Sponsors Link

9 Tips Kemas Rumah yang Banyak Barang Secara Efektif

Entah pada rumah berukuran kecil atau besar, cara terbaik agar rumah bisa terlihat bersih, maka mengemas dan merapikan barang barang di rumah menjadi langkah terbaik agar rumah anda bisa terlihat lebih bersih dan rapi. Pisahkan barang barang, atur ulang ruang dan memelihara lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan bersih menjadi cara terbaik yang bisa anda lakukan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa langkah dan tips kemas rumah yang banyak barang sebagai panduan.

1. Buat Jadwal Mengemas Barang

Tips kemas rumah yang banyak barang pertama adalah membuat jadwal mengemas barang yang sesuai. Jika anda ingin mengemas barang dengan mudah, maka anda harus mencari cara terbaik untuk menyelesaikan tujuan. Anda bisa membuat sasaran untuk melakukan sesi merapikan barang yang intens sepanjang akhir pekan, satu minggu, beberapa minggu atau satu hingga dua jam setiap minggu untuk merapikan barang. Hal ini sebenarnya juga menjadi tips masuk rumah baru agar anda bisa lebih nyaman dan tidak terlalu stress. Tidak peduli betapa sedikit waktu yang anda miliki, anda akan mampu mencari jadwal untuk mengemas barang yang sesuai dengan anda.

2. Rapikan Satu Ruangan Setiap Kalinya

Ketika anda mulai mengemas barang, maka mungkin anda akan tergoda untuk mengeluarkan semua barang ke luar rumah dan perabotan dari awal. Ini tampak seperti gagasan yang bagus, namun sebenarnya hanya akan membuat ruangan sangat berantakan dan tujuan anda tidak bisa tercapai yang juga menjadi salah satu tips membersihkan rumah.

Akan lebih baik jika anda mengemas satu ruangan setiap kalinya atau bahkan satu bagian dari sebuah ruangan setiap kalinya. Sebaiknya anda mengosongkan satu ruangan atau suatu perabot jika anda memiliki waktu untuk memisahkan barang barang di dalamnya dan menaruh semuanya kembali ke tempat semula.

3. Minta Bantuan Orang Lain

Mengemas rumah yang banyak barang tentu akan jauh lebih menyenangkan dan bisa diatur jika ada bantuan dari orang lain. Mengemas barang bersama orang lain akan menghemat waktu dan kegiatan yang anda lakukan juga akan menyenangkan.

4. Buang Barang yang Ingin Disingkirkan

Sesudah anda menentukan jadwal yang sesuai dan mendapatkan bantuan, maka anda bisa memulai prosesnya dengan membuang barang barang yang tidak penting. Sebelum mulai melakukannya dengan serius dan merapikan satu ruangan setiap kalinya. Anda akan merasa lebih baik jika mampu langsung membuang beberapa benda yang memenuhi ruangan. Berikut adalah cara cepat untuk menyingkirkan barang dengan mudah yang menjadi awalan bagus untuk mengemas rumah.

  • Ambil tas plastik hitam besar dan isi dengan koran lama, sepatu lama dan yang sudah tidak digunakan. Kosongkan botol sampo, surat lama dan semua barang tidak berguna yang terlihat di tempat terbuka.
  • Periksa kulkas dan lemari obat kemudian buang obat obatan lama yang sudah kedaluwarsa.
  • Buang semua perabotan yang mencolok dan memenuhi ruangan.

5. Kosongkan Semua Barang Satu Ruangan atau Tempat Tertentu

Supaya bisa mengemas barang dengan teratur, anda harus mengosongkan semua barang di ruangan atau sebuah tempat di ruangan atau bahkan satu laci sebelum bisa melihat semua barang tersebut. Anda bisa menaruh semua barang di lantai atau perabot tertentu di mana saja asalkan merupakan tempat terbuka yang terlihat jelas.

Siapkan empat kotak berbeda dan beri tulisan yang sesuai. Sebuah kotak untuk tempat barang yang akan dipertahankan, sebuah kotak untuk barang yang akan disimpan, sebuah kotak untuk barang  yang akan disumbangkan atau dijual dan kotak terakhir untuk dibuang. Hal ini juga menjadi salah satu tips mengisi perabotan rumah baru agar nantinya rumah anda tidak terlalu ramai dan padat.

6. Tambahkan Dengan Label

Kunci terpentingagar anda bisa menemukan barang barang dengan mudah adalah dengan memberikan label pada semua kotak secara jelas dan akurat. Ketika anda menumpuk beberapa kotak, maka anda tidak akan bisa melihat bagian atasnya. Untuk itu, pastikan anda juga memberi label tidak hanya pada bagian atas namun juga pada bagian sisinya.

Berilah label pada kotak kotak berdasarkan kategori dan juga jamar seperti contohnya buku, perpustakaan, dapur, kamar tidur dan sebagainya agar nantinya bisa kembali dobongkar dengan lebih cepat. Tambahkan juga dengan pita berkode seperti warna kuning, merah muda, hijau dan sebagainya untuk masing masing ruangan.

7. Buat Sistem Angka

Ketika anda sedang mengemas kotak, maka perhatikan juga setiap item yang ada didalamnya. Anda bisa menuliskan dalam daftar di Google Doc atau juga bisa memakai aplikasi pengorganisasian yang praktis dan kemudian beri nomor pada setiap kotak tersebut yang juga menjai salah satu cara menata rumah agar tampak rapi.

Strategi yang jenius ini bisa memberikan dua manfaat yakni anda tidak akan membuang waktu hanya untuk menemukan barang di dalam kotak dan anda juga bisa mengetahui jumlah kotak yang sudah anda kemas sehingga bisa anda periksa untuk melihat apakah ada kotak yang hilang atau dicuri.

8. Pakai Kotak Kecil Untuk Barang Berat

Tips untuk mengemas barang berikutnya adalah isi kotak kecil dengan barang yang lebih berat dan pakai kotak besar untuk benda benda yang ringan sepeti handuk, bantal dekoratif dan berbagai barang ringan lainnya. Hal ini sangat penting dilakukan supaya anda tidak kerepotan ketika memindahkan barang barang yang berat karena akan lebih mudah dipegang jika diletakkan pada kotak yang kecil. Sedangkan jika anda memakai kotak besar untuk barang yang berat, maka anda akan mengalami kesulitan untuk memindah mindahkan kotak tersebut.

9. Pakai Packing Tape

Packing tape menjadi alat yang harus anda punya ketika sedang mengemas barang yang juga menjadi cara menata gudang di rumah. Anda nantinya tidak lagi harus bingung dengan lakban, sebab packing tape jauh lebih bagus dan bisa merekat dengan baik pada kotak kotak yang sudah anda kemas.

Selalu pastikan kotak anda memiliki bagian atas namun jangan lakukan metode lipatan saling terkait dengan lipatan bagian atas kotak anda namun hanya cukup tempelkan tutupnya saja yang menjadi cara jauh lebih aman untuk anda lakukan.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang tips kemas rumah yang banyak barang paling mudah untuk tambahan ide dan informasi anda. Beberapa tips di atas tidak hanya memudahkan anda saat berkemas, namun juga memudahkan anda ketika ingin mencari kotak yang anda inginkan secara mudah tanpa perlu membuka setiap kotak yang sudah anda kemas dengan rapi.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot