Sponsors Link

Rumah flat : Pengertian, Cara Pembangunan, Kelebihan dan Kekurangannya

Rumah flat? Tentunya bagi sebagian masyarakat masih agak awam dengan nama rumah flat ini. Bagaimana dengan anda sobat? Iya, rumah flat atau bahasa lainnya di telinga masyarakat disebut juga dengan rumah susun. Kalau rumah susun tentunya sobat semua paham dan tau ya sobat. Atau mungkin sobat semua ada yang tinggal dirumah susun? Baca juga mengenai perbedaan rumah susun dan apartemen.

ads

Pengertian Rumah Flat

Rumah flat atau rumah susun adalah rumah yang dibangun dengan bergandeng gandeng atau bersusun- susun. Namanya saja saja sudah rumah susun ya sobat pastinya bentuknya juga akan bersusun-susun. Rumah susun bisanya rumah yang fleksibel dan mampu menyesuaikan berbagai konfigurasi.

Selain itu rumah flat yang terdiri atas ruang duduk, kamar tidur, kamar mandi dan dapur, dan biasanya berisi ganda yang artinya mempunyai ruang-ruang yang berada diluar pada unit-unit tersebut. Baca juga mengenai

Sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya kita bahas dahulu cara pembangunan rumah tersebut ya sobat. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

Pada daerah perkotaan yang berpenduduk padat, dimana tanah yang tersedia untuk lahan perumahan sangat terbatas dan harganya juga sangat mahal, perlu dikembangkan pembangunan perumahan dan pemukiman dalam bentuk rumah susun yang lengkap, seimbang dan serasi dengan kebutuhan lingkungannya.

Dengan adanya pembangunan rumah flat ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah pemukiman kumuh yang ada di pinggir-pinggir kali ya sobat yang biasanya menyebabkan banjir. Baca juga mengenai perbedaan kondominium dan apartemen.

Cara Pembangunan Rumah Flat

Berikut ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara pembangunan rumah flat, penjelasannya sebagai berikut :

1. Harus Memenuhi Persyaratan Administratif

Pembangunan rumah susun dan lingkungannya harus dibangun dan dilaksanakan berdasarkan perizinan yang diberikan oleh pemerintah setempat sesuai dengan peruntukannya ( persyaratan administratif). Merujuk kepada penjelasan pasal 6 undang-undang no. 16 tahun 1985 tentang rumah susun. Yang dimaksud dengan persyaratan administratif disini adalah :

  • Perizinan usaha dari perusahaan pembangunan perumahan
  • Izin lokasi dan atau peruntukannya, serta
  • Perizinan mendirikan bangunan

2. Harus Memenuhi Persyaratan Teknis

Ketentuan-ketentuan dalam persyaratan teknis diatur oleh Mentri Pekerjaan Umum dan semua persyaratan teknis tersebut harus sesuai dengan rencana tata kota setempat. Persyaratan teknis pembangunan rumah susun anatara lain sebagai berikut :

  • Struktur bangunan
  • Keamanan, keselamatan, kenyamanan
  • Hal-hal yang berhubungan dengan rancang bangunan
  • Kelengkapan prasarana dan fasilitas lingkungan

Peraturan pemerintah no. 4 tahun 1988 tentang rumah susun juga mengatur mengenai persyaratan teknis pembangunan rumah susun, antara lain meliputi :

  • Ruang
  • Struktur, komponen dan bahan bangunan
  • Kelengkapan rumah susun
  • Satuan rumah susun
  • Bagian bersama dan benda bersama
  • Kepadatan dan tata letak bangunan
  • Prasarana lingkungan , dan
  • Fasilitas bangunan

Itulah sobat syarat yang harus dipenuhi dalam pembangunan rumas susun. Berikutnya kita akan bahas tentang kelebihan rumah susun. Baca juga mengenai jenis jenis rumah tinggal.

Kelebihan Rumah Flat

Walaupun disebut rumah flat, tapi tak dapat dipungkiri, rumah susun mempunyai kelebihan yang harus kita ketahui.

  • Lokasinya yang Strategis

Sebagaimana yang telah disebutkan diawal, bahwa pembangunan rumah susun diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan keterbatasan pemukiman di daerah perkotaan.

Oleh sebab itu, rusun biasanya dibangun dilokasi yang strategis dan dekat dengan lokasi-lokasi yang sering dikunjingi publik seperti area perkantoran, rumah sakit, sekolah dan tidak lupa dekat dengan daerah perbelanjaan. Dengan tinggal dirusun, anda akan dengan mudah mengakses berbagai tempat penting tersebut. Baca juga mengenai syarat mengambil rumah subsidi.

  • Efisiensi Lahan

Mengurangi pembangunan pemukiman yang memakan lahan pertanian dan lahan resapan air. Kebayangkan sobat jika terlalu banyak pembangunan perumahan makan akan semakinmengurangi daerah pertanian dan mengurangi daerah resapan air yang berfungngsi untuk menahan banjir. Kebayangkan kalau itu semua tidak ada?

  • Membantu Masyarakat Golongan Bawah

Membuat masyarakat golongan bawah bisa sedikit bernafas lega, karena jika tidak bisa membeli rumah, paling tidak mereka bisa memliki rumah susun. Karena pada dasarnya rumah susun atau rumah flat adalah sebuah hunian yang murah dan memang diperuntukkan bagi mereka yang tidak sanggup membeli rumah pribadi sendiri. Dengan adanya rumah susun ini kita tidak usah puing ya sobat.

  • Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan dalam usaha pemenuhan kebutuhan pokok akan perumahan yang layan dengan harga yang murah serta terjangkau oleh daya beli masyarakat terutama golongan bawah. Baca juga mengenai perbedaan rumah subsidi dan non subsidi.

  • Memupuk Rasa Kekeluargaan

Hal yang tidak kalah penting adalah kekompakan sesama penghuni rusun akan terjamin. Kenapa terjamin? Karena seperti kita ketahui letak rumah susun sangatlah berdekatan dan bergandengan antara kamar yang satu dengan kamar yang lainnya. Seperti bisa diibaratkan tinggal dalam satu rumah secara bersamaan. Jadi jika sobat ada yang merasa kesepian bisa langsung pindah ke rumah susun atau rumah flat aja ya sobat.

Kekurangan Rumah Flat

Berikut ini akan dibahas mengenai kekurangan rumah flat, penjelasannya sebagai berikut :

  • Sulitnya Untuk Pengendalian Lingkungan

Pengalihan fungsi lahan karena padatnya penduduk sehingga pengendalian lingkungan untuk pengelolaan lingkungan hidup sangat sulit dilakukan dan kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan lingkunga karena hilangnya ruang terbuka hijau menjadi area rumah susun yang mengakibatkan berkurangnya air tanah dan tanaman – tanaman tinggi yang menjaga stabilitas lingkungan.

  • Penurunan Permukaan Tanah

Penurunan muka air tanah akibat pemukiman. Jika pemerintah tidak menyiapkan terlebih dahulu untuk kebutuhan air bersih untuk semua penghuni rumah susun tersebut.


  • Terasa Sumpek

Jika tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan, maka penghuni rumah flat tentunya tidak akan nyaman, karena tentunya udara atau hawa dalam rumah pasti akan panas karena letaknya yang sangat berdekatan.

  • Minim Kenyamanan

Karena jumlah penghuni rumah susun yang ramai lalu lalang oleh penghuni, akan berpotensi membuat penghuni yang lainnya terganggu dan merasa tidak nyaman untuk beristirahat.

  • Dipandang Sebelah Mata

Untuk sebagian masyarakat akan memandang rendah harkat dan martabat seseorang karena hanya mampu tinggal di rumah susun atau rumah flat. Karena pada intinya rumah ini dikususkan untuk golongan yang tidak mampu.

Apapun dirimu, apapun keadaanmu tetaplah bersyukur. Karena dengan bersyukur kita dapat menikmati hidup ini ya sobat. Jika tidak bisa bersyukur sampai kapanpun tidak akan bisa menikmati indahnya anugerah dalam hidup ini.

Oke, sampai disini dulu pembahasan dalam artikel kali ini mengenai rumah flat ya sobat. Semoga apa yang penulis sampaikan dalam artikel ini dapat berguna bagi sobat semua, dan semoga bisa jadi refrensi apabila ingin pindah ke rumah susun atau rumah flat.Dan satu lagi, terima kasih bagi semua yang sudah berkunjung ke artikel ini ya. Sampai jumpa

, , , ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar