung kotoran dan air dengan baik. Bahkan bisa membuat aliran air dan kotoran lancar mulai dari lubang pembuangan kloset sampai ke septic tank. Dan ini juga penting untuk mencegah bau WC karena kotoran yang berhenti di tengah pipa. Jika Anda sudah membuat langkah ini maka tidak perlu melakukan cara mengatasi bau septic tank.

2. Perhatikan Jenis dan Ukuran Pipa

Jenis pipa terbaik untuk septic tank sebaiknya menggunakan jenis pipa PVC. Kemudian ukuran pipa yang paling tepat adalah jenis pipa 4 inchi. Namun ukuran ini khusus untuk satu WC dalam satu rumah. Jika rumah Anda besar dan memiliki beberapa WC maka jenis ukuran pipa yang digunakan harus lebih besar dari 4 inchi.

Semakin besar pipa yang digunakan maka kotoran akan lancar dan kemungkinan tidak akan tersumbat sehingga septic tank tidak cepat penuh. Posisi pipa ke arah septic tank sebaiknya juga harus lurus dan tidak berbelok. Jika terpaksa berbelok maka sebaiknya hanya satu sudut saja. Langkah ini juga mencegah agar septic tank tidak penuh dengan air sementara kotoran menyumbat pipa.

Jenis pipa PVC dianggap yang terbaik karena tahan lama dan tahan terhadap benda keras. Kemungkinan juga tidak akan mudah pecah. Jika terjadi sumbatan pada pipa maka bisa diatasi dengan cara mengatasi pipa paralon tersumbat.

3. Pertimbangan Ukuran dan Kapasitas

Pada dasarnya ketika Anda mulai merancang desain rumah minimalis sederhana atau bahkan rumah mewah maka kapasitas septic tank juga harus diperhatikan. Kapasitas dan ukuran harus dipikirkan sejak awal sehingga tidak salah langkah dalam proses pembuatannya. Misalnya saja jika ternyata septic tank akan digunakan untuk 4 orang maka ukuran yang terbaik adalah 1.5 m x 1.5 m x 2.5 m. Kemudian untuk ukuran tinggi endapan bisa dibuat dengan ukuran 1 m x 1.5 m x 2 m. Jadi bisa disimpulkan jika banyak orang dalam rumah tersebut maka ukuran kapasitas septic tank juga harus dibuat lebih besar. Untuk ukuran ini sebaiknya tidak salah langkah agar tidak perlu membongkar lagi saat rumah sudah jadi.

4. Bahan Septic Tank

Salah satu kriteria rumah sehat adalah dengan memiliki fasilitas kebersihan yang baik seperti harus ada fasilitas MCK. Karena itu septic tank WC harus dibuat dengan bahan yang benar-benar berkualitas dan anti bocor. Pertimbangkan bahan yang tahan lama dan tidak mudah korosi karena terkena kotoran dan air secara terus menerus. Bahkan bak septic tank juga harus tahan terhadap tekanan air. Jika ternyata Anda salah memilih bahan septic tank dari bahan yang mudah pecah maka bisa bocor. Kotoran dan bakteri bisa menyebar ke tanah sehingga bisa mencemari air tanah di sekitarnya. Jadi pilih bahan yang benar-benar sesuai untuk jenis septic tank Anda.

5. Septic Tank Penampung dan Penyerap  

Salah satu langkah agar septic tank tidak mudah penuh adalah dengan membuat dua saluran pembuangan yang berbeda. Dijamin dengan rancangan ini septic tank akan bertahan lebih lama dan tidak perlu sedot WC lagi. Jadi satu lubang dibuat untuk penampungan kotoran dan air, sementara lubang yang lain digunakan untuk penyerapan. Sehingga saluran penyerapan yang bekerja untuk membuang aliran kotoran tanpa mencemari lingkungan. Sisa pembuangan biasanya akan keluar dalam bentuk gas sehingga sangat aman untuk lingkungan rumah dan air tanah.

Tips Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh

  • Tidak memasukkan benda asing ke WC. Cara pertama yang sangat mudah yaitu dengan tidak memasukkan benda-benda asing ke dalam WC. Jangan terbiasa membuang sampah seperti bekas pembalut, tissu, kain, plastik, kertas dan bahan lain yang tidak mudah larut. Selain membuat septic tank cepat penuh maka semua benda-benda itu justru akan menyumbat saluran WC sehingga WC mampet.
  • Gunakan bakteri organik pembersih WC. Sebaiknya Anda juga menghindari berbagai jenis cairan pembersih WC yang mengandung banyak bahan kimia. Gunakan saja bahan bakteri alami yang bisa menguraikan kotoran dan menjaga kebersihan saluran pipa ke septic tank. Bahan kimia yang masuk ke dalam WC bisa mematikan bakteri baik sehingga kotoran tidak terurai dan cepat penuh.
  • Gunakan air secukupnya. Kebiasaan memasukkan banyak air ke dalam WC juga sangat tidak disarankan. Sebaiknya Anda menggunakan secukupnya sampai kotoran tidak terlihat dan WC bersih. Air yang masuk terlalu banyak bisa menyebabkan septic tank berisi air sehingga akan naik ke atas melewati pipa ke arah WC. Dan tentunya menyebabkan bau yang tidak sedap.

Ternyata itulah beberapa cara membuat septic tank agar tidak cepat penuh dan anti bocor. Karena septic tank harus dibuat dengan cara yang benar sehingga menjadi investasi rumah dan tidak perlu renovasi rumah yang bisa menghabiskan banyak biaya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik