Sponsors Link

Ini 7 Perbedaan Rumah dan Villa yang Paling Jelas

Hunian menjadi salah satu kebutuhan utama untuk semua orang. Tanpa hunian maka tidak ada tempat untuk berteduh dan berlindung. Hunian juga menjadi tempat pertemuan dengan keluarga dan teman sehingga menjadi lebih nyaman. Ada banyak model hunian yang bisa Anda pilih sesuai dengan anggaran, mulai dari rumah minimalis yang sederhana, rumah cluster, perumahan mewah,apartemen, kondominium sampai villa.

Hanya saja ternyata masing-masing nama hunian memiliki perbedaan yang jelas. Meskipun semua hunian ini memang digunakan untuk berlindung tapi semua memiliki fungsi dan sifat yang berbeda. Seperti rumah yang umumnya ada di komplek tempat tinggal, ada juga yang dinamakan villa. Villa biasanya hanya dimiliki orang yang benar-benar mampu secara finansial. Agar lebih jelas lagi berikut perbedaan rumah dan villa paling jelas.

1. Fungsi

Memang jika kita melihat rumah dan villa sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Sesuai dengan bentuknya maka tempat ini untuk berlindung, istirahat dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Namun ternyata jika dilihat secara khusus maka memiliki fungsi yang cukup berbeda, yaitu:

Rumah: rumah menjadi tempat untuk berlindung dari panas dan hujan serta istirahat namun untuk setiap hari. Artianya setelah pulang beraktifitas maka Anda akan pulang ke rumah. Aktifitas bisnis dan usaha kecil juga bisa dilakukan di rumah.

Villa: namanya saja villa sehingga tujuan utamanya adalah untuk tempat istirahat di waktu-waktu tertentu. Biasanya villa digunakan saat berlibur di waktu libur panjang atau di saat akhir pekan. Villa biasanya jarang dihuni pada hari kerja sehingga tampak kosong dari luar. Sehingga villa juga termasuk dalam jenis jenis rumah tinggal.

2. Desain

Desain tempat tinggal biasanya dibuat sesuai dengan fungsinya. Inilah yang membedakan antara rumah dan villa yang jelas terlihat dari dalam dan luar.

Rumah: desain rumah biasanya dibuat untuk mendukung aktifitas sehari-hari. Mulai dari bagian luar sudah dilengkapi dengan taman, garasi, ruang tamu, kamar mandi, ruang keluarga,dapur dan area untuk mencuci. Jika melihat semua bentuk ruang ini biasanya juga dibuat dengan desain yang biasa sesuai dengan konsep rumah. Rumah biasanya juga dibuat dengan desain sesuai dengan tipe atau ukuran rumah.

Villa: desain dari villa biasanya dibuat konsep yang lebih istimewa daripada rumah biasa. Hal ini karena villa dimaksudkan untuk tempat istirahat agar lebih nyaman. Bahkan ada villa yang dibuat dengan konsep desain rumah mewah demi membuat villa terlihat nyaman seperti hotel. Tapi mengikuti perkembangan zaman sekarang banyak villa yang dibuat dengan konsep yang lebih alami mengikutikondisi lingkungan di sekitar villa dibangun.

3. Ukuran

Ukuran sebuah bangunan memang perlu untuk dipertimbangkan dengan baik. Hal ini biasanya dipikirkan saat proses pembelian lahan yang dihubungkan dengan konsep rumah yang akan dibangun. Konsep ini juga yang diterapkan untuk memilih ukuran rumah atau villa. Ada perbedaan yang jelas dalam hal ukuran rumah dan villa.

Rumah: rumah biasanya dibuat dengan ukuran sesuai dengan tema dan model rumah. Termasuk rumah di perumahan yang cenderung memiliki ukuran yang sama. Namun sekarang banyak dibangun jenis perumahan yang berbeda-beda seperti model cluster dan residence. Ada beberapa perbedaan perumahan residence dan cluster. Kemudian juga ada jenis perumahan bersubsidi dan non subsidi. Ukuran rumah juga bisa dibuat lebih leluasa jika Anda membeli tanah baru dibangun rumah sendiri.

Villa: sesuai dengan tujuannya maka villa yang sering digunakan untuk waktu berlibur atau melepas penat saja maka memiliki ukuran yang lebih besar dan luas. Biasanya villa juga diharapkan bisa menampung banyak orang seperti semua keluarga besar. Ruang tidur dan kamar mandi di villa biasanya lebih banyak karena kebutuhan penghuninya.

4. Letak atau Lokasi

Rumah: rumah biasanya terletak di perkotaan atau desa yang dekat dengan kota. Perumahan dan kawasan rumah harus dekat dengan berbagai fasilitas seperti jalan raya, sekolah, perkantoran, pusat industri, rumah sakit dan fasilitas yang lain. Semua itu sangat penting untuk menunjang kebutuhan aktifitas sehari-hari.

Villa: villa biasanya terletak di tempat yang tersembunyi, pelosok desa, jauh dari perkotaan dan bahkan sulit untuk diakses dari jalan raya. Hal ini karena villa diharapkan menjadi tempat istirahat yang tenang, sepi, hijau, udara yang bersih dan indah. Karena itu banyak villa yang dibangun di kawasan perbukitan, dekat pegunungan, sungai dan lokasi lain. Semua ini juga untuk memudahkan penghuni villa mudah untuk mencari pemandangan alam.

5. Perabot

Rumah: perabot dalam rumah biasanya sangat lengkap untuk menunjang aktifitas. Berbagai perabot seperti sofa, meja, meja makan, perabot dapur, tempat tidur dan jenis perabot lain harus lengkap. Bahkan untuk mengisi rumah diperlukan tips memilih furniture agar bisa lengkap dan menunjang kebutuhan penghuni rumah. Termasuk juga perabot untuk anak-anak yang masih kecil.

Villa : villa biasanya tidak memiliki banyak perabot. Perabot utama seperti sofa, meja, dan tempat tidur menjadi perabot wajib. Kemudian hanya dilengkapi dengan alat-alat dapur yang sederhana. Juga banyak villa yang tidak dilengkapi dengan fasilitas hiburan seperti televisi. Semua ini karena banyak pemilik villa yang menggunakan villa untuk istirahat dan mereka cenderung sering menghabiskan waktu di alam terbuka.

6. Rutinitas Kebersihan

Rumah: rumah memang digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Semua penghuni rumah pasti akan kembali ke rumah setelah melakukan banyak aktifitas di luar ruangan. Karena itu cara membersihkan rumah harus dilakukan dengan tepat dan harus setiap hari. Jika rumah tidak dibersihkan selama satu hari saja maka akan sangat kotor.

Villa : karena jarang digunakan maka kebutuhan untuk membersihkan villa memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Namun villa perlu dibersihkan secara rutin misalnya satu minggu sekali atau tiga hari sekali. Biasanya orang yang membersihkan villa bukan si pemilik villa melainkan penjaga villa yang merupakan penduduk terdekat villa.

7. Sifat Komersial

Rumah tidak bisa dikomersialkan sewaktu-waktu. Namun villa bisa dikomersialkan setiap saat misalnya disewakan untuk setiap akhir pekan. Jadi villa juga bisa mendatangkan keuntungan untuk pemiliknya.

Itulah semua perbedaan rumah dan villa paling jelas. Karena itu sekarang Anda sudah paham bahwa rumah dan villa memang berbeda. Jadi jangan heran ya ketika melihat villa dengan kondisi yang berbeda dibandingkan rumah harian.

, , ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar