Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar agar Tidak Bau dan Kotor

membersihkan kulkasKulkas atau lemari pendingin merupakan salah satu perabot pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal, bahkan mungkin pada rumah minimalis sederhana Anda. Kulkas tersedia dalam beragam bentuk dan fasilitas yang berbeda, namun Anda perlu mengetahui tips membeli kulkas yang baik dan benar terlebih dahulu. Kulkas merupakan salah alat elektronik yang digunakan setiap hari. Terlebih fungsinya adalah sebagai tempat untuk mendinginkan makanan dan minuman. Maka tidak heran akan ada banyak kotoran yang terdapat di dalam kulkas. Entah karena ada makanan yang jatuh, terkena saus dan sebagainya. Maka dari itu, kulkas juga perlu perawatan.

ads

Salah satu cara untuk merawat kulkas adalah dengan membersihkannya. Membersihkan kulkas harus dilakukan secara rutin. Minimal sebanyak satu kali selama satu bulan. Jika menunda terlalu lama, kulkas akan semakin kotor dan dipenuhi dengan banyak sampah. Agar kulkas benar-benar bersih, Anda juga perlu mengetahui cara membersihkan kulkas dan cara menghilangkan bau di kulkas yang benar. Namun sebelum Anda hendak membersihkan kulkas, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cairan pembersih cuci piring.
  • Sarung tangan karet.
  • Lap basah.
  • Lap kering.
  • Sikat gigi bekas atau spons (non-abrasif).
  • Kain lembut non abrasive.
  • Spray atau alat semprot.
  • Air panas.
  • Dan lain sebagainya.

Setelah menyiapkan alat dan bahan tersebut, baru selanjutnya Anda dapat melakukan tahap pembersihan. Berikut ini adalah cara membersihkan kulkas yang baik dan benar, yakni:

  1. Menyabut semua stop kontak

Sebelum Anda memulai proses pembersihan, ada baiknya Anda melepaskan stop kontak yang menempel pada kulkas. Mengapa demikian? Hal ini untuk menghindari adanya pembuangan energi. Selain itu, dengan tidak menyalakan kulkas juga mengurangi risiko Anda terkena strum pada saat membersihkan bagian dalam kulkas.

  1. Mengosongkan isi kulkas

Tahap selanjutnya adalah mengosongkan isi kulkas. Sudah jelas bukan? Apabila Anda ingin membersihkan kulkas secara keseluruhan, maka isinya perlu dikeluarkan terlebih dahulu agar segala kotoran dapat dibersihkan dengan leluasa. Mulai dari makan-makanan, minuman, buah-buahan, bumbu dan lain-lain yang memang Anda masukkan ke dalam. Bahan-bahan tersebut disimpan terlebih dahulu. Apabila memang sudah ada yang kadaluarsa, Anda dapat langsung membuangnya.

  1. Melepaskan rak dan laci

Tidak hanya makanan, namun Anda juga perlu melepaskan seluruh rak dan laci yang menempel. Agar tangan Anda tidak terkena kotoran, gunakan sarung tangan karet. Sarung ini juga membantu untuk mencegah kaca terlepas dan pecah pada saat Anda menariknya dari kulkas.

  1. Mencuci semua rak dan laci

Semua rak dan laci yang telah dikeluarkan harus dicuci seluruhnya. Apabila terlalu besar dan tidak muat untuk dicuci di wastafel, Anda dapat mencuci di kamar mandi atau senyamannya saja. Laci dan rak tersebut sebaiknya dicuci dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring. Akan tetapi, untuk mencuci rak atau laci berbahan kaca dengan air panas, Anda perlu mendiamkannya untuk beberapa saat terlebih dahulu supaya kaca tidak pecah dan retak. Baru setelahnya Anda dapat membilas dan juga mengeringkannya dengan alat kebersihan rumah berupa lap kering.

  1. Membuat larutan pembersih

Selanjutnya adalah membuat larutan pembersih. Yakni caranya adalah dengan menggunakan air panas yang kemudian dicampurkan dengan sabun pencuci piring. Setelah keduanya di campur, larutan kemudian dimasukkan ke dalam semprotan. Dengan menggunakan cairan ini, bersihkan interior kulkas. Semprotkan pada dinding-dinding  kulkas, kemudian lap menggunakan kain basah agar kotoran hilang.

Sponsors Link

  1. Membersihkan penyangga rak dan kulkas

Jangan lupa untuk membersihkan bagian penyangga seperti area rak dan laci kulkas, serta segel karet yang menghiasi bagian pintu. Untuk area-area yang sulit terjangkau, gunakan bantuan sikat gigi bekas atau spons non abrasif. Pastikan celah-celah tersebut bersih dan tidak ketinggalan.

  1. Membilas seluruh permukaan

Interior kulkas yang telah dibersihkan kemudian dibilas kembali dengan menggunakan kain basah yang masih bersih. Baru setelahnya, interior kulkas dibersihkan kembali dengan menggunakan lap kering.

  1. Membersihkan area luar

Sambil menunggu interior kulkas kering secara menyeluruh, Anda dapat membersihkan area luar kulkas, yakni bagian body kulkas. Gunakan larutan yang sama dan semprotkan pada beberapa area di body kulkas. Setelah bersih, kemudian bilas dengan menggunakan kain basah, baru setelahnya dikeringkan kembali menggunakan kain kering.

  1. Menyusun kembali

Apabila bagian body dan bagian interior kulkas sudah kering, maka selanjutnya Anda dapat memasang kembali bagian rak dan laci yang tadi dicopot. Jangan lupa kembalikan kembali makanan yang telah dikeluarkan ke tempat semula. Baru setelahnya, kulkas dinyalakan dan dapat digunakan seperti sedia kala.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membersihkan kulkas yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot