Sponsors Link

Mengintip 10 Tips Memilih Kulkas Paling Jitu

memilih kulkasKulkas merupakan salah satu kebutuhan alat elektronik pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Maka dari itu, ketika hendak membeli perabot rumah, kulkas sering kali masuk ke dalam deretan perabot yang wajib di beli. Namun membeli kulkas juga perlu pertimbangkan tertentu. Membeli kulkas rumah ternyata dapat merepotkan juga apabila Anda tidak mengetahui kriteria kulkas yang baik dan benar. Jika Anda sampai salah memilih kulkas, bisa jadi kualitas kulkas tersebut kurang baik sehingga mudah rusak. Tidak jarang, kulkas rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab listrik konslet. Jika sudah begini, Anda perlu mengetahui cara memperbaiki listrik konslet. Kembali lagi ke topik pembahan semula, sebelum membeli kulkas, perhatikan terlebih dahulu beberapa tips memilih kulkas yang baik dan benar berikut ini, simak!

  1. Melihat volume kulkas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah melihat kapasitas atau volume ruang yang dimiliki oleh kulkas tersebut. Disarankan untuk memiliki kulkas yang memiliki kapasitas besar. Mengapa demikian? Anda tidak akan pernah atau apakah kebutuhan Anda akan meningkat atau tidak setiap harinya. Jika semakin meningkatkan, maka kapasitas kulkas juga akan semakin meningkatkan. Kulkas ini seperti investasi jangka panjang, sehingga Anda tidak perlu membuang uang untuk membeli kulkas yang lebih besar jika kebutuhan Anda bertambah.

  1. Dimensi kulkas

Membeli kulkas dengan ukuran yang besar boleh saja untuk dilakukan. Namun Anda juga perlu memperhatikan masalah peletakkannya nanti. Apakah cukup untuk diletakkan di dalam dapur rumah minimalis sederhana. Jangan sampai Anda sudah membeli kulkas besar dengan harga yang cukup mahal, namun ketika ingin diletakkan di dalam rumah, justru kulkas tidak muat. Jika dipaksakan, kulkas dapat merusak pilihan interior rumah Anda. Untuk itu perlu adanya penyesuaian.

  1. Desain kulkas

Dalam membeli kulkas baru, ternyata desain juga termasuk ke dalam tolak ukur pembelian. Namun desain kulkas sebenarnya tergantung dengan selera yang Anda miliki. Kalau bisa, pilihlah jenis kulkas yang melengkapi macam-macam konsep desain interior yang telah Anda pilih.

  1. Kualitas serta mutu

Percuma saja apabila Anda memiliki kulkas yang bagus, namun beberapa bagiannya mudah rusak, body kulkas mudah berkarat hingga mesinnya tidak tahan lama. Hal ini tentunya menjengkelkan, bukan? Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih kulkas yang memang sudah terpercaya atau banyak direkomendasikan oleh orang-orang. Pasalnya jika Anda salah membeli, Anda akan mengalami kerugian yang cukup banyak. Anda juga perlu lebih teliti dan melihat dengan seksama tentang kualitas kulkas, spesifikasi, bahan pembuatan dan sebagainya.

  1. Teknologi pendingin

Kulkas yang berada di pasaran biasanya akan memiliki label bintang masing-masing. Label tersebut dapat Anda temukan pada bagian pintu kulkas. Namun jumlah bintangnya bervariasi, mulai dari 3 bintang hingga 5 bintang. Jumlah tersebut menerangkan definisi khusus terhadap teknologi pendingin pada kulkas. Bintang 3 biasanya memiliki kemampuan pendingin sebesar -150˚ C, sedangkan untuk bintang 5 dapat mencapai hingga -210˚ C. Perbedaan keduanya memang cukup jauh. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu.

  1. Fitur pendingin

Tidak hanya kemampuan pendingin kulkas saja yang dapat berbeda-beda, namun fitur pendingin yang tersedia juga beragam. Fitur yang wajib dimiliki berupa “multi air flow”. Fitur ini menawarkan kemampuan pendingin secara menyeluruh dan juga rata ke seluruh bagian.

  1. Fitur wadah

Ada pula fitur wadah, yang biasanya terpasang di seluruh bagian ruang kulkas. Contohnya adalah rak untuk meletakkan telur yang sengaja dibuat berlubang, area untuk meletakkan daging, ikan, buah—buahan dan lain sebaginya. Ada pula tempat untuk penyegaran sayur-sayuran yang sengaja diberikan sirkulasi udara agar kesegarannya terjaga. Ada pula area rak-rak minum dan sebagainya. Hal ini juga perlu Anda perhatikan, apakah lengkap atau tidak.

  1. Konsumsi listrik

Kulkas memang membutuhkan energi listrik agar dapat tetap beroperasi. Namun Anda perlu mencari kulkas yang cenderung hemat energi. Karena pemakaian kulkas digunakan setiap hari, maka konsumsi listrik akan terus berjalan. Supaya biaya listrik bulanan tidak membengkak, carilah produksi kulkas yang hemat energi dan juga ekonomis.

  1. Harga

Harga memang salah satu hal yang senstif apabila Anda hendak membeli suatu barang. Terlebih kulkas yang memang harganya cukup mahal. Setiap orang memiliki keterbatasan anggaran yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu memilih jenis kulkas yang sesuai dengan biaya yang Anda miliki.

  1. Garansi

Perlu Anda ketahui, ketika sedang membeli kulkas Anda perlu memastikan apakah terdapat garansi resmi dan juga memadai. Hal ini harus Anda perhatikan, karena dapat membantu Anda apabila dalam jangka waktu tertentu, kulkas Anda mengalami kerusakan, Anda masih dapat menggunakan garansi untuk membetulkannya.

Demikianlah beberapa tips memilih kulkas yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot