Sponsors Link

8 Keuntungan Membeli Apartemen untuk Sendiri Maupun Disewakan

Apartemen menjadi salah satu hunian pilihan di pusat kota besar. Sekarang ini apartemen sudah dianggap seperti rumah sehingga lebih nyaman dan menguntungkan. Pembangunan dan investasi apartemen juga menyasar kota-kota besar dimana pusat bisnis dan perkantoran berada. Pada akhirnya banyak pegawai kantoran atau eksekutif muda yang memilih tinggal di apartemen yang dekat dengan tempat kerja.

Mengingat perkembangan apartemen ini maka banyak sekali peminat apartemen. Terkadang tidak hanya digunakan untuk sendiri saja tapi juga disewakan. Tapi sebelum Anda mengincar apartemen maka pahami dulu berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Saat ini apartemen menjadi salah satu properti yang selalu diincar oleh pebisnis muda. Investasi membeli apartemen dianggap lebih menguntungkan dibandingkan jenis properti lain. Lalu apa saja keuntungan membeli apartemen untuk sendiri atau disewakan? Berikut ini jawabannya.

1. Lokasi yang menguntungkan

Kebanyakan para pembeli apartemen selalu melihat bahwa lokasi apartemen memang sangat menguntungkan. Apartemen biasanya ada di lokasi yang sangat strategis dimana ini sangat dekat dengan berbagai tujuan. Apartemen ada di kawasan perkantoran, pusat bisnis, dan dekat dengan fasilitas transportasi. Karena itulah apartemen memang menjadi tempat tinggal yang sangat mudah dijangkau dan mudah ditemukan. Dengan keuntungan ini maka suatu saat pembeli apartemen bisa menggunakan sendiri atau menyewakan. Untuk mencari penyewa juga sangat mudah karena pasti banyak orang yang membutuhkan apartemen. Bahkan untuk menyewakan apartemen juga bisa dilayani oleh agen properti yang sudah pasti sangat menguntungkan untuk pemilik.

2. Fasilitas yang lengkap

Pada dasarnya apartemen selalu membuat penghuni merasa nyaman dan betah. Apartemen menyediakan fasilitas yang akan membuat penghuni tidak perlu jauh-jauh dari apartemen. Karena itulah apartemen didirikan dengan berbagai fasilitas seperti pusat kebugaran, kolam renang, salon, spa, cafe, minimarket dan berbagai fasilitas lain. Dengan adanya berbagai fasilitas ini maka bisa menunjang kebutuhan dan gaya hidup penghuninya. Jadi sudah jelas ini juga menjadi keuntungan investasi apartemen.

3. Simbol finansial

Semua orang yang bisa membeli apartemen pasti dipandang mampu secara finansial. Hal inilah yang membuat para pembeli apartemen juga menjadi simbol sebagai orang yang sukses. Kehidupan saat sudah memiliki apartemen bisa dikatakan akan meningkatkan derajat. Meskipun bagi pemiliknya mungkin dianggap tidak masalah karena memang secara keuangan mampu. Nah akhirnya ketika bisa memiliki apartemen dari hasil kerja keras sendiri maka bisa memberi manfaat pada kehidupan sosial. Dengan cara ini bahkan suatu saat apartemen bisa dijual atau disewakan lagi.

4. Sumber investasi yang menguntungkan

Membeli apartemen untuk investasi sebenarnya berbeda dibandingkan ketika membangun kontrakan untuk investasi. Cara investasi rumah kontrakan juga berbeda dengan ketika membeli apartemen. Keuntungan investasi di apartemen dianggap memiliki jangka yang lebih panjang. Dalam waktu antara 5 sampai 10 tahun, maka harga jual atau harga sewa sudah pasti akan meningkat sangat tinggi. Bahkan ketika membeli apartemen saat masih kerja dengan sistem mencicil di bank, maka saat akan dijual berapa tahun kemudian, maka hasilnya masih sangat menguntungkan.

5. Harga sewa yang menguntungkan

Dibandingkan dengan harga sewa kontrak rumah maka sebenarnya harga sewa apartemen jauh lebih mahal. Tentu saja ini dipengaruhi dari bentuk apartemen, fasilitas yang tersedia di apartemen, lingkungan yang nyaman dan strategis. Jadi harga untuk menyewa apartemen biasanya lebih dari 6 juta perbulan. Bayangkan jika Anda memiliki apartemen dan bisa menyewakan apartemen dengan harga yang tinggi. Peminat untuk menyewa apartemen juga sangat banyak karena biasanya dikota besar banyak pekerja atau pebisnis yang tinggal sementara saja. Mereka tidak ingin membuang lebih banyak uang dan waktu untuk sampai ke tempat kerja atau aktifitas. Jadi sudah pasti harga sewa apartemen sangat menguntungkan pemilik.

6. Nilai capital gain yang tinggi

Sudah banyak diketahui bahwa nilai capital gain pembelian apartemen memang sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan bahwa penjualan aparteman sudah pasti sangat menguntungkan. Dalam jangka waktu kurang dari dua tahun saja nilai jual apartemen pasti akan meningkat tinggi. hanya saja keuntungan ini bisa dinikmati jika Anda menjual apartemen. Sementara menyewakan apartemen hanya akan membuat Anda mendapatkan uang secara terus menerus selama apartemen disewakan. Jadi keuntungan untuk menyewakan atau menjual kembali apartemen bersifat ganda.

7. Nilai ROI (Return on Investmen) yang tinggi

Pertimbangan untuk memiliki apartemen juga bisa dilihat dari nilai ROI yang sangat tinggi. Bahkan jika dihitung ulang maka nilai ROI baik untuk disewakan atau di jual lagi maka bisa mencapai setengah dari harga beli. Keuntungan ROI ini tidak cukup karena jika Anda menyewakan apartemen dalam jangka panjang maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jadi untuk mendapatkan keuntungan nilai ROI maka bisa dilihat apakah akan dijual atau untuk disewakan.

8. Sangat praktis

Manfaat lain dari membeli apartemen adalah bahwa apartemen adalah hunian yang sangat praktis. Hal ini yang akan membuat pembeli apartemen merasa bahwa hidup di apartemen jauh lebih menyenangkan. Bayangkan jika Anda memiliki apartemen yang bisa membuat waktu ke kantor hanya perlu 30 menit dengan berjalan kaki. Kemudian fasilitas di apartemen juga bisa nyaman sehingga Anda tidak perlu membuang banyak tenaga dan uang transport untuk menjangkau berbagai kebutuhan.

Berikut tips membeli apartemen untuk investasi maupun untuk tempat tinggal pribadi:

  • Lihat developer

Untuk membeli apartemen maka pada prinsipnya sama seperti ketika akan membeli rumah. Anda bisa mempertimbangkan developer. Anda harus mencari tahu jejak kerja developer dan portfolionya. Biasanya developer apartemen sudah menampilkan informasi lengkapnya melalui situs bisnisnya. Kemudian Anda bisa mencari reputasi dari developer tersebut.

  • Legalitas

Anda juga harus memeriksa kembali legalitas untuk apartemen tersebut. Biasanya apartemen memiliki legalitas dalam bidang IMB, Hak Guna Bangunan, Surat Ijin Peruntukan Tanah, Ijin Prinsip dan beberapa legalitas yang lain. Anda bisa memeriksa legalitas melalui kuasa hukum atau dinas terkait.

  • Lokasi, Harga dan Usia

Anda juga harus memeriksa kondisi apartemen, apakah baru atau sudah lama dibangun. Kemudian pertimbangkan akses ke lokasi dan harga. Tiga hal penting ini tidak boleh lupa dari pengamatan karena bisa merugikan jika salah memilih apartemen.

Itulah keuntungan membeli apartemen untuk sendiri atau disewakan. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan maka jangan sampai melewatkan juga tata cara membeli apartemen dan keuntungan lain dari pembelian yang tepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli