Sponsors Link

10 Tips Masuk Rumah Baru agar Cepat Betah dan Nyaman

Menempati atau pindah ke rumah baru memang dibutuhkan persiapan dan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, termasuk cara menata rumah kontrakan. Susun rencana untuk proses pindah, walaupun akan menguras energimu nantinya, namun semua akan terbayar jika berjalan sesuai dengan rencanamu. Banyak yang mengatakan bahwa pindah ke tempat baru itu menyenangkan, padahal sebenanarnya ini menguras energi dan waktu seperti perencanaan, menata barang, pindahan hingga bersih-bersih.

ads

Saat Anda mulai tinggal di rumah baru, Anda akan bertemu dengan beberapa tantangan dalam hal-hal kecil seperti membiasakan untuk mencuci piring atau menaruh barang bahkan memulai kebiasan baru dan meninggalkan kebiasaan lama. Berikut adalah 10 tips masuk rumah baru anti stress dengan cara baru.

1. Pasang alat pengaman

Memberikan alat pengaman di berbagai jenis-jenis rumah tinggal ini tidak harus dengan peralatan mahal seperti alarm tau kamera cctv. Jika berkenan dan di rumah banyak benda berharga mungkin bisa digunakan. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya tinggi mungkin anda bisa memasang pagar, baik besi atau cara membuat pagar bambu sendiricara membuat pagar tanaman juga teralis besi pada jendela dan menambah slot kunci untuk meningkatkan keamanan.

Atau lakukan pergantian kunci lama dengan yang baru untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena mungkin pada saat masih belum ditinggali oleh anda banyak yang bisa mengakses rumah dengan kunci lama, seperti tukang bangunan atau yang lainnya.

2. Simpan Dokumen Penting

Saat akan pindah rumah pasti disibukkan dengan menata dan mengepak barang, pasti akan ada beberapa barang yang lupa ditaruh atau hilang. Banyak kotak kardus atau barang yang berserakan terkadang membuat kita salah melihat bahwa surat-surat dokumen penting yang dikira sampah. Untuk itu siapkan surat dan dokkumen penting didalam satu wadah dan jang lupa diberi label khusus agar tidak salah menaruh atau tidak sengaja dibuang. Jika sampai hilang, untuk mengurusnya akan membutuhkan waktu kembali dan tenaga.

3. Renovasi Interior Rumah

Ingin membuat rumah lebih nyaman dan enak untuk dipandang, mungkin sebelum pindah Anda bisa memberikan sentuhan akhir pada rumah agar terllihat menarik. Mengubah cat atau membeli furnitur yang sesuai dengan gayamu. Memberikan wallpaper di dinding kamar atau ruang keluarga, menambahkan tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah hingga menata furniture agar terlihat tidak penuh sesak.

4. Periksa Kembali Rumah

Saat akan menempati rumah baru terkadang melakukan pengecekan tidak dilaukakn secara maksimal karena terburu waktu atau ingin segera menempati rumah karena itu terkadang banyak yang baru pindah namun mendapati banyak fasilitas yang rusak, seperti air tidak mengalir atau toilet yang mampet. Tentunya hal ini tidak ingin dialami bukan? Untuk itu cek kembali secara menyeluruh sebelum Anda membawa barang-barang anda untuk pindah, termasuk alat kebersihan rumah, demi kenyamanan anda sehingga bisa segera beristirahat.

5. Adaptasi

Saat baru pindah mungkin perasaan anda masih belum terbiasa dengan tempat baru sehingga belum terlalu nyaman untuk awal mula pindah. Atau masih canggung tidak tahu beberapa letak benda seperti sirkuit listrik atau meteran air untuk menyalakan air. Untuk itu sebelum pindah sebaiknya biasakan dulu atau sering mengunjungi rumah sebelum ditinggali untuk membuat Anda terbiasa dengan letak benda-benda penting seperti yang disebutkan tadi. Selain mengetahui letaknya pastikan pula anda bisa mengoperasikannya sehingga saat sudah pindah dan ketika terjadi masalah anda bisa menyelesaikan sendiri apabila tidak menemukan orang yang bisa dimintai tolong.

6. Berkenalan dengan Tetangga

Perlu diingat bahwa Anda tidak tinggal sendiri, tapi Anda berada di lingkungan yang membutuhkan interaksi. Tidak perlu menunggu agar tetangga datang sendiri ke tempat Anda, ada baiknya jika kita dulu yang pergi menemui tetangga untuk berkenalan. Keuntungan yang Anda dapatkan jika rukun bertetangga sangat banyak. Jika Anda pulang kampung Anda bisa menitipkan rumahmu untuk dijaga, atau Anda bisa meminta pertolongan dengan cepat jika sedang terjadi masalah di rumah. Jika Anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak dan sibuk bekerja, akmu juga bisa menitipkan anak sementara.

Masih baru di daerah itu? Anda bisa tanya ke tetangga tempat-tempat yang belum Anda ketahui. Seperti di mana pasar terdekat, atau restoran yang enak disekitar rumah bahkan Anda bisa mengetahui toko dengan harga yang murah disekitar rumahmu. Semakin Anda mengenal tetangga akan semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan.


7. Open House

Ketika Anda sudah selesai dengan segala pindahan barang dan merasa cukup nyaman dengan rumah, tips masuk rumah baru anti stress selanjutnya adalah ada baiknya mengundang teman, keluarga dan tetangga dekat rumah untuk bersilahturahmi di rumah. Ikuti tips cara menata ruang tamu sebelum mengadakan open house. Selain menunjukkan alamat baru, Anda juga bisa memperlihatkan rumah dan desain yang terapkan dirumahmu agar terlihat indah dan menarik. Sebagai bonusnya mungkin Anda mendapatkan hadiah yang dibawa oleh teman-teman, keluarga atau tetangga yang Anda undang.

8. Garage Sale

Saat akan pindah atau setelah pindah dan membongkar barang bawaanmu Anda menyadari bahwa banyak barang yang sudah tidak terpakai lagi. Seperti baju, sepatu atau barang-barang furniture yang Anda rasa sudah tidak pas lagi jika ditaruh dirumah baru. Anda mungkin bisa melakukan garage sale atau menjual kembali barang-barang yang tidak terpakai dengan harga terjangkau tentunya. Ini akan membantumu mengurangi barang-barang yang tidak digunakan juga Anda akan mendapat tambahan uang. Jika tidak, Anda bisa menyumbangkan barang-barang tidak terpakai seperti baju, tas dan sepatu yang masih layak pakai kepada orang yang membutuhkan. Selain mengurangi kepadatan di rumah Anda juga bisa membantu sesama.

9. Coba untuk Relax

Setelah packing, pindahan, dan menata rumah bahkan mengadakan acara open house selanjutnya yang Anda lakukan adalah bersantai dirumah barumu! Nikmati rumah baru, biasakan dirimu dengan llingkkungan baru, tetangga baru dan kehidupan baru yang Anda jalani.

10. Ganti Alamat Rumah

Yang paling penting saat pindah ke rumah baru adalah mengganti alamat yang lama dengan yang baru untuk memudahkan berbagai urusan. Saat ingin menerima paketan barang atau surat tentunya Anda harus menyebarkan alamat barumu kepada teman atau keluarga bukan agar tidak salah kirim. Pastikan juga Anda mengganti alamatmu di surat-surat penting, seperti KTP, SIM, data di bank atau hal-hal lain yang membutuhkan upgrade alamat baru untuk memudahkanmu jika berurusan dengan birokrasi.

Pindah kerumah baru memang perlu banyak perencanaan yang matang karena Anda membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkan itu semua dan juga tenaga. Cek juga dekorasi rumah sederhana tapi mewah dan inspirasi rumah sederhana untuk ruang tamu mungil. Jangan sampai Anda tidak matang dalam merencanakannya. Walaupun capek tapi Anda akan mendapatkan kesenangan tersendiri saat melihat kerja kerasmu terbayarkan! Semoga tips masuk rumah baru anti stress di atas bermanfaat dan membantumu ya. Happy moving!

,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik