Sponsors Link

13 Cara Membeli Rumah Tanpa Hutang Bank

Mempunyai rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Bahkan banyak sekali orang yang akan berlomba-lomba untuk  rela membeli rumah dengan cara mencicil ke bank hingga puluhan tahun.

Tetapi jika Anda termasuk golongan dari sekelompok orang yang tidak menginginkan adanya skema hutang didalam memiliki rumah, ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk diterapkan sebelum anda membeli rumah atau properti yang menjadi idaman. Berikut beberapa cara membeli rumah tanpa hutang bank yang bisa diterapkan:

1. Pilihlah sistem cicilan yang tidak menggunakan bunga bank

Anda dapat memilih salah satu pengembang yang menawarkan rumah tanpa melalui metode cicilan bank. Salah satu contoh nya adalah Developer Property Syariah Indonesia (DPSI). Asosiasi pengembang ini memberikan fasilitas cicilan tanpa bank. Dengan kata lain anda dapat membeli rumah langsung dengan mencicil langsung ke pengembang tersebut

2. Pilihlah sistim KPR syariah

Cara lainnya adalah membeli rumah dengan menggunakan KPR syariah. Ada beberapa jenis KPR syariah yang dapat anda gunakan untuk membeli rumah.

  • Metode akad murabahah atau akad jual beli.
  • Metode akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli.
  • Metode akad musyarakah mutanaqisah atau akad kepemilikan bertahap.
  • Metode akad istishna atau akad pembiayaan rumah dengan tujuan inden.

Sekarang Anda dapat banyak menjumpai developer perumahan yang menawarkan penjualan rumah dengan cara syariah yang lepas dari ancaman denda, bunga riba, penyitaan rumah dan lain sebagainya. Pembelian rumah dengan cara syariah ini menerapkan akad-akad yang memberi kemudahan bagi pembeli. Karena meniadakan peran perbankan, proses pengecekan kemampuan bayar calon konsumen di Bank Indonesia atau BI Checking pun menjadi tidak penting. Konsumen hanya akan berurusan dengan pihak pengembang serta notaris yang ditunjuk, setelah kesepakatan harga dan tenor KPR disepakati.

Sebagai contoh anda ingin membeli satu unit rumah seharga Rp 250 juta. Dengan konsep KPR syariah, harga tunai tersebut berubah menjadi Rp 350 juta per kelipatan lima tahun. Perubahan harga menjadi Rp 100 juta lebih tinggi dalam lima tahun ditentukan berdasarkan tingkat inflasi dan kondisi ekonomi. Ini artinya, jika konsumen tersebut ingin memanfaatkan fasilitas KPR syariah bertenor lima tahun, maka uang yang harus dibayarkan adalah sejumlah Rp 350 juta. Besaran harga tersebut diinformasikan dan disepakati sebelum perjanjian pengikatan jual beli sehingga menghindari unsur gharar dan riba.

3. Pilihlah sistem skema pembelian secara bertahap

Anda juga dapat membeli rumah tanpa berhutang dengan membelinya dengan sistem tunai bertahap. Skema ini juga cukup banyak ditawarkan oleh pihak pengembang yang menggunakan konsep jual beli rumah tanpa bunga.

Sebagai contoh anda tertarik untuk membeli rumah seharga Rp 200 juta. Anda mempunyai  kesepakatan dengan pengembang untuk membeli rumah secara bertahap selama 24 bulan. Selanjutnya secara bertahap Anda akan melakukan pembayaran sebesar Rp 8,3 juta per bulan di luar dari kebutuhan pokok lainnya. Mekanismenya sama dengan skema cicilan. Perbedaannya terdapat pada periode pembayaran untuk cash bertahap yang jangka waktunya relatif lebih pendek, dan tanpa dikenakan bunga.

4. Gunakan sistem beli tunai

Jika Anda memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli rumah, transaksi dapat dilakukan langsung ke pengembang yang bersangkutan.  Anda dapat pilih rumah dengan tipe yang sesuai budget dan lokasi yang diinginkan.

5. Menjadi agen atau sales perumahan

Beberapa pengembang perumahan mempunyai kebijakan untuk memberikan bonus yang menarik buat para agen atau salesnya. Mekanisme pembayaran nya melalui sistem komisi.

Contoh:

  • Pengembang memberikan komisi kepada agen atau salesnya sebesar 3% dari rumah yang berhasil dijual.
  • Jika agen atau sales tersebut berhasil menjual 20 rumah dengan total harga sebesar Rp 250 juta, maka komisi atau fee Rp yang didapat adalah150 juta.

Selain itu ada beberapa pengembang yang dapat memberikan bonus satu unit rumah bagi para agent atau sales nya jika berhasil menjual unit perumahan dalam jumlah atau besaran tertentu.

6. Melakukan investasi pada sektor riil

Apabila  Anda  sudah mulai melakukan  investasi pada pasar finansial atau paper asset yang  kemungkinan pertumbuhannya diperkirakan antara 15-30 persen per tahun, tidak ada salah nya jika anda mulai mencoba untuk berinvestasi pada sektor riil. Produk yang dijual termasuk dalam kategori halal yang pastinya tidak akan ada kendala berarti didalam melakukan penjualannya dikalangan masyarakat luas.

Dengan mulai melakukan investasi di sektor riil tersebut, secara tidak langsung anda akan menjadi distributor yang memiliki banyak jaringan agen. Dengan perhitungan semakin banyak agen yang bekerja untuk Anda, pastinya akan semakin banyak keuntungan yang Anda akan dapatkan. Melalui keuntungan investasi tersebut, sama halnya dengan anda sudah mulai menabung untuk dapat merealisasikan keinginan anda membeli rumah tanpa harus berhutang.

7. Sweat equity developer

Istilah ini artinya sama dengan “Pengembang modal dengkul”, apabila anda tertarik untuk menekuni profesi di bidang developer.  Profesi ini dapat membantu anda untuk memiliki rumah impian anda tanpa perlu bersusah-susah untuk mencari pinjaman hutang ke bank hingga berumur puluhan tahun.

Cara menjalankan sweat equity developer,  Anda cukup mengumpulkan dua jenis pemilik yang terdiri dari pemilik lahan dan pemilik modal. Pemilik modal akan menyediakan dana yang akan Anda gunakan untuk biaya operasional kantor dan biaya promosi yang dapat disesuaikan dengan budget . Buat suatu kesepakatan didalam perjanjian resmi antara Anda, pemilik lahan dan pemilik modal.  Apabila Anda mendapatkan pembeli  dengan support  pemilik modal, sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati oleh semua pihak, selanjutnya salah satu rumah yang akan dibangun akan menjadi milik Anda.”

8. Belilah sebuah rumah yang sesuai dengan dana yang anda miliki

Seandainya Anda memiliki 500 juta, sebaiknya anda tidak memilih rumah yang mempunyai harga lebih dari nominal tersebut. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mencari biaya pinjaman beli rumah dari bank.

9. Belilah rumah dengan  cara  pembayaran tunai secara bertahap.

Jika anda memang tertarik untuk menggunakan cara tersebut, cobalah mencari referensi untuk dapat  menemukan penjual yang bersedia untuk dibayar  dengan sistem tunai secara bertahap tanpa menggunakan bunga.

10. Belilah tanah yang dapat anda bangun secara bertahap

Jika anda cukup sabar untuk dapat memiliki rumah pribadi hingga anda benar-benar siap dengan dana pribadi, anda dapat membeli sebidang tanahnya terlebih dahulu secara tunai. Kemudian secara bertahap dapat melakukan pembangunan nya juga secara bertahap, disesuaikan dengan dana yang tersedia sampai rumah anda selesai dibangun dan siap untuk dihuni.

11. Sisihkan 20 % gaji anda sebagai tabungan rumah

Usahakan agar  Anda dapat selalu menyisihkan setidaknya minimal 20 persen dari total gaji bulanan. Pisahkan dana ini dari pengeluaran harian yang dikeluarkan, dan kemudian bukalah rekening tabungan ataupun anda dapat menyimpannya dalam bentuk deposito ataupun investasi secara berkala. Setelah dana cukup, Anda dapat mengambilnya setiap saat untuk membeli rumah sesuai dengan dana yang dimiliki. Ada juga cara beli rumah tanpa deposit yang bisa Anda terapkan.

12. Lakukan investasi emas atau logam mulia

Harga emas cenderung lebih stabil dibanding nilai tukar mata uang. Sekalipun pada saat perekonomian suatu negara sedang tidak stabil, nilai mata uang negara tersebut pasti akan berpengaruh nilainya. Tidak sama halnya dengan, nilai emas atau logam mulia, situasi tersebut tidak akan terlalu memberikan pengaruh terhadap nilainya  secara signifikan. Selain itu asumsi pertumbuhan dari nilai emas atau logam mulia adalah  sebesar 15-20 persen.

Sementara  properti mempunyai nilai pertumbuhan sekitar 10-15 persen per tahunnya. Dari nilai angka tersebut, jelas terlihat bahwa emas atau logam mulia mempunyai nilai yang lebih cepat kenaikannya dibanding dengan nilai suatu rumah. Apabila nilai  investasi emas atau logam mulia anda sudah mencukupi nilainya, segeralah untuk melakukan survei bursa properti guna mendapatkan  rumah yang  nilainya sesuai dengan nilai emas atau logam mulia yang Anda miliki.

13. Carilah developer properti yang mempunyai promosi

Ada beberapa developer yang  ada kalanya didalam membangun suatu lokasi perumahan menggunakan berbagai macam promosi untuk dapat saling bersaing  mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Beberapa bentuk dari jenis promosi yang  digunakan adalah  dengan memberikan bebas uang muka, ataupun memberikan potongan diskon saat ingin melakukan pembelian.

Biasanya penawaran seperti ini sifatnya bersifat inden atau pesanan diawal, sebelum unit rumah yang ditawarkan sejak sebelum dibangun. Kendalanya adalah, rumah yang anda inginkan membutuhkan waktu yang cukup lama  untuk dibangun sampai semua proses yang ditentukan oleh developer diselesaikan oleh semua pihak. Namun cara ini jauh lebih murah daripada harus menunggu hingga unit  rumah yang diinginkan sudah terbangun. Saat rumah sudah dibangun, harga dan nilainya jualnya pastinya akan mengalami kenaikan.

Itulah beberapa cara membeli rumah tanpa hutang bank agar Anda tidak pusing memikirkannya. Semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli