Sponsors Link

23 Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat Wajib Anda Ketahui

Anda berencana membeli rumah atau akan membangun sebuah rumah? Dengan beragam pilihan yang tersedia mulai rumah yang sudah jadi dari pengembang perumahan hingga bentuk rumah yang ingin anda rancang sendiri tentunya memberi banyak pemikiran bagi anda. Ada baiknya jika anda juga mengetahui beberapa ciri rumah yang tidak sehat agar nantinya dapat anda hindari ketika anda membeli atau pun membangun rumah.(Baca : Tips Memilih Rumah Di PerumahanCara Membeli Rumah)

Berikut ciri-ciri rumah tidak sehat :

1. Rumah tampak kotor

Sampah berserakan dimana-mana, rumah tampak kotor tentunya merupakan rumah yang tidak sehat untuk ditinggali. Kecoa dan tikus merupakan binatang kotor yang sangat senang dengan rumah yang tidak bersih. Inilah Penyebab Kecoa Banyak di Rumah (Baca : Cara Membasmi Kecoa di Rumah)

2. Genteng melorot

Rumah yang tak terawat, sering kali rusak dan diabiarkan begitu saja oleh penghuni maupun orang yang memiliki rumah tersebut. Kerusakan rumah lebih parah ketik genteng-genteng melorot dan ketika musim hujan tiba, atap rumah menjadi bocor. Akibatnya air hujan masuk rumah dan menyebabkan rumah menjadi semakin berantakan.(Baca : Penyebab Atap Genteng Bocor dan Cara MengatasinyaJenis-Jenis Atap Rumah)

3. Tempat sampah tidak tersedia

Ketika suatu rumah tidak menyediakan tempat sampah, para penghuninya pasti akan kebingungan ketika membuang sampah. Kadang kala malah sampah hanya dibuang sembarangan tempat sehingga rumah menjadi kotor dan tidak sehat.

4. Sampah tidak dikelola dengan baik

Sampah mungkin sudah terkumpul, tapi hanya dikumpulkan akan membuat tumpukan sampah mennjadi bau yang tidak sedap. Rumah pun menjadi tidak sehat.

Info rumah sehat :

5. Sirkulasi udara tidak lancar

Ketika suatu rumah sirkulasi udaranya tidak lancar, rumah selalu tertutup, maka udara akan menjadi pengap dan tidak nyaman untuk bernafas.(Baca : Fungsi Ventilasi Rumah)

6. Udara lembab yang tidak diatasi dengan baik

Udara yang lembab jika tidak diatasi dengan baik maka akan membuat dinding-dinding di rumah menjadi lembab dan berjamur. Jamur dari tembok tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit bagi para penghuninya. Jika suatu rumah bisa menyebabkan para penghuninya sakit maka rumah tersebut tentunya tidak sehat.

Info tips :

7. Udara pengap

Udara yang pengap di suatu rumah juga menjadi pertanda bahwa rumah tersebut sirkulasinya tidak lancar dan tentu saja rumah tersebut tergolong dalam rumah yang tidak sehat.

8. Rumah berdekatan dengan pabrik

Suatu rumah yang berdekatan dengan pabrik terutama ketika pabrik banyak melakukan pembakaran dan asapnya terbuang di corong asap maka udara sekitar rumah akan menjadi pengap dan rumah menjadi tidak sehat untuk ditinggali.

9. Rumah tampak gelap

Mungkin rumah yang anda ingin anda beli adalah rumah yang berada di lajur T atau yang sering disebut tusuk sate (baca : bahaya rumah tusuk sate) biasanya rumah tusuk sate akan membangun pagar yang tinggi sehingga rumah terlihat gelap sehingga pertukaran udara tidak lancar dan rumah menjadi pengap. Rumah pun menjadi tidak sehat.

10. Banyak semut di rumah

Salah satu penyebab banyak semut di suatu rumah adalah karena rumah yang berantakan. Jika semut ditemukan dalam jumlh banyak yang tidak wajar maka hal tersebut menunjukkan bahwa rumah tersebut tidak sehat.

11. Banyak kecoa di suatu rumah

Kecoa merupakan salah satu hewan kotor yang suka berkeliaran di rumah yang kotor. Maka jika banyak kecoa merajalela di suatu rumah (baca : Penyebab kecoa banyak di rumah), maka hal tersebut juga merupakan suatu indikasi bahwa rumah tersebut tidak sehat.

12. Banyak tikus berkeliaran

Tikus juga merupakan hewan kotor yang mengindikasikan rumah yang kurang sehat.

13. Pasokan air bersih tercemar

Buka kran air yang ada di rumah, jika air tersebut berbau dan warnanya tidak lagi jernih maka pasokan air untuk rumah anda sudah tercemar (baik dari sisa pembuangan pabrik atau karena pencemaran lain). Jika pasokan air tercemar pastinya rumah tersebut tidak lagi sehat karena air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Baca juga :

14. Tidak ada sarana MCK

Jika suatu rumah tidak terdapat sarana MCK (mandi, cuci, kakus) maka rumah tersebut sudah pasti tidak sehat.

15. Sanitasi rumah yang buruk

Sanitasi rumah yang jaraknya berdekatan dengan sumber air bersih (contohnya sumur) akan mencemari sumber air bersih. Akibatnya para penghuni rentan dengan berbagai penyakit seperti sakit perut, diare dan penyakit lainnya.

16. Saluran air lingkungan sekitar sangat buruk

Saluran air seperti selokan, sungai yang terletak dekat dengan rumah tidak sehat seringkali sangat kotor. Saluran air yang sangat kotor dibiarkan begitu saja tanpa adanya inisiatif untuk kerja bakti membersihkannya dari warga yang tinggal di daerah sekitar saluran air.

17. Lingkungan rumah kumuh

Rumah tidak sehat seringkali berada lingkungan yang kumuh, sampah lingkungan yang tidak diolah dengan baik, selokan kotor, air selokan menghitam dan menggenang.

18. Lingkungan kurang aman

Rumah tidak sehat di lingkungan kumuh juga sangat identik dengan lingkungan tidak aman, tempat yang kotor sering kali dijadikan tempat bersembunyi para penjahat (baca : mencegah dan menghindari rumah kemalingan).

19. Gersang

Rumah sehat identik dengan lingkungan sekitar yang penuh pepohonan hijau. Sedangkan rumah tidak sehat identik dengan kegersangan.

20. Bahan bangunan kurang kuat

Rumah yang menggunakan bahan bangunan kurang kuat akan membuat rumah tersebut dalam kondisi yang membahayakan misalkan kayu yang dipakai dalam membangun rumah tidak terlalu kuat maka rumah tersebut akan gampang rusak, mungkin saja genteng melorot dan rumah tersebut tentunya termasuk ke dalam rumah yang tidak sehat.( Baca : Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah)

21. Rumah yang penuh dengan pila-pilar

Suatu rumah yang penuh pilar-pilar akan member kesan bahwa rumah tersebut mirip dengan jeruji penjara. Rumah yang penuh pilar-pilar tersebut dalam fengsui termasuk kedalam rumah yang tidak sehat.(Baca : Kriteria Rumah Sehat)

Baca juga :

22. Rumah dekat dengan gardu listrik

Rumah yang jaraknya terlalu dekat dengan gardu listrik, tower, bahkan sutet termasuk rumah yang tidak sehat. Di perkotaan besar seringkali kita temui rumah yang tidak mematuhi batas minimal jarak rumah dengan gardu listrik.  Beragam bahaya mengincar rumah yang jaraknya sangat dekat dengan gardu listrik (baca : Bahaya rumah dekat gardu listrik). Mulai dari beragam resiko radiasi elektromagnetik hingga bahaya tersambar petir mangincar rumah yang jaraknya sangat dekat dengan gardu listrik.

23. Jarak langit-langit dengan lantai terlalu dekat

Rumah yang plafon atau jarak langit-langitnya terlalu dekat dengan lantai akan membuat suasana yang pengap dan sempit. Rumah seperti itu juga tidak sehat menurut fengsui.

Memiliki rumah yang bersih tentu lah dambaan kita semua, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit dan binatang yang menjijikan yang tidak kita inginkan. Rumah yang bersih cermin hidup sehat, dan bebas dari segala penyakit.

Artikel Lainnya :

, , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan