Sponsors Link

8 Interior Rumah Makan Minimalis Tapi Cantik Dan Elegan

Menjalankan bisnis restoran memang tidak mudah. Pengunjung sering merasa bosan karena kondisi atau keadaan dari restoran. Tentunya selain pilihan menu makanan atau minuman yang itu-itu saja. Jika Anda memiliki dan sekaligus menjalankan restoran maka Anda perlu melihat bisnis ini dari berbagai sisi. Tidak hanya manajemen restoran yang harus dikelola dengan baik tapi juga bentuk dan desain dari restoran tersebut.

Pelanggan restoran biasanya ingin mencari kesan restoran yang nyaman untuk makan dan minum. Namun terkadang ada banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersantai di restoran. Akhirnya ada pengunjung yang datang sendiri atau bersama dengan orang terdekat. Karena itu merancang bentuk interior restoran tidak sama dengan interior rumah biasa. Anda harus menanamkan beberapa macam macam konsep desain interior sesuai prinsip. Karena itu langsung saja ikuti beberapa inspirasi interior rumah makan minimalis tapi cantik dan elegan, seperti berikut ini.

  • Model bistro & cafe

Desain pertama adalah mengacu pada jenis restoran yang Anda miliki. Seperti contohnya adalah jika Anda membangun bisnis dengan konsep bistro & cafe. Jenis restoran ini biasanya memiliki bentuk interior yang sangat sederhana. Lampu atau pencahayaan diatur sesuai dengan meja. Ada meja deret yang memenuhi sisi ruangan atau tengah ruangan. Setiap meja diberi 1 atau dua kursi saja. Kemudian sisi pojok tetap digunakan untuk tempat duduk pelanggan. Kaca besar atau akses ventilasi besar harus hadir untuk memberi kesan sejuk pada bagian dalam restoran. Meja kayu menjadi aksen penting dalam desain ini sehingga harus dipilih dari jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

  • Model dapur sederhana

Jika Anda mengunjungi restoran besar dan mewah maka biasanya dapur ada di bagian dalam. Sehingga pengunjung restoran sama sekali tidak melihat apa yang terjadi di bagian dapur. Ketika akan makan dan minum maka pelayan akan membawa hidangan ke meja. Ini bertentangan dengan konsep interior yang menujukkan dapur sederhana pada pengunjung. Jika restoran memiliki bentuk bangunan L maka sisi dapur terletak pada bagian vertikal ruangan, kemudian sisi horizontal digunakan untuk meja tamu. Pada bagian sisi vertikal di bagian dapur juga bisa dipasang beberapa meja tamu. Konsep ini menonjolkan proses memasak di dapur dan dekat dengan konsumen. Meja kayu dan dapur dengan meja granit bisa jadi perpaduan yang sempurna. Jika tidak ingin meja dapur dari granit maka bisa mencoba cara membuat meja dapur cor.

  • Desain interior ala Italia

Italia menjadi negara yang memiliki konsep restoran yang menarik dan elegan. Rahasianya adalah restoran memiliki desain dengan pencahayaan redup dan berkesan romantis. Anda juga bisa menerapkan konsep ini untuk restoran Anda meskipun berukuran kecil. Caranya adalah membuat lampu redup atau lampu kuning dipadang pada sisi atas dinding. Kemudian meja tamu ada di bagian pinggir dinding dan bagian tengah untuk kursi yang lebih banyak. Untuk memberi kesan yang lebih romantis lagi maka penuhi dinding restoran dengan lukisan berwarna pastel.

  • Restoran ala pantai

Jika Anda menjalankan bisnis restoran di tepi pantai maka Anda harus memilih desain interior yang sesuai. Pada dasarnya untuk memilih tata letak perabot di restoran masih mengikuti feng shui rumah agar rejeki lancar. Tentu saja prinsip ini harus dilakukan agar restoran lebih ramai. Karena itu bisa mencoba konsep terbuka dan tertutup. Bagian ruangan yang terbuka menghadap pantai secara langsung. Kemudian bagian yang tertutup bisa membuat pengunjung nyaman dari angin laut. Meja dan kursi tamu harus dipilih dengan bentuk sederhana dan nyaman. Lengkapi hiasan pada tiang-tiang banggunan dengan hiasan seperti bunga dan kain hias. Lalu pasang lampu redup kuning agar berkesan lebih romantis.

  • Restoran ala kaki lima

Konsep lain yang ditawarkan adalah dengan mengusung model restoran kaki lima. Sesuai dengan namanya maka restoran ini terletak di tepi jalan yang ramai oleh pengunjung yang berjalan kaki. Kemudian restoran bisa memiliki dua tempat untuk pengunjung yaitu bagian dalam dan luar. Pada bagian dalam bisa memanfaatkan ruangan dengan meletakkan meja dan kursi untuk tamu. Kemudian sebuah meja dapur digunakan untuk memasak dan menyiapkan hidangan. Untuk bagian luar juga bisa ditata dengan meja kursi untuk tamu. Pasang beberapa papan menu di bagian dinding luar dan dalam sehingga memudahkan tamu. Selain itu bisa memasang kayu sebagai material penutup dinding di bagian dalam dan luar. Hiasi tembok kayu dengan hiasan dinding berupa foto tamu, foto sejarah restoran dan hiasan lain.

  • Desain ala restoran mini di tepi jalan

Jika Anda menjalankan sebuah restoran mini kecil yang terletak di tepi jalan maka Anda harus memberi sentuhan interior yang elegan. Biasanya model restoran ini menggunakan sisi bahu jalan khusus untuk tempat tamu. Anda bisa memasang meja dan kursi dengan bentuk yang lebih tinggi dan nyaman. Pasang berbagai pajangan atau hiasan seperti foto menu makanan dan minuman yang menarik pengunjung. Pasang lampu redup untuk setiap sisi meja. Dan dapur harus dibuat terbuka menghadap tamu. Jadi perhatikan kebersihan dan kerapian dapur.

  • Restoran konsep alam

Saat ini ada berbagai cara menarik untuk membuat pelanggan mau datang ke restoran tanpa pernah bosan dan sekaligus menarik pelanggan baru. Caranya adalah menerapkan konsep alam di restoran. Artinya Anda bisa memberi sentuhan alam lewat bunga segar di meja tamu, tanaman pot gantung di bagian atap ruangan, taman vertikal pada dinding restoran, dan jenis tanaman pot di sisi ruangan. Ini akan memberi sentuhan yang sangat nyaman, namun Anda perlu melakukan perawatan esktra untuk tanaman.

  • Restoran rumah tradisional

Inspirasi yang sangat khas adalah dengan menggunakan bentuk rumah tradisional. Biasanya konsep restoran ini berupa joglo atau rumah kuno. Anda bisa memilih bentuk bangunan yang besar atau kecil. Namun yang tak kalah pentingnya adalah memberi nuansa kuno seperti meja ukir, kursi ukir, sepeda onthel kuno, lampu redup dan hiasan dinding dari lukisan jaman dahulu.

Nah itulah beberapa pilihan interior rumah makan minimalis tapi cantik dan elegan. Anda bisa memilih mana konsep yang sesuai dengan jenis restoran Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Desain