Sponsors Link

5 Cara Mengatasi WC Penuh Tanpa Sedot Paling Cepat

Kamar mandi dibutuhkan untuk setiap tempat tinggal dan semua tempat yang digunakan orang. Hal ini karena kamar mandi digunakan untuk membersihkan tubuh dan membuat semua kotoran tubuh. Salah satu bagian yang sangat penting dari kamar mandi adalah kloset WC. WC dirancang dengan bentuk jongkok atau duduk. Penggunaan WC sangat perlu untuk diperhatikan karena jika salah guna maka bisa menyebabkan WC tersumbat, mampet dan cepat penuh.

Jika sudah penuh maka bisa membuat septic tank atau penampungan berbau sangat tajam. Bahkan jika sudah dibersihkan dengan cara mengatasi bau septic tank maka baunya akan tetap sulit hilang. Hal yang lebih buruk lagi adalah kotoran bisa keluar dari WC sehingga membuat kamar mandi sangat kotor dan tidak bisa digunakan. Karena itu Anda harus melakukan cara yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini kami berikan cara mengatasi WC penuh tanpa sedot paling cepat.

1. Gunakan Air Panas dan Sabun Cuci Piring Cair

Salah satu cara mengatasi toilet mampet adalah dengan menggunakan bahan yang pasti tersedia di rumah Anda. Ya, sabun cuci piring cair biasanya selalu tersedia karena digunakan untuk membersihkan piring dan peralatan dapur lain. Sabun cuci piring bersifat sangat licin dan kuat sehingga bisa membersihkan semua sumbatan dan kotoran yang menumpuk di saluran pembuangan.

Caranya adalah dengan mencampur satu gelas sabun cuci piring dengan air panas yang baru mendidih. Kemudian lindungi area sekitar WC dengan kain yang sudah tidak terpakai. Setelah itu siram campuran air panas dan sabun cuci piring tersebut secara hati-hati. Tidak perlu terlalu keras tapi biarkan mengalir seperti biasa saja. Tunggu sampai kurang lebih 20 menit.

Selama menunggu maka Anda bisa mencoba memberi air panas sedikit demi sedikit. Jaga agar air yang sudah dituang tidak naik lagi sehingga lakukan secara perlahan. Setelah itu siram dengan air dingin biasa dan lihat apakah WC sudah bisa digunakan atau belum. Jika belum maka ulangi langkah ini selama beberapa kali agar bisa digunakan lagi secara normal.

2. Gunakan Campuran Cuka dan Baking Soda

Bahan lain yang  bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC yang penuh tanpa harus disedot adalah dengan menggunakan bahan baking soda dan cuka. Cuka sangat ampuh untuk mengatasi kotoran termasuk sebagai cara membersihkan lantai keramik yang berkerak. Kemudian baking soda juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam kotoran yang menempel di berbagai media termasuk bahan yang lembut dan keras.

Jadi cara untuk mengatasi WC yang mampet dengan baking soda dan cuka adalah dengan memasukkan baking soda secara langsung pada lubang WC. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kondisi WC rumah Anda. Setelah itu tunggu selama kurang lebih 2 jam sampai baking soda mengendap di bagian bawah. Kemudian tuangkan dua gelas cuka putih secara langsung dengan gerakan berputar agar cuka menyebar dengan cepat dan merata.

Setelah itu Anda bisa melihat gelembung cairan beraroma kuat keluar dari WC. Anda cukup membiarkan saja karena ini bagian dari reaksi baking soda dan cuka. Namun agar lebih aman maka gunakan markes penutup hidung dan mulut. Setelah proses ini maka tunggu selama kurang lebih satu jam. Setelah itu siram dengan air biasa dan pasti WC Anda sudah normal kembali.

3. Gunakan Soda Kue dan Garam Kasar

Siapa sangka ternyata soda kue yang sering digunakan untuk membuat kue juga bisa digunakan untuk mengatasi WC yang penuh karena tersumbat oleh berbagai jenis kotoran. Bahkan bahan ini juga bisa menjadi cara membersihkan toilet jongkok dan duduk yang sangat ampuh.

Caranya juga sangat mudah yaitu dengan memasukkan dua gelas garam kasar ke lubang WC. Kemudian masukkan satu gelas soda kue secara merata. Dan yang terakhir adalah menyiramkan kurang lebih 2 liter air panas yang baru saja mendidih secara perlahan.

Kemudian Anda perlu menunggu sampai kurang lebih 7 jam dan WC sebaiknya tidak digunakan. Setelah cukup maka siram dengan air perlahan-lahan lalu ulangi dengan kekuatan yang lebih cepat. Nah dalam waktu beberapa menit WC akan  mengeluarkan suara yang keras dan ini menjadi tanda WC sudah normal dan bisa digunakan.

4. Gunakan Plastik Wrap

Plastik wrap atau plastik yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan dan buah di supermarket juga bisa digunakan untuk mengatasi WC yang penuh. Anda hanya perlu membeli beberapa gulung plastik wrap sesuai keperluan. Pastikan plastik belum pernah digunakan sehingga bisa menempel dengan baik.

Caranya adalah dengan menutup WC dengan plastik wrap. Gunakan beberapa lapis sampai kuat ketika terkena tekanan air yang cukup keras. Setelah itu siram WC dengan kecepatan dan kekuatan yang cukup tinggi. Tekanan air yang naik mengenai plastik wrap akan turun kembali ke bawah dengan cepat. Dengan begitu semua kotoran akan masuk ke dalam WC dan WC kembali bisa digunakan dengan normal.

5. Gunakan Bubuk Pengurai Mikroba

Saat ini sudah banyak dijual cairan pengurai mikroba yang khusus digunakan untuk WC. Cairan ini bisa dimasukkan langsung lewat lubang WC dan semua mikroba akan mencoba mengurai kotoran sehingga volume kotoran akan berkurang dari waktu ke waktu.

Cara kerja obat ini adalah bubuk pengurai mikroba bisa dimasukkan ke lubang WC dan kemudian di siram dengan air biasa. Setelah itu WC sebaiknya tidak digunakan selama kurang lebih 5 jam. Selama waktu tersebut semua mikroba akan mencoba menghasilkan bakteri baik.

Kotoran yang penuh akan dinetralisir menjadi bau berupa amonia dan karbondioksida. Air yang dihasilkan akan tetap masuk ke tanah namun tidak merusak atau mencemari air di sekitarnya. Biasanya jenis obat ini juga bisa bekerja dalam jangka panjang selama kurang lebih 4 bulan namun WC tetap bisa digunakan secara normal.

Itulah beberapa cara mengatasi WC penuh tanpa sedot paling cepat. Anda bisa menggunakan cara yang paling ampuh sesuai kondisi WC Anda sehingga tidak perlu banyak biaya untuk membayar jasa sedot.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebersihan