Sponsors Link

3 Cara Membeli Rumah Cash yang Baik dan Benar

memberli rumah cashRumah adalah kebutuhan primer yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Terdapat berbagai jenis-jenis rumah tinggal dengan macam-macam konsep bangunan yang dapat digunakan. Untuk mendapatkan sebuah hunian, berbagai cara dapat Anda lakukan. Yakni dengan cara membangun rumah dengan dana minim, melalui prosedur pembelian rumah kpr dan tunai, dengan cara over kredit rumah, mengontrak rumah dan sebagainya. Namun cara paling aman untuk membeli rumah dilakukan dengan cara pembelian secara cash. Mengapa demikian? Membeli rumah cash akan mempermudah proses jual beli serta status kepemilikan rumah juga akan dengan cepat diperoleh. Maka dari itu, tidak jarang ditemukan orang yang rela menabung ketat agar dapat mewujudkan pembelian rumah secara cash.

ads

Rumah merupakan kebutuhan setiap orang dan wajib terpenuhi. Oleh karena itu, tidak jarang permintaan akan rumah diberbagai tempat semakin meningkat seiringan dengan bertambahnya penduduk. Membeli rumah akan membutuhkan pemikiran yang sangat matang dan terperinci, maka dari itu membeli rumah bukanlah suatu perkara yang mudah. Dalam membeli rumah cash, Anda akan disandingkan dengan berbagai macam keuntungan menarik, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Harga rumah jauh lebih murah. Pembayaran rumah secara tunai tentunya akan jauh berbeda dengan pembayaran rumah yang melaui proses kredit. Tidak hanya prosedurnya, namun harganya juga relatif berbeda. Dalam sistem kredit, Anda akan dihadapkan dengan pembayaran bunga setiap bulannya. Meskipun kredit memberikan kemudahan bagi seseorang untuk mendapatkan rumah, namun apabila hasil tersebut dikalkulasikan, maka harga rumah kredit akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan rumah tunai.
  • Proses transaksi jauh lebih cepat. Dengan pembelian rumah secara tunai, transaksi jual beli juga akan berlangsung lebih cepat. Sesuai dengan kata pepatah, “ada uang ada barang”, meskipun tidak sepenuhnya secepat itu. Namun jika dibandingkan dengan transaksi beli rumah dengan cara kredit, prosesnya akan jauh lebih lama. Terlebih untuk waktu kredit yang bisa mencapai bertahun-tahun serta risiko-risiko lainnya. Bagaimana apabila ke depannya pemilik rumah tidak sanggup untuk membayar cicilan dan sebagainya. Dibeberapa kasus, ada juga pihak developer yang membuka kredit dengan kondisi bangunan yang sama sekali belum terbangun.
  • Terhindar dari hutang. Mempunyai sebuah rumah adalah anugrah dan mimpi hampir setiap orang. Maka dari itu sebisa mempunyai rumah harusnya mendatangkan keuntungan, bukan malapetaka. Dengan menggunakan sistem ini, pastinya Anda akan terhindari dari tagihan hutang. Entah dari pihak bank atau kerabat terdekat. Dengan begitu, hidup pasti akan lebih aman dan nyaman.

Beberapa keuntungan diatas sudah menggambarkan mengapa cara membeli rumah cash merupakan suatu informasi yang penting. Benar bukan? Pun dengan membeli rumah dengan dana yang matang, Anda juga memerlukan tips dan trik khusus agar tidak rugi. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa cara membeli rumah cash yang patut Anda coba, simak!

  1. Menentukan pilihan awal

Untuk membeli rumah, hal yang pertama dilakukan pastinya adalah menentukan rumah yang akan dibeli. Anda perlu mempertimbangkan lokasi rumah, fasilitas umum dan lingkungan sekitar hunian tersebut. Jangan sampai salah pilih dan justru malah menyulitkan mobilitas Anda setiap hari. Pilihlah lokasi strategis yang dekat dengan pasar, tempat ibadah, tempat pendidikan dan fasilitas umum lainnya.

Rumah yang dipilih tidak harus rumah baru. Namun semua keputusan berada di tangan Anda. Harga rumah bekas memang biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan rumah baru maupun rumah yang ada di perumahan. Jika dirasa sudah menemukan rumah yang pas, segera lakukan survey ke rumah tersebut dan perhatikan dengan teliti kondisi fisik rumah tersebut. apakah ada cacat, kerusakkan dan sebagainya?

Sebagai calon pembeli, Anda juga memiliki hak untuk mengetahui kelengkapan dokumen rumah tersebut. Pihak pembeli dan pihak penjual haruslah terbuka dengan status rumah tersebut.


  1. Membayar uang muka

Jika dirasa sudah menemukan rumah yang cocok dan kedua belah pihak sepakat untuk melakukan transaksi, sebagai pembeli Anda tidak harus melunasi pembelian rumah secara langsung. Mengapa demikian? Sebab pihak pembeli dan penjual harus mengadakan sekepakatan tentang sistem pembayaran rumah. Untuk di awal, Anda dapat melakukan bayar uang muka terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko penipuan dan tindak kejahatan yang kadang terjadi dengan mengatasnamakan penjualan rumah. Jangan sampai nominalnya terlampau besar sebelum membuat surat kesepakatan terlebih dahulu.

  1. Menggunakan jasa notaris

Dalam membeli rumah cash, cara ini dapat dikatakan sebagai langkah yang paling aman. Nantinya notaris akan berperan untuk mengesahkan proses jual beli tersebut. Notaris juga akan membantu proses balik nama sertifikat agar berjalan lebih cepat dan tepat. Dengan menggunakan bantuan notaries, proses ini biasanya hanya memerlukan waktu 3 hari saja.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara membeli rumah cash yang aman. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli