Sponsors Link

11 Cara Merapikan Rumah Ala Marie Kondo Dengan Mudah Dan Simpel

Terkadang mengatur isi rumah memang bukan pekerjaan yang mudah. Ibu atau wanita menjadi pihak yang paling berperan dalam mengatur kerapian rumah. Tapi semua menjadi berantakan lagi ketika suami atau anak-anak mulai mengambil barang mereka, dan akhirnya pekerjaan ibu menjadi sia-sia. Rumah menjadi tidak rapi lagi dan akhirnya juga tidak nyaman.

ads

Tapi tidak perlu khawatir lagi sejak Marie Kondo, perempuan asal Jepang yang memperkenalkan cara menata rumah dengan pedoman yang sangat sederhana. Lewat bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up banyak orang mencoba mengatur dan menata berbagai barang dengan cara yang sangat mudah tapi tetap rapi. Anda mungkin penasaran untuk mencobanya bukan? Nah berikut akan kami berikan beberapa cara merapikan rumah ala Marie Kondo dengan mudah dan simpel.

1. Buang semua benda yang tidak diperlukan

Kebiasaan menyimpan banyak benda biasanya karena berpikir bahwa suatu saat benda itu masih bermanfaat atau benda itu penuh dengan kenangan. Namun kebiasaan ini akan membuat rumah seperti tempat menimbun barang. Karena itu Marie Kondo mengatakan bahwa sebaiknya Anda memegang benda-benda itu dan tanyakan, apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Lakukan pada semua barang dan buang semua benda yang tidak diperlukan. Dengan begitu Anda bisa membuat ruang penyimpanan di rumah dan menerapkan macam-macam konsep desain interior.

2. Kelompokkan dan catat barang Anda

Setelah itu dari semua benda yang tersisa dan Anda berpikir bahwa benda itu bermanfaat, maka Anda bisa mengelompokkan berdasarkan jenis dan catat barang itu. Pakaian, kabel, buku, benda serbaguna dan benda-benda lain harus masuk dalam kelompok khusus. Dengan begitu Anda bisa melihat lagi, jika ada barang yang sama maka bisa dihibahkan kepada orang lain.

3. Merapikan barang sesuai urutan

Kemudian langkah selanjutnya adalah merapikan barang sesuai dengan urutan. Benda yang memiliki banyak kenangan sebaiknya di urutan terakhir. Anda bisa memulai dari pakaian, buku, dokumen, peralatan tulis, peralatan kerja, peralatan dapur, peralatan di kamar mandi, dan berbagai benda-benda kecil. Kemudian setelah selesai maka baru benda yang memiliki banyak kenangan. Tapi saat itu juga Anda sudah tidak memiliki banyak ruang penyimpan sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat. Dan inilah tips menata rumah yang sangat mudah.

4. Ada tempat khusus untuk setiap barang

Cara merapikan rumah ala Marie Kondo pada dasarnya adalah mengatur agar setiap barang memiliki tempatnya sendiri. Ketika Anda menggunakan barang tersebut maka setelah selesai juga harus kembali ke tempatnya. Dengan cara ini maka setiap barang yang digunakan pasti akan rapi kembali. Jika dipikirkan lagi maka cara ini juga akan menghemat waktu ketika Anda akan merapikan rumah lagi. jadi pastikan Anda mengikuti langkah ini.

5. Mengurus barang Anda sendiri

Pengaturan rumah yang dilakukan oleh Marie Kondo sebenarnya mengajak setiap orang untuk selalu fokus pada barang-barangnya sendiri. Jadi prinsip ini bisa diterapkan meskipun Anda tinggal bersama orang lain atau tinggal dengan anggota keluarga yang lain. Ini menjadi salah satu tips agar rumah selalu rapih dan bersih dimana Anda juga menjadi contoh. Kebiasaan ini bisa dilakukan dari langkah yang paling sederhana namun penting seperti kebiasaan membersihkan dan merapikan peralatan makan setelah makan.

6. Tidak egois pada barang penuh kenangan

Meskipun Marie Kondo menyarankan untuk membuang barang yang tidak diperlukan tapi Ia juga tidak menyuruh setiap orang melakukan hal itu dengan egois. Jika Anda memiliki banyak barang kenangan maka tempatkan dalam satu laci atau satu box, kemudian masukkan benda-benda tersebut ke dalamnya. Simpan dengan rapi sehingga Anda mudah mengingat benda-benda tersebut. Jadi Anda juga tidak merasa terlalu tersiksa.

7. Menghargai untuk melepas

Setiap benda yang Anda miliki pasti menyimpan kenangan atau didapatkan dengan penuh perjuangan. Marie Kondo memberi contoh sebuah tahap yang sangat sakral, dimana dia diam sesaat dan berdoa untuk benda-benda miliknya. Meskipun ini menjadi cara yang tidak wajar tapi langkah ini sangat penting untuk melepaskan benda-benda yang memang sudah tidak bisa disimpan lagi. Jadi menghargai benda-benda kenangan Anda akan membuat Anda mudah untuk bisa melepas benda tersebut termasuk jika sudah tidak berfungsi lagi.

8. Merapikan pakaian dengan benar

Biasanya semua orang selalu mengisi lemari pakaian dengan pakaian yang disusun bertumpuk. Langkah ini ternyata kurang tepat sebab sebaiknya menghindari menumpuk pakaian dari atas ke bawah. Jika Anda mengambil pakaian tidak sesuai urutan maka semuanya akan berantakan dan membutuhkan waktu lagi untuk merapikannya. Jadi ada cara yang sangat praktis dari Marie Kondo yaitu melipat pakaian menjadi sekecil mungkin kemudian menjajarkan di lemari Anda. Dijamin tidak hanya rapi tapi menjadi cara menata lemari pakaian dengan mudah dan nyaman.

9 Hanya menyimpan barang yang membuat Anda bahagia

Marie Kondo selalu meminta setiap orang untuk bertanya tentang , apakah merasa bahagia dengan benda-benda di rumah. Ia menyarankan untuk menyentuh benda itu, menutup mata dan tanyakan pada hati Anda. Apakah Anda bisa merasa bahagia dengan menyimpan benda itu atau tidak? Langkah ini sangat penting untuk bisa memilih benda yang harus disimpan atau tidak.

10 Menjaga dapur agar selalu mudah dibersihkan

Banyak orang berpikir bahwa dapur yang berfungsi untuk memasak juga menjadi tempat penyimpanan. Akhirnya banyak benda-benda yang disimpan di kabinet dapur tapi tidak berfungsi. Tapi Marie Kondo mengatakan bahwa Anda seharusnya membuat dapur mudah dibersihkan, bukan untuk ruang penyimpanan. Bahkan termasuk menghindari menyimpan banyak piring kotor di wastafel sehingga Anda merasa malas mencuci piring.

11 Dekorasi interior ruangan yang membuat Anda bahagia

Marie Kondo juga menyarakan setiap orang untuk selalu mendekorasi ruangan yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Jadi Anda bisa berpikir lagi jika rumah berantakan, pasti tidak membuat Anda bahagia bukan? Jadi pastikan bahwa ruangan rapi sehingga bisa membuat Anda lebih bahagia.

Itulah berbagai cara merapikan rumah ala Marie Kondo dengan mudah dan simpel. Dengan langkah tersebut akhirnya bisa membuat Anda lebih nyaman tinggal di rumah sendiri.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik