Sponsors Link

5 Cara Menata Baju Di Lemari Sempit Untuk Anak Kost

Apakah anda sudah paham mengenai cara membuat lemari pakaian dari tripleks? Jika sudah, maka kali ini kami  akan membagikan informasi yang juga tidak kalah menarik mengenai bagaimana cara menata baju di lemari sempit yang terkadang lebih sering dialami oleh anak kost karena mereka langsung disediakan lemari, namun ternyata ia membawa baju yang cukup banyak.

Seperti yang kita tahu bahwasanya lemari merupakan salah satu perabotan kamar yang sangat diperlukan dimana hal ini juga memberikan pengaruh terhadap kerapian dari kamar tersebut. Lemari pakaian yang tidak tertata dengan baik, akan membuat pemandangan kamar anda menjadi kurang menarik. Dan salah satu kendala yang dialami oleh anak kost adalah ia mendapatkan lemari yang tidak cukup menampung baju-bajunya dimana kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mempelajari mengenai bagaimana cara menata baju di lemari sempit yang sekaligus juga bisa menjadi sebuah cara menata rumah yang baik sehingga akan membuat siapapun yang melihat merasa tertarik dan betah masuk ke kamar anda.

1. Keluarkan seluruh isi lemari pakaian anda

Cara pertama yang juga menjadi cara dasar yang harus anda lakukan untuk menata baju-baju anda adalah dengan mengeluarkan terlebih dahulu semua isi yang ada di lemari pakaian anda tersebut. Hal ini bertujuan untuk kemudian memudahkan anda di dalam memilih dan menentukan baju yang ingin anda masukkan ke dalam lemari tersebut.

Kemudian, yang harus anda tahu bahwa anda hanya perlu memilih baju-baju yang menurut anda merupakan baju favorit dan sering anda gunakan, baik untuk kuliah, maupun acara lainnya. Dengan begitu, anda tidak harus terlalu repot mencari baju-baju yang ingin anda gunakan nantinya.

Lantas bagaimana dengan baju yang lainnya? Baju-baju yang jarang anda pakai atau bahkan hampir tidak pernah, bisa anda letakkan di dalam koper atau kardus. Namun anda harus memastikan bahwa tempat peletakkan baju yang tidak anda gunakan tersebut benar-benar aman dan terbebas dari gangguan apapun seperti serangga, tikus, air, maupun yang lainnya. Cara ini memang terbilang cukup ampuh untuk membuat lemari anda tidak terlalu penuh, dan bahkan mungkin ada beberapa ruang yang tersisa yang bisa anda gunakan untuk meletakkan barang-barang yang lainnya.

2. Menyusun berdasarkan kategori

menata bajuCara kedua yang juga bisa anda lakukan untuk menata baju anda di lemari yang sempit adalah dengan menyusunnya berdasarkan kategori. Cara ini terbilang sangat mudah dimana anda hanya perlu meletakkan baju anda sesuai dengan kategorinya. Adapun contohnya seperti anda meletakkan baju-baju casual, pakaian kerja, pakaian tidur, maupun pakaian yang anda gunakan untuk hari-hari di kost secara terpisah.

Hal ini bukan hanya mampu menghemat ruang di lemari anda yang sempit, melainkan juga mampu memberikan kemudahan kepada anda karena nantinya anda tidak kesulitan untuk mencari baju yang ingin anda kenakan karena sudah tertata sesuai dengan kategori yang ada.

Cara seperti ini juga bisa bisa anda terapkan cara menata lemari pakaian agar supaya enak dilihat dan membuat ornag yang masuk ke kamar anda pun juga merasa senang karena pakaian di lemari anda tertata rapi. Dan untuk baju-baju yang sangat jarang anda gunakan seperti gaun, anda bisa meletakkan di bagian paling bawah atau anda bias menaruhnya di koper yang sebelumnya telah anda pastikan bahwa koper tersebut aman.

3. Menyusun berdasarkan warna

warna bajuCara lain yang juga bisa anda terapkan untuk membuat baju anda cukup diletakkan di lemari pakaian yang sempit adalah dengan menyusunnya sesuai dengan warna baju anda. Sebenarnya cara seperti ini sering anda temukan di toko pakaian yang mana anda hanya perlu meletakkannya secara berdekatan sesuai dengan warna yang dimiliki.

Sama halnya dengan penjelasan sebelumnya, cara seperti ini juga akan sangat membantu anda di dalam menemukan baju yang ingin anda kenakan karena anda hanya perlu menghafalkan warna dari baju anda tersebut. Dijamin anda tidak akan bingung ketika anda tiba-tiba harus mengenakan pakaian tertentu untuk sebuah acara yang ingin anda hadiri. Selain itu, hal ini akan sangat membantu anda di dalam menghemat waktu maupun membuat baju anda cukup diletakkan di dalam lemari, meskipun memang pada dasarnya lemari yang ada di kamar anda sempit.

4. Menggunakan metode gulung

menggulung bajuMenyusun baju di lemari yang sempit juga bisa anda lakukan dengan cara metode gulung. Anda tidak perlu khawatir jika ternyata lemari pakaian yang ada di kamar anda memiliki space yang kecil karena anda bisa melakukan trik untuk membuat baju-baju anda muat di dalam lemari tersebut yakni dengan cara menggunakan metode gulung.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih baju-baju anda, baik yang sering digunakan maupun tidak. Kemudian, anda hanya perlu menggulung baju-baju anda tersebut dan satu persatu anda masukkan kedalam lemari pakaian anda. Metode atau cara seperti ini sangat cocok diterapkan bagi mereka yang tinggal di kost-kostan yang memang tidak jarang ia diberikan lemari pakaian dengan ukuran minim.

Dengan menggunakan metode ini, anda tidak perlu harus membeli lemari baru atau menaruh pakaian anda di tempat lain atau bahkan berserakan yang malah hanya akan mengindikasikan bahwa kost atau kamar anda tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri rumah tidak sehat.

5. Menggunakan metode display

gantung bajuSelain memanfaatkan metode gulung, anda juga bisa menggunakan metode yang lainnya yakni metode display yang juga terbukti ampuh untuk menata baju di lemari sempit. Metode display juga biasanya disebut dengan metode gantung dimana memang anda hanya perlu menggantung baju-baju anda.

Namun anda harus ingat bahwa cara ini membutuhkan peralatan gantungan baju sehingga anda harus membelinya terlebih dahulu. Kemudian, anda tinggal memilih mana baju-baju yang ingin anda gantung dan mana baju yang ingin anda lipat atau anda gulung.

Dijamin cara ini akan menghemat space yang ada di lemari pakaian anda sehingga anda tidak sampai mengalami frustasi akan hal tersebut. Dan bahkan, metode ini bisa anda gabungkan dengan dekorasi rumah vintage yang akan memberikan pemandangan bagus untuk kost anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot