Sponsors Link

10 Dekorasi Rumah Vintage yang Wajib Ada

dekorasi rumah vintageDalam merancang berbagai jenis-jenis rumah tinggal, Anda dapat mengenal macam-macam konsep bangunan seperti desain rumah minimalis, desain rumah modern eropa, model rumah scandinavian dan sebagainya. Salah satu contoh konsep yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah konsep rumah vintage. Vintage tidak memiliki kategori secara umum, namun konteksnya mengacu pada benda-benda antik atau gaya dan konsep pada zaman dahulu. Gaya vintage pada rumah tinggal kini tidak jarang ditemukan, bahkan dapat dikatakan semakin banyak digunakan. Aplikasinya tidak hanya berlaku pada rumah tinggal namun juga pada restaurant, café dan sebaginya.

ads

Untuk menampilkan gaya vintage pada rumah tinggal, Anda dapat menggunakan dekorasi rumah vintage. Dengan menerapkan elemen-elemen vintage pada rumah, kesan yang ingin Anda bangun pun akan semakin terlihat. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan dekorasi rumah vintage. Ingin tahu? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan, simak!

  1. Memanfaatkan cermin rumah

Perlu diketahui bahwa rumah vintage biasanya menggunakan cermin-cermin hias dengan berbagai macam ukiran. Cermin ini diletakkan pada beberapa spot di rumah yang akan menampilkan kesan zaman dahulu yang kental. Anda dapat memilih cermin yang memiliki warna bingkai keemasan untuk muwujudkan kesan vintage semakin maksimal. Cermin ini nantinya dapat dipadukan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk agar semakin harmonis.

  1. Menambah dengan koleksi

Desain vintage sangat lekat dengan penggunaan dekorasi barang-barang kuno yang terkesan antik. Barang-barang ini juga dapat berupa barang kolesksi. Contohnya adalah radio, gramofon, telefon atau pun mesin tik kuno yang ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi rumah. Barang kolesksi ini tidak hanya dapat dijajarkan di meja panjang, namun juga dapat digantungkan pada dinding rumah agar terkesan lebih berkelas.

  1. Menggunakan tempat lilin

Jika Anda sering menonton film yang menampilkan suasana zaman dahulu, Anda pasti menyadari kalau di dalam rumahnya seringkali tergeletak beberapa tempat lilin dengan berbagai macam ukuran. Chandelier atau tempat lilin yang menganut gaya Victorian ini tidak hanya cocok diaplikasikan pada interior hotel dan juga restaurant, namun sebagai pelengkap dekorasi rumah vintage Anda lho!

  1. Permainan furniture

Furniture bergaya vintage memang banyak diburu oleh orang-orang, meskipun mereka tidak menggunakan konsep vintage pada rumah. Sebab furniture jenis ini terlihat menarik dan unik, bahkan dapat menciptakan nostalgia pada masa lalu. Furniture ini dapat terbuat dari bahan kayu dan bahan-bahan lainnya. Namun apabila Anda menggunakan furniture berbahan kayu, pastikan bahwa furniture itu termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap supaya dapat bertahan lama.


  1. Memanfaatkan buku-buku

Jika Anda suka mengoleksi buku di dalam rumah, rak buku Anda juga harus disesuaikan dengan gaya vintage supaya tampilan rumah semakin menarik. Caranya adalah dengan memilih rak buku polos yang terbuat dari kayu., jenis inilah yang biasa digunakan pada rumah-rumah vintage.  

  1. Menyesuaikan dengan tema dan kebutuhan

Salah satu kesulitan yang sering kali ditemukan oleh banyak orang untuk mendekorasi rumah adalah terlalu banyaknya pilihan. Beragam pilihan yang menarik dan unik membuat Anda bimbang untuk menentukan pilihan, mana yang akan di beli dan tidak. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu membuat daftar list barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk mendekor rumah. Sebab terlalu banyak dekorasi di dalam rumah juga tidak akan meningkatkan nuansa klasik interior.

  1. Permainan warna

Untuk mendekor rumah Anda dengan gaya vintage, Anda perlu mengenali terlebih dahulu warna rumah apa yang banyak digunakan pada rumah vintage. Anda dapat memilih pilihan warna berupa warna merah, biru, kuning yang dipadu dengan sentuhan emas. Anda juga dapat memilih warna-warna pastel yang menarik. Agar semakin yakin, Anda dapat mencari referensi interior vintage.


  1. Menganalisa dana

Dana dapat menjadi perkara yang sensitif, terlebih jika Anda sedang dalam masa berhemat. Menata rumah menyesuaikan konsep tertentu juga harus mengacu pada jumlah budget yang dimiliki. Jangan sampai desain dan konsep justru memberatkan Anda sehingga hasil akhir tidak dapat tercapai dengan baik.  

  1. Teliti ketika membeli

Ketika membeli barang-barang antik untuk dekorasi rumah, Anda perlu berhati-hati dan lebih teliti. Sebab kebanyakan barang tersebut merupakan barang yang sudah memiliki umur tua. Periksa pada bagian-bagian tertentu perabot, apakah ada yang mengalami kerusakan atau cacat. Sehingga Anda tidak akan salah pilih.

  1. Memperhatikan ukuran

Untuk mendekorasi rumah vintage, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran barang dengan ruang atau space yang Anda miliki. Jangan sampai barang terlampau besar hingga akhirnya tidak muat diletakkan di dalam rumah. Hal ini tentunya dapat merugikan Anda.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat digunakan dalam menentukan dekorasi rumah vintage. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Desain