Sponsors Link

8 Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Agar Menarik dan Rapi

Desain rumah minimalis memang banyak dipertimbangkan untuk hunian dengan konsep perumahan. Bahkan konsep ini juga sering diterapkan untuk apartemen dengan tipe studio yang ukurannya cukup kecil. Namun memikirkan tata ruang rumah dengan ukuran yang kecil memang tidak mudah. Pada dasarnya model rumah seperti ini harus memiliki bagian inti dari rumah seperti ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan garasi. Sementara taman dan keperluan eksterior rumah lain bisa dipertimbangkan setelah rumah selesai dibangun.

Salah satu hal yang sangat penting dalam memikirkan desain rumah seperti ini adalah untuk bagian ruang tamu. Ruang tamu tetap harus ada meskipun berukuran kecil. Termasuk jika Anda hanya memiliki ruang tamu dengan ukuran 3×3 meter. Anda tidak perlu berkecil hati karena dengan ukuran ini sebenarnya Anda bisa berbuat banyak agar rumah tampak menawan. Berikut ini adalah beberapa cara menata ruang tamu ukuran 3×3 agar indah dan rapi.

  • Cat putih dan kombinasi hitam

Pertama untuk memberi kesan sederhana, luas dan nyaman maka Anda perlu membuat dinding memiliki warna yang menarik dan tidak membosankan. Warna yang paling netral adalah putih dan Anda bisa memadukan dengan kusen jendela dengan warna hitam. Permainan warna hitam juga bisa diterapkan untuk kusen pintu. Kombinasi dua warna ini akan membuat kesan ruang tamu yang mungil menjadi lebih luas. Lagipula warna putih bisa dicocokkan dengan beberapa perabot dengan warna yang berbeda, termasuk warna yang mencolok. Konsep ini sangat sesuai untuk desain ruang tamu minimalis.

  • Meja kopi bundar

Sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai perabot yang harus ada di ruang tamu kecil ini. Salah satu perabot yang bisa Anda pertimbangkan adalah meja kopi bundar yang berkaki rendah. Model dan potongan meja ini sesuai untuk ruangan kecil karena tidak memakan banyak tempat dan bisa memberi kesan yang lebih luas. Anda tidak harus memilih meja kopi yang sesuai atau menjadi set dari sofa. Untuk menambah kesan agar lebih mewah maka Anda bisa memilih meja kopi dengan hiasan marmer pada bagian bawahnya. Percayalah dengan cara menata ruang tamu ini maka ruangan menjadi sangat indah.

  • Permainan warna pada sofa

Meskipun Anda harus memilih ukuran sofa yang lebih kecil karena untuk memberi kesan luas pada ruang tamu maka Anda masih bisa bermain warna. Anda bisa memilih sofa dengan konsep warna mozaik atau zig-zag. Langkah ini sangat tepat untuk mengalihkan perhatian pada ruang tamu yang kecil. Sehingga ketika ada tamu maka perhatian mereka akan tertuju pada permainan warna sofa tersebut. Dan pastinya model sofa ini juga tidak membosankan karena Anda bisa mengganti warna dan konsep sofa dengan penutup sofa.

  • Ukuran pintu dan jendela yang besar

Jika Anda memiliki ukuran ruang tamu kecil seperti ukuran 3×3 maka jangan salah saat memilih ukuran jendela dan pintu. Anda bisa membuat ukuran pintu dan jendela dengan ukuran yang besar sehingga tampak lebih luas. Ukuran yang besar bisa membuat cahaya alami masuk ke ruangan dengan baik. Bahkan dengan ukuran yang besar ini maka akan menghilangkan kesan pengap dan sempit. Ketika pagi atau siang hari maka Anda bisa membuka jendela dan pintu sehingga banyak udara yang masuk ke rumah. Dengan begitu ada banyak ciri-ciri rumah sehat dalam rumah mungil Anda.

  • Karpet yang lebar

Terkadang ukuran ruang tamu yang kecil menjadi tidak nyaman karena kurangnya sentuhan interior. Anda tidak perlu takut dengan permainan konsep interior meskipun ukuran ruang tamu kecil. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memberi karpet lantai pada semua bagian ruangan. Dengan cara ini maka ruangan berkesan sangat nyaman dan hangat. Anda bisa memilih karpet polos atau karpet dengan motif. Batas ukuran karpet bisa dipasang pada area sampai sekitar sofa atau seluruh ruangan. Karena karpet mudah kotor maka jangan lupa melakukan cara membersihkan karpet dengan alat atau secara manual.

  • Sedikit konsep modern

Membuat konsep ruang tamu minimalis tidak harus dengan sentuhan yang selalu sederhana. Anda bisa menerapkan konsep yang modern namun tidak berlebihan. Tujuan dari konsep modern ini adalah memberi kesan yang luar biasa ketika ada tamu yang masuk ke rumah. Berbagai aksen perabot yang modern termasuk seperti meja kaca, sofa dengan material yang lebih tebal, lampu baca di lantai atau meja, dan sofa dengan kaki lebih tinggi. Semua perabot yang memberi kesan modern bisa Anda perhitungkan lagi sehingga sesuai untuk model ruang tamu ukuran 3×3.

  • Konsep minimalis dan klasik

Jika Anda ingin memadukan gaya ruang tamu yang unik maka bisa memilih tema minimalis dan klasik. Memang dua konsep ini cukup menarik perhatian tapi Anda harus mempertimbangkan juga dengan anggaran. Konsep klasik selalu identik dengan perabot yang unik, perabot dari masa lalu namun tetap bisa digunakan dengan nyaman. Benda-benda seperti ini sering dibuat dari benda kuno yang kemudian diperbarui lagi. Misalnya dengan meja kayu, kursi rotan dengan bantalan duduk dan karpet kuno. Dengan langkah ini maka konsep ruang tamu benar-benar sangat cantik.

  • Konsep studio

Anda juga bisa menerapkan konsep studio dimana konsep ini bisa digunakan untuk rumah tinggal atau apartemen. Caranya adalah menempatkan perabot sebaik mungkin dengan sudut pandang ruang tamu yang lebih luas. Misalnya meja kecil di tengah ruang tamu, sofa yang sangat dekat dengan dinding, karpet yang mengelilingi meja kopi, dan aksen lampu tinggi. Kemudian Anda juga perlu memasang benda menonjol di dinding misalnya poster.

Itulah semua cara menata ruang tamu ukuran 3×3 agar indah dan rapi. Anda tidak perlu lagi bersedih karena ruang tamu yang kecil. Dengan menerapkan beberapa ide tersebut maka ruang tamu menjadi sangat nyaman dan luas.

, ,



Oleh :
Kategori : Ruang Tamu