Sponsors Link

Mengintip 11 Macam-macam Gorden Jendela

macam gordenDalam membuat berbagai jenis-jenis rumah tinggal, tidak hanya penentuan macam-macam konsep bangunan dan warna cat rumah yang indah dan sejuk saja yang penting, namun tips memilih furniture rumah juga perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah gorden jendela rumah yang sering kali diabaikan dan dianggap sebelah mata. Padahal, pemilihan gorden yang tepat dapat menyulap rumah biasa menjadi mewah karena memberikan sentuhan tertentu. Gorden dapat membantu menyelaraskan konsep ruangan yang Anda tuju. Namun ternyata, terdapat macam-macam gorden jendela yang dapat Anda gunakan, lho!

Anda perlu mengetahui apa saja tipe gorden yang tersedia, karena tidak semua gorden cocok dengan semua jenis konsep ruangan. Pemilihan yang salah dapat mengurangi tidak hanya dari segi estetika, namun juga fungsi ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui macam-macam gorden jendela. Mau tahu? Berikut ini adalah daftarnya, simak!

  1. Gorden Tipe Sheer

Apabila kamu membutuhkan sedikit privasi yang tetap membiarkan cahaya matahari atau pun sinar dari arah luar rumah tetap masuk melalui jendela, maka gorden jendela tipe sheer inilah solusi yang Anda butuhkan. Meskipun memiliki bahan dasar yang tipis dan berfungsi hanya sebagai pelapis, namun gorden ini dapat membuat pandangan dari arah luar ke dalam rumah tetap terjaga. Jenis gorden ini biasanya tersedia dalam warna putih polos maupun bermotif dan terbuat dari bahan voile. Jenis gorden ini cocok diaplikasikan pada berbagai jenis ruangan.

  1. Gorden Tipe Rod Pocket

Jenis gorden ini termasuk ke dalam tipe gorden yang paling sederhana. Karena pada bagian atasnya terdapat lorong hasil keliman yang berperan untuk menggantungkan gorden pada bagian batang jendela yang ramping. Terbuat dari bahan kain yang ringan, gorden ini biasanya tidak sering dibuka maupun ditutup karena hanya berfungsi sebagai pembatas saja. Oleh karena itu gorden ini lebih sering digunakan pada ruangan yang jarang digunakan.

  1. Gorden Tipe Draperies

Bisa dibilang, gorden tipe draperies merupakan jenis gorden yang memiliki dekoratif paling banyak. Dulunya jenis gorden ini digunakan untuk menciptakan suanana yang lebih menarik dalam ruangan. Namun kini, draperis tidak hanya memiliki motif dan warna yang indah, namun juga tampilan lebih sederhana dengan permukaan bergelombang dan menggantung sama panjangnya. Draperies terbuat dari kain tebal dan pada lipatannya mengandung bahan aklirik yang membuat ruangan lebih hangat dan juga dapat meredam suara.

  1. Gorden Tipe Cascades

Tipe gorden ini bersifat menjuntai pada kedua sisi jendela rumah. Cascades merupakan jenis gorden jendela yang memiliki variasi motif dan juga panjang gorden. Anda dapat mendapatkan gorden yang sama panjangnya antara sisi satu dengan yang lain dan juga satu sisi bisa lebih panjang. Tipe gorden ini biasanya tidak terpisah dari bagian atas bergelembong berbentuk setengah lingkaran atau biasa disebut dengan swag. Gorden tipe cascades cocok diaplikasikan pada ruang baca di rumah maupun kamar pribadi.

  1. Gorden Tipe Valances

Dibandingkan dengan jenis gorden yang lain, valances memiliki estetika fungsional tersendiri. Dengan bentuk yang berombak, gorden ini dapat menutupi bagian batang jendela yang nampak kurang indah. Gorden valances biasanya dikombinasikan dengan cascades dan penggunaannya saling disesuaikan satu sama lainnya.

  1. Gorden Tipe Tiers

Kalau gorden tipe valances dapat menutupi bagian atas jendela, maka gorden tipe tiers justru sebaliknya. Gorden ini dapat menutupi bagian bawah jendela hingga sepertiga bagian bawahnya. Oleh karena itu, tipe tiers sangat cocok untuk dikombinasikan dengan tipe valances. Jangan khawatir, apalagi keduanya digunakan bersamaan, cahaya matahari dari arah luar ruangan masih dapat masuk ke dalam.

  1. Gorden Tipe Eyelet

Ciri khas yang dimiliki jenis gorden ini terletak pada pemasangannya, yakni identik dengan penggunaan ring-ring besi sebagai tempat menggantung batang jendela. Oleh karena itu, gorden tipe eyelet terbuat dari bahan yang tidak terlalu berat seperti kain gorden atau tirai. Penggunaan ring ini dapat memudahkan gorden untuk digerakkan ke kanan dan kiri.

  1. Gorden Tipe Tab Top

Tab top merupakan jenis gorden yang hampir menyerupai dengan eyelet. Perbedaannya terletak pada ring-ring besi yang digantikan dengan kain dengan fungsi yang sama. Jenis gorden ini memiliki berat kain yang fleksibel karena pengaitnya terbuat dari bahan yang sama.

  1. Gorden Tipe Blinds

Blinds atau yang biasa dikenal dengan sebutan kerai ini sering kali digunakan pada ruang-ruang komersil seperti kantor. Namun bukan berarti jenis gorden ini tidak cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah lho! Tipe blinds ini terbuat dari bahan yang cukup keras dan terdiri lagi dari beberapa macam.

  1. Gorden Tipe Scarves

Bisa dikatakan gorden tipe scarves merupakan jenis yang paling mudah dikreasikan sesuai dengan keinginan. Gorden ini hanya berupa kain panjang yang nantinya dapat Anda lilitkan pada batang jendela sebagai dekorasi tambahan.  

  1. Gorden Tipe Pleat

Gorden tipe pleat terdiri dari berbagai macam jenis seperti box pleate, tailores pleat, goblet pleat dan pinch pleat yang masing-masing dibedakan oleh bentuk bagian atas gorden jendela.

Demikianlah beberapa macam-macam gorden jendela yang dapat Anda terapkan dan gunakan di dalam rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Dasar