Sponsors Link

8 Tips Membeli Apartemen untuk Investasi Paling Menguntungkan

Apartemen memang menjadi salah satu hunian yang menarik di pusat kota. Saat ini semakin banyak perkembangan yang sangat modern termasuk pilihan tempat tinggal. Semakin banyak orang yang ingin melewatkan waktu bermacet di jalan raya saat beraktifitas maka semakin banyak pula peminat apartemen. Apartemen bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena meskipun mahal tapi juga sangat menguntungkan dari berbagai sisi.

Lalu akhirnya melahirkan sebuah prinsip keuntungan investasi apartemen. Pelaku bisnis ini benar-benar bisa mendapatkan keuntungan besar dimana keuntungan bisa digunakan lagi untuk membeli apartemen. Hasilnya pembelian apartemen itu akhirnya untuk dijual lagi dan begitu terus sampai bisnis berputar. Adanya bisnis ini juga dilirik oleh pengembang apartemen sehingga semakin banyaknya pilihan apartemen. Nah jika Anda ingin masuk ke dalam bisnis ini maka lihat dulu informasi tentang tips membeli apartemen untuk investasi paling menguntungkan, seperti ini.

  • Lihat lokasi apartemen

Salah satu tips membeli apartement untuk pemula yang paling mendasar adalah dengan melihat lokasi apartemen yang  ingin dibeli. Langkah ini bisa diberlakukan untuk pembeli pemula atau memang yang sudah masuk ke dalam bisnis properti ini. Salah satu tujuan utama ketika ingin membeli apartemen adalah pertimbangan lokasi. Lokasi harus dekat dengan berbagai macam fasilitas seperti akses ke jalan tol, akses ke bandara, akses ke pusat belanja, akses ke rumah sakit, dan berbagai fasilitas lain.

Kemudian juga harus mempertimbangkan apakah lokasi rawan bencana atau tidak. Misalnya jika dekat dengan pusat aliran air, maka apakah akan banjir atau tidak. Tentunya tinggal di apartemen yang tinggi tentu tidak masalah jika ada masalah banjir. Namun pasti juga tidak nyaman karena pergi kemana-mana harus terhalang air.

  • Kemungkinan kondisi tanah

Jika Anda ingin mengikuti tata cara jual beli apartemen maka sangat penting untuk melihat kondisi tanah. Langkah ini perlu dipertimbangkan agar nantinya apartemen tidak mengalami masalah karena struktur tanah yang rapuh atau mudah longsor. Memang pembangunan apartemen pasti mengikuti kajian ilmiah tentang kekuatan tanah. Tapi jika berdiri di lokasi dengan tanah yang rapuh maka pasti sangat menakutkan.

Untuk membuktikan kondisi ini maka Anda bisa melihat lingkungan sekitar apartemen. Jika memang lokasi di sekitar apartemen tersebut tidak pernah mengalami masalah tanah maka itu berarti lingkungan itu aman. Namun untuk pastinya maka Anda harus mencari informasi dari berbagai pihak terkait.

  • Legalitas lahan

Salah satu kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen sangat berhubungan dengan masalah legalitas. Legalitas tanah sangat penting karena apartemen biasanya hanya memiliki satu legalitas yaitu hak guna. Anda jangan sampai membeli apartemen dari pengembang yang memiliki hak konsensi. Hak ini sangat berkaitan dengan masalah pengelolaan lahan dan bangunan namun memiliki batas waktu tertentu. Akhirnya Anda akan dirugikan karena pengembang apartemen sudah bekerjasama dengan pemilik lahan. Jika suatu saat ada masalah maka Anda harus merelakan apartemen.

Terlebih jika Anda memang akan menggunakan apartemen tersebut untuk investasi. Artinya suatu saat Anda akan menjualnya lagi atau menyewakan. Jika salah dalam membeli apartemen maka Anda harus pergi dari apartemen sementara biaya ganti rugi tidak akan menutup uang modal pembelian apartemen.

  • Perhitungkan nilai investasi

Sebelum Anda mulai melakukan pembelian apartemen maka Anda harus melihat berapa nilai investasi yang harus dikeluarkan. Jika Anda pembeli pemula maka harus melihat berbagai sumber agar tidak terjebak. Bisa dikatakan jika sebenarnya nilai kapitalisasi apartemen adalah antara 7 sampai 12 persen.

Namun nilai ini masih bisa berubah sesuai dengan kondisi lokasi apartemen. Misalnya saja jika apartemen jauh dari akses ke jalan tol maka pasti nilainya rendah. Namun jika dekat dengan berbagai fasilitas akses transportasi maka nilainya akan naik. Juga harus dipertimbangkan dengan fasilitas dekat dengan pusat belanja, sekolah, rumah sakit, fasilitas ibadah dan lain-lain.

  • Pertimbangkan adanya fasilitas mewah dan lengkap

Salah satu perbedaan rumah susun dan apartemen yang sangat jelas adalah fasilitas. Apartemen akan mendesain kehidupan penduduknya sebagai orang yang tidak banyak keluar ke wilayah lain. Penduduk rata-rata sudah sibuk dengan berbagai aktifitas termasuk belajar dan bekerja. Sehingga terlalu melelahkan jika harus keluar jauh dari wilayah apartemen.

Karena itu apartemen pasti menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, pusat kesehatan, cafe dan berbagai fasilitas untuk menunjang gaya hidup. Karena itu Anda harus melihat dulu kelengkapan yang disediakan oleh pihak pengembang. Bahkan biasanya pembeli atau penyewa akan melihat apakah apartemen tersebut memiliki ruang terbuka hijau, supermarket, bioskop dan berbagai fasilitas lain. Semakin lengkap maka semakin menguntungkan.

  • Fasilitas keamanan apartemen

Faktor lain yang harus ditinjau ketika ingin membeli apartemen untuk investasi adalah keamanan apartemen. Saat ini semakin maju dan berbagai teknologi keamanan juga semakin canggih. Keamanan tidak hanya mengandalkan manusia saja tapi juga alat. Anda bisa mencoba untuk melihat apartemen yang menyediakan CCTV di berbagai titik dan lokasi sekitar apartemen. Juga harus ada personil yang bertanggungjawab dengan keamanan. Ini sangat penting untuk memberikan rasa aman untuk penghuni nantinya.

  • Pertimbangkan fasilitas transportasi umum

Meskipun biasanya penghuni apartemen memiliki fasilitas kendaraan pribadi, namun mereka biasanya sedikit sekali menggunakan fasilitas tersebut. Karena biasanya di kota besar rentan dengan kemacetan sehingga malas untuk menyetir sendiri. Untuk itu pertimbangkan juga masalah fasilitas transportasi umum. Apakah apartemen tersebut dekat dengan shuttle bus yang menuju ke berbagai fasilitas seperti bandara, rumah sakit dan fasilitas lain. Jadi ini juga yang nantinya akan menentukan nilai jual dan nilai sewa apartemen Anda.

  • Pertimbangkan nilai kenaikan harga

Masalah lain yang memang harus diperhitungkan sejak awal ketika ingin membeli apartemen untuk investasi adalah kenaikan harga. Anda harus tahu mengenai data pembangunan apartemen dan harga awal pembelian apartemen. Dengan langkah ini maka Anda bisa memastikan bahwa investasi Anda tidak akan mengalami kerugian.

Itulah beberapa tips membeli apartemen untuk investasi paling menguntungkan. Jika Anda mengikuti tips ini maka dijamin investasi apartemen tidak akan rugi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli