Sponsors Link

18 Tips Memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet

Mesin cuci saat ini merupakan kebutuhan yang penting dalam rumah tangga. Semakin dimudahkan segala pekerjaan rumah tangga pada akhirnya akan menghasilkan sebuah teknologi baru, seperti mesin cuci contohnya. Dengan berkembangnya teknologi serta minat manusia akan segala hal yang serba praktis. Maka permintaan akan pasar elektronik pun semakin meningkat. Berbagai brand ternama berlomba-lomba memproduksi barang terbaik dan unggulan mereka untuk dapat menjadi andalan konsumen. Nah, sebagai konsumen yang cerdas, kita harus mampu memilih jenis barang terutama elektronik yang sesuai dengan segala kualitasnya.

Tips Memilih Mesin Cuci

Bagi anda yang hendak memutuskan untuk membeli mesin cuci, berikut ini adalah tips dan beberapa trik memilih mesin cuci agar tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Simak yuk!

Baca Juga:

Tips Memilih Mesin Cuci1. Harga

Pastinya harga menjadi hal pertama yang akan anda cari tahu. Biasanya ini adalah kebiasaan para ibu rumah tangga yang memang sedang berencana membeli sesuatu dengan harapan harga lebih murah. Prinsip ekonomi sangat diperbolehkan disini, karena membeli barang elektronik sifatnya adalah jangka lama sehingga harus dipastikan bahwa barang tersebut akan awet dan bonusnya adalah mendapat harga yang murah.

2. Merk atau Brand

Berbagai merk atau brand ternama sudah terbukti dengan kualitasnya. Brand seperti Sharp, Electrolux, Panasonic, Sanken, dan sebagainya adalah merk yang sudah ahli untuk menghasilkan mesin cuci yang berkualitas prima dengan harga yang terjangkau. Artinya, memilih mesin cuci dengan brand ternama lebih disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan anda harus mengenal merk mesin cuci terbaru.

3. Kualitas

Harga dan merk jelas berhubungan dengan kualitas. Dalam setiap brosur pasti disediakan spesifikasi yang menguntungkan dari suatu produk. Oleh karena itu mintalah penjelasan yang sedetail mungkin kepada sales atau penjual agar anda bisa menimbang pendapat anda.

Baca Juga:

4. Sesuaikan Kebutuhan

Kebutuhan dapat dilihat dari jumlah keluarga. Mesin cuci tersedia dalam berbagai ukuran serta kapasitas berat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mempertimbangkan kebutuhan tersbeut. Sebagaui contoh, anda memiliki jumlah keluarga sebanyak >5 orang, maka anda harus menyediakan mesin cuci yang berukuran besar untuk dapat menampung semua cucian dalam sekali tekan.

5. Hemat Listrik

Konsep menyesuaikan kebutuhan berkaitan dengan penghematan biaya listrik per bulan. Dalam tiap bulan anda harus pertimbangkan berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Pilihlah mesin cuci yang hemat listrik meskipun dengan harga sedikit mahal. Hal itu dapat menekan biaya listrik per bulan nantinya.

Artikel Terkait:

6. Pilih Jumlah Tabung

Untuk anda yang lebih memikirkan praktis dalam mencuci maka disarankan untuk memilih mesin dengan tabung tunggal. Anda hanya tinggal memasukan cucian dan menunggu hingga kering dengan sekali proses. Namun, apabila anda lebih ingin menekan biaya pembelian, mesin cuci dengan dua tabung lebih ekonomis harganya.

7. Tempat Servis

Pastikan anda akan bertanya mengenai tempat servis. Hal ini untuk mengantisipasi jika di kemudian hari mesin cuci mengalami kerusakan. Anda bisa dengan mudah menghubungi service centre untuk memperbaikinya dan lebih percaya karena mereka dinaungi oleh brand mesin cuci anda.

Baca Juga:

8. Kenyamanan

Nah, untuk yang satu ini berhubungan dengan feeling atau perasaan. Ini sepenuhnya bergantung pada keinginan anda sebagai pengguna mesin cuci dan pembeli. Kenyamanan mesin cuci bukan hanya dari pemakaian, kehematan, dan kualitas saja, melainkan untuk dekoratif tertentu seperti warna, ukuran serta model mesin cuci.

9. Metode Pembayaran

Memastikan dan memilih sistem pembayaran yang tepat akan memudahkan anda dalam berbelanja. Saat ini banyak tersedia sistem kredit yang bisa digunakan untuk pembelian barang elektronik seperti mesin cuci. Jadi, wajib bagi anda untuk mempertimbangkan penawaran menarik tersebut jika anda termasuk tipe orang yang menyukai pembayaran bertahap.

10. Garansi

Untuk anda yang sudah terpukau dengan satu barang, maka wajib menanyakan garansi yang akan didapatkan atas pembelian mesin cuci tersebut. Tanyakan tanpa ragu kepada pihak distributor serta jangan lupa meminta stempel toko agar garansi bisa diklaim kemudian hari.

Baca Juga:

11. Elemen

Elemen atau lapisan luar mesin cuci penting untuk anda ketahui. Hal ini untuk mengantisipasi saat anda meletakkan mesin cuci sesuai kemauan anda sementara bahan yang melapisi mesin cuci ternyata terpengaruh oleh suhu udara atau jenis peralatan rumah tangga milik anda lainnya.

12. Tanyakan Larangan dengan Seksama

Hal yang tidak boleh dilakukan pada mesin cuci biasanya sudah tertera dengan baik di buku panduan. Namun, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mencari tahu lebih dalam dengan menanyakan kepada sales atau penjual yang sudah lebih berpengalaman.

13. Diskusikan dengan Keluarga

Mendiskusikan pembelian dengan keluarga adalah langkah yang tepat. Pembelian mesin cuci tentunya anda dedikasikan juga untuk keluarga. Maka, jika anda adalah seorang suami lebih baik jika menanyakan terlebih dulu pada istri anda yang nantinya akan lebih banyak melakukan kegiatan dengan mesin cuci yang hendak anda beli.

Artikel Lainnya:

14. Keperluan

Keperluan anda dalam membeli mesin cuci termasuk bisnis atau hanya sebagai kebutuhan pibadi? Jika mesin cuci dibeli untuk bisnis maka andaharus memikirkan pembelian dalam jumlah yang banyak, dan untuk menekan modal, artinya anda perlu meminta diskon lebih banyak. Berbeda jika hanya untuk kebutuhan pribadi yang anda bisa menentukan sesuai kemampuan anda.

15. Teknologi

Setiap merk mesin cuci akan menyuguhkan teknologi yang berbeda pada setiap produknya. Pastikan anda memilih mesin cuci dengan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu, penting bagi anda untuk sekadar menanyakan barangkali ada teknologi yang lebih bagus untuk bahan pertimbangan.

Baca Juga:

16. Dryer atau Pengering 

Teknologi mesin cuci saat ini sudah sangat canggih. Untuk sistem pengeringan atau dryer sudah dimanjakan dengan tersedianya pengering pada hampir setiap mesin cuci. Perhatikan bahan yang melapisis pengering tersebut serta kemudahan pengoperasiannya.

17. Dimensi Mesin Cuci

Ukuran dimensi mesin cuci atau berat mesin cuci perlu dipertimbangkan. Hal tersebut menyangkut kebutuhan dalam rumah anda. Jika berat mesin cuci terlalu besar maka akan membuat pekerjaan pindah rumah atau dekorasi rumah semakin berat karena harus mondar-mandir dengan barang seberat itu. Apalagi jika anda meletakkan mesin cuci di lantai dua yang sudah barang tentu akan berpengaruh saat memindahkan barang.

Artikel Lainnya:

18. Jenis Tabung

Terdapat dua jenis bahan tabung yang tersedia dalam mesin cuci. Stainlees steel termasuk bahan yang kuat karena tahan terhadap benturan serta gesekan yang mungkin disebabkan oleh resleting pakaian maupun bahan pakaian yang kasar. Akan tetapi bahan ini jelas lebih mahal dibandingkan dengan tabung berbahan plastik.

Baca Juga:

Sebagai orang yang awam memang perlu kiranya untuk mencari sumber sebanyak-banyaknya sebelum membeli suatu barang. Dengan pemilihan yang tepat tentunya akan menghindarkan kita dari penipuan, kekeliruan, kelalaian, serta penyesalan di kemudian hari. Jadi, pastikan bahwa barang yang akan dibeli sesuai dengan keinginan, kemampuan, dan kebutuhan anda dalam mencuci.

Semoga tips diatas dapat membantu menemani perjalanan anda memburu mesin cuci untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, selamat berbelanja! Demikian artikel informatif mengenai tips untuk memilih mesin cuci yang semoga bermanfaat bagi anda!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik