Sponsors Link

9 Cara Agar Kamar Mandi Tetap Kering dan Wangi

Kamar mandi menjadi area yang sangat penting untuk setiap rumah. Tidak perduli apakah rumah Anda besar, mewah atau bahkan rumah minimalis yang sederhana. Kamar mandi menjadi tempat yang sangat pribadi sehingga letaknya sering tersembunyi dalam rumah. Biasanya hanya penghuni rumah yang tahu dimana posisi kamar mandi.

Hal ini sesuai dengan aktifitas kamar mandi yang memang harus bersifat tertutup. Sementara itu air dan berbagai produk perawatan kebersihan tubuh menjadi hal pokok yang harus ada di kamar mandi. Karena itu bagian kamar mandi memang biasanya lembab dan selalu basah. Terlebih jika satu kamar mandi dipakai banyak penghuni rumah. Namun Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara agar kamar mandi tetap kering dan wangi, seperti informasi ini.

1. Memisahkan Bagian Kering dan Basah

Jika Anda memiliki kamar mandi dengan ukuran yang cukup longgar maka cobalah untuk memisahkan area kamar mandi basah dan kering. Area basah misalnya untuk tempat shower, toilet dan kloset. Sementara area kering biasanya hanya untuk tempat wastafel dan meletakkan beberapa benda penting seperti handuk atau produk perawatan tubuh. Pisahkan batas area kering dan basah dengan partisi dari tirai portabel atau dinding kaca. Tambahkan sirkulasi udara pada area basah sehingga area ini tidak lembab. Pastikan juga Anda mengikuti cara membuat kamar mandi yang baik menurut Islam.

2. Pertimbangkan Model Saluran Air

Saluran air di kamar mandi juga memiliki peran yang penting. Jika saluran air tidak lancar maka saat digunakan akan ada banyak air yang menggenang. Ini tidak hanya membuat kamar mandi lembab tapi juga bau akibat kotoran dan lumut yang menempel pada dinding bawah dan lantai kamar mandi. Karena itu buat lantai area basah kamar mandi sedikit miring, dimana saluran air berpusat menjadi satu. Sehingga saat digunakan untuk mandi dan keperluan lain maka air cepat mengalir keluar dari lantai kamar mandi. Jangan lupa untuk melakukan cara membersihkan dinding kamar mandi bagian bawah agar tetap bersih.

3. Perhatikan Area Penyimpan

Kamar mandi tidak hanya digunakan untuk tempat mandi dan keperluan lain. Karena itu beberapa perlengkapan untuk mandi dan stok persediaan lain sebaiknya juga diletakkan di kamar mandi. Hal ini sangat penting untuk membantu agar area kering tidak terkena kotoran dan air dari area yang basah. Tempatkan sebuah lemari gantung dan simpan peralatan di tempat ini. Selain menarik dengan model penyimpan ini juga membuat kamar mandi menjadi lebih rapi.

4. Akses Matahari untuk Kamar Mandi

Meskipun kamar mandi memang area yang tertutup dan biasanya juga tersembunyi, tapi Anda harus memikirkan  ventilasi. Sama seperti mengikuti panduan syarat ventilasi rumah sehat maka konsep ini juga bisa diterapkan untuk kamar mandi. Hal yang bisa Anda coba adalah membuat area kamar mandi bisa dimasuki oleh sinar matahari secara langsung. Anda bisa mencoba memasang atap yang bisa dibuka dan ditutup dengan lapisan atap tembus sinar matahari. Jika tidak digunakan maka atap bisa dibuka dan saat digunakan maka atap harus ditutup.

5. Sirkulasi Udara dari Dinding

Memang ada beberapa solusi kamar mandi tanpa ventilasi. Namun hal yang lebih penting Anda lakukan jika ingin kamar mandi tetap kering dan tidak lembab adalah dengan memasang sirkulasi udara dari dinding. Anda bisa mencoba untuk memasang dinding kaca yang bisa dibuka dan membuat sinar matahari bisa masuk dengan mudah. Model ventilasi ini bisa membuat kamar mandi tetap terkena sinar udara sepanjang hari. Namun Anda juga harus memastikan keamanan sehingga pastikan Anda memberi dinding tinggi yang tidak bisa dijangkau orang asing.

6. Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Untuk menjaga agar kamar mandi tetap kering dan bersih maka Anda harus mencoba untuk membersihkan percikan air secara rutin. Jika kamar mandi baru dipakai maka langsung dipel dan bersihkan dengan kain yang mudah menyerap air. Dengan begitu kamar mandi tidak hanya kering tapi juga bersih. Bahkan kamar mandi tidak akan berbau kotoran yang sering membuat kamar mandi tidak nyaman. Tentu saja untuk bisa membersihkan kamar mandi secara rutin memang memerlukan waktu khusus.

7. Pasang Fan di Kamar Mandi

Anda juga bisa memasang exhaust fan di langit-langit kamar mandi. Fan bisa membuat kamar mandi terus menerus terkena angin. Kemudian kamar mandi juga menjadi kering sehingga tidak lembab. Anda bisa memang fan khusus ini antara bagian atap dan plafon sehingga perputaran udara terjadi dengan baik. Bahkan ketika Anda menggunakan pemanas air maka fan bisa menyerap udara lembab dan embun sehingga kamar mandi tidak berbau dan pengap.

8. Gunakan Shower daripada Bak Mandi

Banyak orang yang ingin memiliki kamar mandi kering namun justru menggunakan bak mandi. Sebenarnya ini adalah kamar mandi model konvensional yang justru menyebabkan genangan air pada lantai kamar mandi. Selain itu penggunaan bak mandi juga bisa menyebabkan masalah lantai kamar mandi basah terus seperti bocor dan lembab. Karena itu cobalah untuk menggunakan shower baik untuk air dingin dan hangat. Jika shower bocor dan air mengalir maka segera perbaiki agar lantai tidak basah terus menerus.

9. Pemilihan Lantai Keramik Kamar Mandi

Anda juga harus mencoba untuk memilih lantai keramik kamar mandi. Langkah ini sangat tepat untuk mencoba menggunakan keramik yang mudah kering, mudah menyerap air dan tidak lembab. Jenis keramik untuk kamar mandi biasanya memiliki motif khusus dengan permukaan yang tidak terlalu kering. Motif dengan garis-garis tertentu bisa membuat air mengalir ke saluran air dengan cepat. Sehingga lantai tetap kering dan mudah dibersihkan. Perhatikan juga dengan tingkat kemiringan lantai kamar mandi.

Itulah beberapa cara agar kamar mandi tetap kering dan wangi. Perhatikan untuk kebersihan kamar mandi sehingga kamar mandi tetap kering dan cenderung tidak lembab.

, , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan