Sponsors Link

Rumah vs Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Memiliki rumah tinggal sudah pasti keinginan semua orang. Hanya saja sekarang banyak fasilitas yang tersedia untuk memilih jenis-jenis rumah tinggal. Jika Anda hidup di kota besar maka ada pertimbangan yang memang harus dipikirkan dengan matang. Ada dua jenis hunian yang biasanya ditawarkan oleh developer yaitu rumah dan apartemen.

ads

Apartemen banyak dipilih oleh kaum muda karena lebih praktis dan dekat dengan semua fasilitas. Tapi hidup dan tinggal diapartemen terkesan monoton dan tidak berkembang. Kemudian jika memiliki rumah maka luas tanah juga sering menjadi pertimbangan utama. Rumah berkesan berdesakan kecuali untuk rumah mewah dengan harga yang cukup tinggi.

Jika melihat semua pertimbangan ini pasti Anda bingung apakah mau beli apartemen atau rumah. Sebaiknya sebelum Anda membuat keputusan, lihat dulu ulasan ini tentang untung mana punya rumah vs apartemen? Silahkan menyimak.

  • Pertimbangkan kebutuhan dan tujuan Apartemen vs rumah

Semua orang yang akan membeli rumah atau apartemen sebaiknya memang berpikir jauh. Salah satu pertimbangan utama untuk memiliki rumah atau apartemen adalah tujuan dan tujuan dari hunian tersebut. Jika akan membeli apartemen maka lihat bagaimana lokasi, fasilitas dan harganya. Jika ingin membeli rumah maka bagaimana kondisi rumah, lingkungan dan fasilitas. Setelah itu pertimbangkan juga apakah Anda akan tinggal di rumah atau apartemen selamanya atau hanya sebentar saja. Termasuk juga jika Anda ingin hunian untuk investasi.

Setelah Anda melihat semua pertimbangan itu maka Anda tahu tujuan utama untuk membeli rumah atau apartemen. Anda juga bisa menyesuaikan kebutuhan hunian ini berdasarkan harga atau dana yang tersedia. Jangan sampai Anda menderita kerugian jika memang bingung mau pilih apartemen atau rumah.

  • Lihat detail status hak milik apartemen atau rumah

Sebelum Anda memutuskan membeli maka Anda harus memeriksa dengan teliti mengenai status hak milik. Karena properti bersifat permanen biasanya jika sudah tidak teliti maka Anda bisa menderita banyak kerugian finansial. Jangan sampai Anda membeli dari status hak milik yang tidak jelas.

  • Pikirkan biaya perawatan dan pemeliharaan

Jika Anda membeli sebuah rumah maka semua biaya pemeliharaan dan perawatan harus Anda keluarkan sendiri. Anda juga yang mencari dan mengurus semua hal mengenai proyek perawatan tersebut. Namun jika Anda membeli apartemen maka sudah ada pengelola properti yang akan mengurus dan bertanggungjawab. Jadi pertimbangkan masalah ini dulu sebelum membuat keputusan.

  • Pertimbangkan fitur apartemen dan rumah

Jika Anda ingin memiliki fasilitas yang super lengkap maka Anda harus memilih rumah di kawasan perumahan elit. Sementara jika Anda ingin memiliki rumah biasa maka bisa memilih perumahan di kawasan yang biasa saja. Namun rata-rata apartemen memiliki fasilitas yang sangat mewah dan lengkap. Dalam komplek perumahan biasanya sudah ada kolam renang, pusat kebugaran, minimarket, cafe dan semua fasilitas untuk menunjang gaya hidup.

  • Pertimbangkan harga

Harga juga menjadi salah satu pertimbangan utama karena itu berhubungan dengan dana yang tersedia. Jika Anda membeli apartemen maka biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi apartemen bisa menjadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Kemudian jika rumah maka biasanya harga bisa sangat bervariasi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Atau Anda bisa berhubungan dengan pihak bank untuk mencari program pembiayaan pembelian rumah dan apartemen, hanya saja tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Membeli rumah = membeli lahan

Pada dasarnya jika Anda membeli rumah maka itu sama dengan membeli lahan. Inilah yang bisa membuat Anda menentukan desain rumah dengan lebih nyaman. Anda bisa memiliki garasi pribadi, taman, ruang tamu, ruang bermain untuk anak, ruang santai, taman atas, kolam dan berbagai fasilitas lain. Dimana semua kebebasan ini sangat terbatas atau hampir tidak mungkin jika membeli apartemen.

  • Rumah bisa dijual lebih cepat

Jika Anda tinggal di apartemen maka biasanya akan merasa senang dan nyaman pada saat awal-awal saja. Tapi setelah beberapa tahun tinggal diapartemen maka pasti akan merasa bosan. Sementara tinggal di rumah bisa membuat Anda membuat perubahan jika merasa bosan. Selain itu cara penjualan rumah dianggap lebih cepat.

  • Legalitas rumah lebih terpercaya

Jika Anda membeli rumah maka Anda bisa mendapatkan sertifikat hak milik dan hak bangunan. Itu artinya legalitas rumah lebih kuat dibandingkan pada apartemen. Apartemen hanya memiliki hak guna bangunan sehingga terkadang ada masalah sengketa setelah pembelian apartemen. Pengaturan keuangan juga lebih mudah karena sertifikat rumah bisa menjadi jaminan.


  • Apartemen lebih strategis

Apartemen dianggap lebih strategis dibandingkan rumah. Hal ini karena pembangunan apartemen secara vertikal yang sering dilakukan di kawasan perkantoran atau pusat bisnis. Dengan tinggal diapartemen maka Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk pergi ke kantor dan bisa menikmati fasilitas yang sangat nyaman.

  • Fasilitas mewah

Jika Anda memilih tinggal diapartemen maka Anda bisa menikmati berbagai fasilitas mewah dan sangat lengkap. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu keluar dari kawasan apartemen hanya untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dengan fasilitas inilah yang akhirnya membuat apartemen memiliki harga yang lebih mahal.

  • Apartemen berkesan praktis

Jika Anda tinggal di perkotaan maka apartemen bisa jadi pilihan hunian yang sesuai. Karena gaya hidup di apartemen cenderung praktis dan mudah. Jika ada masalah bangunan atau teknis lain maka cukup melaporkan kepada pengelola. Anda tidak perlu repot karena pengelola yang akan mengurusnya. Jadi memang sangat praktis.

  • Apartemen dianggap lebih berharga

Memiliki apartemen juga dianggap lebih sukses sehingga ada anggapan lebih dihormati. Konsep seperti ini memang banyak berpengaruh terutama ketika Anda tinggal di perkotaan dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Banyak pemilik apartemen yang sebenarnya terpengaruh dari masalah ini.

Jadi sebenarnya untung mana punya rumah vs apartemen? Anda bisa membandingkan sendiri dari berbagai pertimbangan tersebut. Setiap rumah dan apartemen sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan jadi pikirkan dengan baik sebelum membelinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli