Sponsors Link

7 Cara Melipat Pakaian Ala Marie Kondo Paling Praktis Dan Rapi

Pakaian menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk semua orang. Berbagai jenis pakaian memiliki fungsinya sendiri seperti pakaian santai, pakaian harian, pakaian kantor atau kerja, pakaian dinas dan jenis pakaian yang lain. Dengan berbagai kebiasaan tersebut akhirnya kita memiliki banyak pakaian dari waktu ke waktu. Dan hal yang paling buruk akhirnya membuat lemari pakaian penuh dengan pakaian dari waktu ke waktu.

ads

Karena itu cara menata lemari pakaian agar rapi memang sulit untuk dilakukan. Anda hanya menumpuk pakaian saja, melipatnya dengan benar dan membuat semua lemari penuh dengan pakaian. Jika Anda sudah merasa stres dengan kondisi ini maka sebaiknya mengikuti cara Marie Kondo agar lemari pakaian lebih rapi. Karena itu artikel dibawah ini akan menjelaskan mengenai cara melipat pakaian ala Marie Kondo paling praktis dan rapi.

1. Mulai dengan rahasia lemari pakaian yang rapi

Memang semua pakaian harus dilipat dengan rapi agar lemari pakaian memiliki susunan yang lebih rapi. Namun sebelum itu Anda harus melakukan beberapa cara menata baju di lemari sempit atau luas seperti ini:

  • Pilih pakaian yang membuat Anda bahagia. Sama seperti ketika Anda menerapkan tips ini untuk berbagai benda di rumah, tapi ini diterapkan khusus untuk pakaian. Keluarkan semua pakaian Anda dari lemari. Pegang satu persatu dan rasakan perasaan Anda ketika memegang pakaian tersebut. Kelompokkan pakaian yang membuat bahagia dan tidak bahagia.
  • Sortir pakaian berdasarkan kategori. Kemudian Anda harus menyortir pakaian berdasarkan jenisnya. Lalu hilangkan lagi pakaian yang terlalu banyak pada kategori yang sama. Misalnya berapa celana yang harus ada dalam lemari, berapa kaus panjang dan pendek, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu Anda pasti mendapatkan benda yang Anda sayangi, masih memiliki fungsi dan Anda tidak bisa membuangnya. Hal ini tidak apa-apa dan Anda hanya perlu menyimpan pakaian tersebut di box khusus tanpa harus memasukkan ke dalam lemari pakaian Anda.
  • Persiapan melipat pakaian berdasarkan jenis dan kategorinya. Rahasia merapikan pakaian ala Marie Kondo adalah tidak melipat pakaian bersusun ke atas tapi melipat dengan yang membuat pakaian berdiri tegak di lemari atau laci penyimpan. Proses melipat ini akan membuat Anda mudah mengambil, memilih dan menggunakan pakaian. Bonusnya pakaian tetap rapi saat akan digunakan.

2 Cara melipat kaus kaki

Banyak orang bingung mencari kaus kaki ketika akan memakai kaus kaki. Ternyata semua itu karena kebiasaan menyelipkan kaus kaki di lemari pakaian dengan cara yang tidak rapi. Agar melipat kaus kaki menjadi cara menata rumah yang menarik maka Anda bisa melipat dengan cara:

  • Tumpuk sepasang kaus kaki secara rata dan lipat menjadi dua bagian ujung jari kaki berselisih 1 cm.
  • Gulung lagi sesuai panjang kaus kaki sampai kaus kaki bisa berdiri tegak dan susun di laci pakaian Anda.

3 Cara melipat pakaian dalam

Proses untuk melipat pakaian dalam bisa digunakan untuk semua jenis pakaian dalam untuk pria dan wanita. Prinsipnya adalah:

  • Buat bagian pakaian dalam yang rata menghadap Anda.
  • Lipat dengan posisi setengah memanjang dari selangkangan sampai ke pinggang.
  • Lipat ke sisi samping.
  • Lalu lipat ke sisi selangkangan sekali lagi sampai bisa berdiri tegak.

3 Cara melipat kaus

Kaus menjadi jenis pakaian yang sangat umum untuk semua orang. Kaus menjadi sangat praktis dan menjadi jenis pakaian yang paling sering digunakan. Karena itu Anda bisa melipat kaus dengan rapi sebagai cara menata baju tanpa lemari atau dengan lemari. Langkah ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu:

  • Letakkan bagian depan kaus menghadap Anda.
  • Lipat dari mulai sisi kanan ke dalam dan lipat lagi bagian lengan kaus ke luar.
  • Ulangi untuk sisi kiri pakaian.
  • Lipat ke tengah bagian bawah kaus sampai ke leher dikurangi 1 cm.
  • Lipat lagi ke tengah sampai menjadi dua sehingga kaus akhirnya bisa menjadi tegak.

5 Cara melipat sweater / kaus panjang

Sweater menjadi jenis pakaian yang juga disukai semua orang. Sehingga ada jenis sweater tipis dan tebal yang bisa digunakan berdasarkan kondisi cuaca saat ini. Namun bentuknya yang terkadang panjang tebal atau panjang tipis membuat lemari seperti penuh dengan pakaian. Tapi Anda bisa mengikuti cara melipat sweater ini:

  • Letakkan sweater secara rata menghadap Anda pada bagian depan dengan bagian lengan panjang yang dibentangkan.
  • Lipat ke tengah pada bagian sisi kanan dengan lengan lurus mengikuti bentuknya, kemudian lipat ke dalam bawah bagian lengannya sampai rapi. Ulangi juga langkah ini untuk sisi sweater sebelah kiri.
  • Lipat lagi bagian bawah ke tengah menjadi dua sampai bisa berdiri tegak.

6 Cara melipat celana jeans

Jenis pakaian lain yang sangat umum adalah pakaian jeans seperti celana panjang jeans. Salah satu hal yang tidak nyaman menyimpan celana jeans di lemari adalah terlalu tebal dan banyak menggunakan ruangan lemari. Namun semua keluhan itu bisa diatasi dengan langkah seperti ini:

  • Posisikan celana jeans merata di depan Anda pada bagian depan.
  • Lipat celana dari kiri ke kanan sesuai  bentuknya.
  • Lipat mulai dari bagian bawah sampai ke pinggang dan sisakan jarak 2 cm.
  • Lipat lagi ke bagian dalam sampai akhirnya celana jeans bisa berdiri tegak.
  • Cara ini juga bisa dilakukan untuk semua jenis celana panjang dari bahan jeans atau tidak.

7 Tehnik menggantung pakaian

Memang tidak semua pakaian bisa dilipat dan diletakkan tegak pada laci pakaian. Jenis pakaian tertentu yang tebal atau terlalu tipis sebaiknya tidak dilipat agar tidak berbekas. Karena itu ada bagian sisi lemari yang digunakan untuk menggantung pakaian. Anda juga bisa membuat bagian ini ketika melakukan cara membuat lemari pakaian dari tripleks. Cara untuk menggantung pakaian ala Marie Kondo adalah meletakkan pakaian yang digantung berdasarkan kategori dari kiri ke kanan. Misalnya semua sweater tebal, baju kerja tebal, kaus dan sampai pakaian yang tipis.

Itulah semua cara melipat pakaian ala Marie Kondo paling praktis dan rapi. Dengan melipat pakaian mengikuti pedoman Marie Kondo maka lemari Anda menjadi rapi dan mudah untuk menemukan pakaian ketika akan dikenakan.

, ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik