Sponsors Link

9 Cara Melipat Baju Agar Hemat Tempat di Lemari Paling Mudah

Semua orang pasti akan merasa bingung dan gelisah ketika akan melakukan cara menata lemari pakaian agar rapi dan mudah mengambilnya. Masalahnya ketika Anda menyusun baju di lemari maka itu menjadi pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu. Kemudian semua itu menjadi lebih tidak berguna lagi karena ketika Anda mengambil satu baju saja, tapi membuat semua susunan baju di lemari menjadi kacau.

Nah masalah itu sepertinya kurang cukup, karena terlalu banyak menyimpan baju di lemari akan membuat pintu lemari sulit untuk ditutup. Sementara itu membeli lemari cadangan akan menghabiskan banyak ruang di rumah Anda. Sebagai solusinya maka Anda bisa merubah cara untuk menyusun baju-baju di lemari. Karena itu kami sudah menyiapkan beberapa cara melipat baju agar hemat tempat di lemari paling mudah.

1. Susun pakaian di lemari secara horizontal

Sebelum Anda memutuskan untuk merubah cara melipat baju maka Anda harus merubah susunan isi dalam lemari. Biasanya cara penataan baju secara tradisional dilakukan secara vertikal yaitu dari bawah ke atas. Susunan ini ternyata justru mengambil banyak tempat karena justru yang lebih hemat adalah menyusun secara vertikal. Penyusunan ini tidak hanya membuat lemari bisa diberi muatan lebih banyak tapi baju juga akan lebih rapi. Bahkan ini menjadi solusi cara menata baju di lemari sempit.

2. Melipat pakaian dengan menggulung

Langkah lain untuk menghemat pemakaian ruangan di lemari dan membuat baju tetap rapi adalah dengan melipat semua pakaian menggunakan cara menggulung. Menggulung pakaian mungkin masih dianggap tidak nyaman tapi metode ini sangat baik untuk menghemat lemari Anda. Pada dasarnya semua pakaian harus dilipat dengan cara digulung termasuk untuk kaus kaki dan pakaian dalam. Pakaian besar seperti sweater, kaus pendek, kaus panjang, celana jeans dan jenis pakaian yang lain harus dilipat ke dalam. Kemudian jadikan dua lipatan dari atas ke bawah lalu lipat lagi ke atas dari bagian tengah. Kebiasaan ini bahkan sudah diterapkan dalam melipat pakaian ala Marie Kondo.

3. Susun pakaian berdasarkan jenis dan kategorinya

Dalam pedoman merapikan rumah ala Marie Kondo maka Anda harus memisahkan semua benda berdasarkan kategorinya. Kebiasaan ini juga bisa Anda terapkan ketika Anda melipat pakaian. Jadi semua pakaian harus dipisahkan sesuai dengan jenisnya, termasuk untuk kaus kaki, kaus panjang, kaus pendek, pakaian dalam, celana pendek, celana panjang, jaket, pakaian wanita dan jenis yang lain. Lalu lipat pakaian dengan cara menggulungnya dan susun secara horizontal pada tempatnya. Dengan cara ini maka lemari Anda menjadi lebih rapi.

4. Tips melipat pakaian dalam

Sebenarnya cara untuk melipat baju di lemari juga termasuk dalam cara menata rumah  agar selalu rapi. Ketika semua pakaian masuk ke dalam lemari maka rumah menjadi rapi, tidak ada pakaian diluar lemari dan tidak ada tumpukan baju dimana-mana. Hal ini juga sangat penting diterapkan untuk menyimpan pakaian dalam yang sering diremehkan karena kecil. Cara ini bisa dilakukan dengan melipat ke dalam pakaian dalam, lalu lipat menjadi dua bentuk dan masukkan lagi ke celah yang tersisa. Sementara untuk pakaian dalam seperti  bra sebaiknya disusun dalam kotak dan dilipat sesuai bentuknya dengan susunan horizontal sehingga tidak rusak.

5. Gulung kaus kaki dan bukan ditumpuk

Sama seperti pakaian dalam maka banyak orang menyimpan kaus kaki dengan cara menumpuknya. Namun cara ini justru akan menyulitkan Anda ketika akan mencari kaus kaki dan tidak jarang justru tertukar pasangan kaus kaki. Pusing bukan? Nah solusinya adalah mencoba untuk menyatukan sepasang kaus kaki sesuai dengan bentuknya. Lipat menjadi dua kemudian gulung lagi ke atas. Masukkan salah satu bagian kaus kaki ke bagian yang lain dari sisa lipatan. Kemudian masukkan dalam box khusus dan susun secara horizontal.

6. Pendekkan lipatan celana jeans

Banyak orang yang melipat celana jeans dengan tiga kali lipatan saja. Tapi ternyata cara itu keliru karena celana jeans kurang tebal untuk disusun secara horizontal dan akhirnya sulit untuk disimpan dengan rapi di lemari. Jadi caranya adalah mencoba melipat menjadi satu dari dua bagian celana jeans yaitu dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Kemudian lipat lagi dari bagian bawah ke atas sampai dekat pinggang. Setelah itu lipat lagi dari bagian tengah ke pinggang sehingga lipatan bisa berdiri tegak di lemari pakaian Anda.

7. Sweater harus dilipat bukan digantung

Jika Anda memiliki beberapa koleksi sweater maka cobalah untuk melipat sweater dan bukan menggantungnya. Bahan sweater biasanya sangat elastis sehingga cepat melar jika digantung. Jadi lipat lengan swater ke dalam, bisa dimulai dari sisi kanan atau kiri.

Kemudian lipat lagi ke sisi tengah bagian sweater baik untuk sisi kanan dan kiri. Kemudian lipat dari bagian bawah ke atas dan sisakan tempat sedikit untuk bagian atas sehingga bisa digunakan untuk memasukkan lipatan badan sweater. Dengan begitu sweater Anda bisa dilipat  namun tidak terlalu tebal.

8. Pakaian Anak juga digulung

Untuk lemari anak yang digunakan untuk menyimpan pakaian anak maka sebaiknya juga disusun dengan cara digulung. Semua pakaian anak dilipat dengan cara digulung sesuai dengan bentuknya. Dan alangkah lebih baiknya lagi jika dimasukkan ke dalam box khusus sesuai dengan jenisnya. Selain bisa membuat lemari pakaian anak lebih hemat tempat juga mudah untuk mengambilnya.

9. Manfaatkan area menggantung baju

Biasanya dalam lemari pakaian juga ada bagian untuk menggantung pakaian. Anda bisa menggantung berbagai jenis baju mulai dari pakaian tipis yang tidak mungkin untuk dilipat, pakaian yang mudah berkerut dan juga pakaian yang cukup tebal. Nah Anda bisa memanfaatkan ruang penyimpan ini dengan menggantung pakaian sesuai dengan panjang mulai dari kanan ke kiri, dari yang terpanjang sampai yang terpendek.

Ternyata itulah semua cara melipat baju agar hemat tempat di lemari paling mudah. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut lemari Anda pasti rapi dan pintunya bisa menutup sempurna.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik