Sponsors Link

20 Pilihan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Pemilihan warna-warna cerah pada suatu hunian biasa nya dikaitkan dengan simbol yang melambangkan kebahagiaan dan simbol keberuntungan bagi penghuni nya.

ads

Pemilihan  warna cat dinding pada suatu hunian pemilihan nya harus dilakukan dan  dipilih dengan hati-hati. Jangan sampai  karena hanya memikirkan ingin memakai  warna cat yang cerah tetapi tanpa memikirkan kombinasi warna untuk keseluruhan bangunan.

Dalam memilih warna cat dinding, sebaik nya anda mempelajari juga tentang kombinasi warna. Anda dapat memadukan warna cat dinding yang cerah dengan warna cat yang gelap sebagai detail aksen saja. Hal ini akan membuat rumahmu terlihat lebih indah dan mempunyai karakter. Pelajari juga mengenai cara memadukan warna cat rumah. Berikut ini pilihat warna cat rumah yang bagus dan cerah:

  1. Warna cat rumah dengan kombinasi warna ivory, turquoise dan putih

Pemilihan skema warna cat dinding dengan kombinasi warna-warna tersebut sangat cocok untuk rumah yang memiliki dengan bentuk simetris di kedua sisi nya. Dari rumah ini anda dapat melihat sisi elegan dan juga sisi romansa nostalgia yang dihasilkan oleh karakter dari perpaduan warna tersebut. Dan dengan dominasi warna putih, rumah akan terlihat lebih cerah, bersih dan lapang.

  1. Warna cat rumah kuning

Rumah dengan cat dinding berwarna kuning pasti akan tampak sangat terang dan cerah. Berdasarkan feng shui pun, warna kuning dipercaya dapat mendatangkan keceriaan, kesehatan, dan ketenangan pikiran. Selain  itu warna kuning dipercaya juga dapat membantu menciptakan adanya stabilitas, pemeliharaan, serta dapat menjaga hubungan antar sesama penghuni yang menempati nya.

Percaya atau tidak, warna ini juga sangat baik untuk dapat diaplikasikan pada rumah yang banyak dihinggapi nyamuk. Berdasarkan studi, warna kuning merupakan warna yang paling sulit diidentifikasi nyamuk karena sangat membingungkan bagi serangga tersebut.

Perpaduan warna kuning kenari dengan soft gray dapat menciptakan suasana yang netral dan membuat rumah terlihat lebih cerah. Dominasi warna kuning terang  pada dinding dapat menjadi menjadi colour statement buat keseluruhan warna hunian. Perpaduan kedua warna ini sangat cocok untuk tipe rumah minimalis.

  1. Warna cat rumah peach

Warna peach cukup populer di era tahun 1980an, walaupun saat ini kurang kepopuleran nya mulai agak terpupus. Jika anda masih tertarik untuk mengaplikasikan nya untuk rumah anda, tidak ada salahnya untuk memakai kembali warna pastel yang lembut ini. Anda dapat mengombinasikan warna peach ini dengan warna lain seperti abu-abu, putih, warna hijau ataupun warna lain nya. Sifat dari warna peach yang bersifat netral, sangat mudah untuk dapat dikombinasikan dengan warna apapun. Anda hanya tinggal memastikan ruangan apa yang cocok untuk dapat  memakai kombinasi dua campuran warna tersebut.

4. Warna cat rumah yang memberikan konsep vintage

Sentuhan vintage di zaman ini sudah menjadi tren yang dapat anda coba aplikasi nya pada rumah anda. Warna-warna seperti beige, cream, navy blue  merupakan warna-warna yang  termasuk didalam kategori didalam nya.  Konsep vintage ini dapat dicoba  aplikasi nya untuk dapat memberikan aksen warna tersendiri buat griya anda sehingga terihat indah. Untuk mengentalkan konsep vintage itu sendiri, anda dapat menambahkan beberapa warna khusus seperti orange rustic, hijau forest, ivory dan masih banyak lagi warna lain nya.

  1. Warna cat rumah turquoise / aqua

Warna  torquise atau aqua termasuk turunan dari warna biru, dimana efek warna yang akan ditimbul kan adalah warna hijau kebiruan. Warna-warna tersebut dikenal sebagai warna yang dapat  memberikan efek kedamaian, kesabaran, dan spritualitas yang tinggi. Warna- warna ini juga ternyata sangat sesuai untuk dapat diaplikasikan bagi anda yang membutuhkan suatu produktivitas kerja yang baik.

Aplikasi nya sangat tepat jika anda memutuskan untuk menampilkan warna warna tersebut di tempat-tempat yang sarat dengan beragam pekerjaan yang membutuhkan kecepatan. Didominasi warna turqoise dengan  paduan harmonisasi warna putih dapat membuat rumah terlihat hidup.


  1. Warna cat rumah putih

Warna putih tidak hanya cocok pemakaian nya untuk arsitektur tradisional,  tetapi dapat digunakan juga untuk arsitektur modern seperti Scandinavian atau Classic yang sangat dominan penggunaan warna putih nya. Penggunaan warna putih yang dominan dapat memberikan kesan yang tampak bersih dan rapi.

  1. Warna cat rumah merah bata dengan kombinasi warna putih dan abu abu

Penerapan kombinasi warna-warna tersebut biasa nya dipakai pada rumah bungalow yang berlokasi di atas dataran tinggi yang berudara dingin dan sejuk. Penggunaan warna-warna tersebut akan memberikan kesan hangat. Merah bata juga bisa menjadi rekomendasi warna cat ruang tamu minimalis agar terlihat elegan.

  1. Warna cat rumah ala suburban

Warna ala rumah suburban ini, keberadaannya terinspirasi dari rumah-rumah di Amerika Serikat  yang berlokasi di daerah pinggiran atau suburban. Warna- warna nya kebanyakan didominasi oleh perpaduan warna putih, abu-abu, emas, rustic red, hingga forest wood untuk warna atap rumah. Sedangkan warna cat dinding rumah  biasanya akan mengunakan dominasi warna abu-abu terang atau light gray. Warna atap rumah dapat disesuaikan dengan warna dinding nya.

  1. Warna cat rumah ala cottage

Apabila tipe rumah anda adalah rumah bertipe cottage, anda dapat bereksplorasi dengan bebas untuk menggunakan  perpaduan warna-warna cerah seperti sunny yellow atau kuning cerah, warna turquoise dan oranye. Warna-warna tersebut selain dapat memberi kesan cerah, dapat juga memberikan suasana yang akrab.

  1. Warna cat rumah Beige/Cream

Warna beige atau cream merupakan salah satu turunan warna coklat dengan spektrum yang lebih lembut. Warna tersebut dapat memberikan nuansa lembut jika diaplikasikan pada dinding, khususnya pada bagian ruang keluarga dan kamar tidur. Selain hangat, warna krem pun dinilai dapat memberikan nuansa elegan, contoh nya sering digunakan pada rumah dengan Arsitektur Mediterania. Selain itu, warna ini sering dipakai juga sebagai warna dominan pada rumah-rumah bergaya tradisional dan juga minimalis.

  1. Warna cat rumah hijau limau

Turunan dari warna hijau ini merupakan campuran antara warna hijau dengan warna kuning. Penerapan warna ini pada bangunan akan memberikan nuansa ketenangan dan dinamis. Warna limau ini  juga memiliki sifat cerah dan memberikan kesan energetic pada kesan keseluruhan bangunan.

  1. Warna cat rumah pink

Pink atau warna merah muda adalah warna yang identik dengan nuansa yang feminin. Sangat cocok jika diaplikasikan pada warna cat rumah bagian dalam, terutama ruangan anak remaja atau perempuan. Selain itu warna ini ternyata dipercaya juga dapat meningkatkan mood serta semangat penghuni nya. Untuk hasil yang lebih menarik, anda dapat memadukan nya dengan warna dengan spektrum yang senada seperti ungu. Cocok untuk dituangkan pada rumah mungil dengan arsitektur minimalis.

13. Warna cat rumah orange

Warna orange sangat dipercaya dapat memberikan energi positif  ataupun semangat kedalam bangunan pada semua penghuni yang menempati nya. Warna tersebut merupakan perpaduan antara warna merah yang berani serta kuning yang menyenangkan. Selain itu warna ini juga dapat menciptakan nuansa hangat dan juga sekaligus juga cerah ceria.

  1. Warna cat rumah ungu

Sentuhan ungu pada dinding pada rumah anda dapat  memberikan nuansa yang santai dan nyaman.Bukan hanya untuk dinding, warna ungu serta turunannya seperti lavender dan lilac juga cocok diaplikasikan untuk perabotan rumah anda yang memiliki konsep desain rumah minimalis yang manis.

  1. Warna cat rumah metalic

Penggunaan warna ini pada dinding rumah memang kurang lazim, namun jika dapat ditempatkan dengan tepat aplikasi nya, anda dapat mendapatkan tampilan yang elegan, bagus dan cerah sekaligus.

Menurut ahli feng shui, warna warna cat metalik ini memang tidak baik jika diaplikasikan secara dominan. Tetapi dengan trik melalui pengaturan letak serta penggunaannya secara tepat, dipercaya akan dapat menyerap kebaikan sebanyak-banyaknya.

  1. Warna cat rumah biru

Berdasarkan penelitian di bidang psikologi, warna biru merepresentasikan arti dari kedamaian dan ketenangan. Sama halnya dalam ilmu fengsui, warna biru sebagai bagian dari elemen air akan dapat memberikan efek kedamaian, kesabaran, dan spritualitas yang tinggi.

Cat rumah dengan warna biru dapat memberikan nuansa yang tidak membosankan pada penghuni nya dan dapat memberikan kesan baru dan segar pada bangunan. Warna biru yang mencerminkan sebagai warna langit ini juga cocok untuk diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah.

Untuk tampilan yang tidak tampak monoton, anda dapat memadu padankan warna biru dengan warna putih.Tambahkan pula elemen dekoratif dengan warna senada seperti lukisan atau hiasan untuk mempercantik tampilan ruangan rumah anda.

  1. Warna cat rumah hijau

Warna hijau secara secara psikologis dapat memengaruhi perasaan dan kondisi jiwa seseorang. Secara ilmu fengsui, warna hijau dipercaya memiliki unsur kemurnian yang dapat menjaga keharmonisan. Warna hijau pada rumah dipercaya juga mampu menyegarkan pandangan, mengendurkan syaraf, dan bisa memberikan ketenangan serta kesembuhan pada diri penghuni nya.

Jika anda mempercayainya, hal tentu saja akan dapat berdampak positif pada kesehatan. Hijau juga merupakan warna cat rumah yang indah dan sejuk. Menempatkan berbagai macam tanaman berwarna hijau juga bisa memberikan efek yang sama pada kesehatan. Disamping itu, oksigen yang dihasilkan tanaman hijau pun sangat baik bagi anda dan seluruh anggota keluarga.

  1. Warna cat rumah merah anggur

Jika dibandingkan dengan warna cat rumah lainnya, warna merah anggur ini memang terkesan lebih gelap. tetapi, warna cat rumah ini dapat menjadikan ruangan yang  sempit menjadi lebih terlihat luas dengan memadukan  warna cerah lain nya seperti warna putih sebagai aksen pada dinding dan perabot.

  1. Warna cat rumah abu-abu muda

Jika anda kurang menyukai warna cat putih, aplikasikan warna lain seperti abu-abu muda pada dinding. Warna ini dapat memberikan kesan lembut dan menenangkan pada ruangan. Seperti  hal nya pada warna putih dan kuning, abu-abu juga bersifat dapat memantulkan cahaya di sekitar ruangan dan dapat memberikan kesan ruangan yang luas. Selain itu pemilihan warna abu-abu muda juga akan memberikan kesan klasik sekaligus modern pada ruangan.

  1. Warna cat rumah merah cerah

Warna merah merupakan pencerminan sebagai warna cerah yang berani. Karakter nya sebagai dinding rumah akan menampilkan suatu karakter kuat yang akan menonjolkan penampilan bangunan anda. Aplikasi nya dapat diperhalus dengan cara memadupadankan dengan warna lain yang bersifat netral seperti putih ataupun dengan warna yang kontras lain nya seperti hitam untuk dapat menonjolkan sudut tertentu pada bangunan.

Demikian penjelasan mengenai warna cat rumah yang bagus dan cerah. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Desain