Sponsors Link

10 Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga Agar Menarik

ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Memiliki rumah yang rapi tentu sangat menyenangkan. Selain itu rumah yang rapi dipercaya mendatangkan rejeki yang lebih lancar. Sementara itu rumah yang kotor dan kurang rapi pasti kurang menyenangkan dan membuat tidak betah tinggal di rumah. Ukuran dan model rumah bisa mempengaruhi desain interior dalam rumah. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat tampilan dalam dan luar rumah nyaman dipandang.

Termasuk jika Anda memiliki desain rumah minimalis sehingga sulit untuk bisa menata ruang sesuai keperluannya. Misalnya saja karena ukuran yang kurang luas maka Anda menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga. Sementara jika dilihat dari fungsinya maka ruang tamu bersifat resmin. Anda akan menerima tamu di sini dan penguhuni rumah lain sebaiknya tidak merasa terganggu. Namun jika ukuran kurang luas maka menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga bisa jadi ide yang tepat. Hanya saja Anda harus pintar dalam mengatur ruangan. Anda tidak perlu bingung dan ikuti cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga agar menarik.

  • Beri pembatas

Jika Anda memiliki ukuran ruang tamu yang lebih luas namun desain tidak dibuat untuk ruang keluarga juga, maka cobalah memberi pembatas. Pembatas bisa berupa kabinet dari rotan atau kayu dengan aplikasi sedemikian rupa. Terapkan pembatas mulai dari setelah kursi atau sofa. Pertimbangkan agar ruangan tetap nyaman sehingga ketika ada tamu maka tidak akan mengganggu keluarga yang lain. Memang cara ini masih ada kelemahan karena pasti tamu juga penasaran dengan dalam rumah Anda. Atau Anda bisa menerapkan model desain ruang tamu minimalis.

  • Pilih sofa yang tepat

Kemudian meskipun itu menjadi ruang tamu sekaligus ruang keluarga maka Anda bisa memilih sofa yang tepat. Model sofa bisa ditentukan sesuai dengan ukuran ruang tamu dan ruang keluarga. Jika Anda menerapkan dua fungsi untuk satu ruangan ini maka pilih sofa yang bisa digunakan untuk tamu dan keluarga. Pastikan Anda menerapkan cara menata ruang tamu sesuai dengan konsep, apakah itu mewah, sederhana, minimalis atau klasik.

  • Letakkan meja kopi

Meja kopi sangat identik dengan ruang tamu. Tapi itu juga mengesankan ruang yang hangat dan nyaman untuk keluarga. Jadi ketika Anda sudah menemukan sofa maka tidak harus selalu menggunakan meja yang sama dengan model sofa. Anda bisa memilih model seperti meja kayu dengan potongan kaki yang rendah. Kesan hidup dan klasik pada ruang tamu seperti ini cocok juga untuk ruang keluarga.

  • Letakkan TV

Salah satu hal yang sangat identik dengan ruang keluarga adalah TV. TV sangat baik untuk menunjukkan pada tamu bahwa ruangan ini santai untuk menerima tamu. Anda bisa memilih model TV yang dipasang pada tembok. Memang kelemahan model ini adalah jika ada anak-anak yang menonton TV maka sulit diminta pindah sementara tamu akan datang. Jadi Anda bisa mempertimbangkan kelemahan ini ketika melihat lagi fungsi ruang tamu yang bersatu dengan ruang keluarga.

  • Model ruang tamu tanpa sofa

Model yang lain adalah dengan membuat ruang tamu tidak sama dengan yang biasanya. Jika ruangan cukup sempit maka Anda bisa memilih konsep ruang tamu yang tidak menggunakan sofa. Cara ini bisa dialihkan dengan memasang karpet tebal. Kemudian beri bantal duduk yang nyaman sehingga sesuai untuk duduk baik itu bersama keluarga atau tamu. Pasang juga meja kopi yang kecil sehingga bisa bermanfaat saat ada tamu. Langkah ini akan menjadi cara menata rumah  yang kecil namun berkesan.

  • Pilih warna yang tepat

Nuansa warna untuk ruang tamu dan ruang keluarga harus dibuat dengan nyaman dan sesuai dengan tujuan. Anda bisa memilih warna yang formal namun tidak terlalu mencolok. Misalnya seperti kuning pucat, biru cerah, putih, warna pastel dan bahkan abu-abu muda. Semua warna ini bisa dikombinasikan dengan ornamen perabot dalam ruang tamu baik itu sofa, meja kopi, dan gorden.

  • Pencahayaan yang tepat

Selain itu Anda juga harus memikirkan pencahayaan yang tepat. Langkah ini sangat tepat untuk membantu agar tamu bisa tahu jika ruangan itu juga digunakan untuk ruang keluarga. Model lampu bisa dibuat menggantung di atas seperti khusus untuk ruang tamu. Kemudian terapkan lampu dinding sehingga ketika tidak ada tamu maka bisa menyalakan lampu dinding dan menambah kesan hangat pada ruang keluarga.

  • Hiasan pada dinding utama

Jika Anda menerapkan konsep ruang tamu dan ruang keluarga maka Anda bisa menambahkan hiasan dinding. Hiasan yang bisa dipilih seperti lukisan, poster seni, patung dinding, foto dan berbagai hiasan lain. Dengan cara ini maka Anda bisa tahu bahwa hiasan pada dinding menjadi simbol kehangatan keluarga. Anda juga bisa menerapkan konsep hiasan yang lain misalnya wallpaper pada salah satu sisi dinding utama.

  • Konsep warna lantai dan dinding

Jika Anda ingin memberi sentuhan ceria untuk ruang tamu dan ruang keluarga maka Anda bisa memberi banyak warna. Anda bisa memilih model sofa dengan kombinasi dua atau tiga warna sekaligus. Kemudian pilih juga sarung bantal di sofa dengan warna yang kontras. Mainkan warna untuk bagian karpet dan lantai seperti kombinasi lantai kayu dan karpet dengan warna alami. Cara ini akan membuat kesan ruang tamu dan ruang keluarga yang sangat nyaman.

  • Akses jendela kaca

Cara yang lain adalah dengan menerapkan konsep jendela kaca dengan ukuran yang tinggi dan besar. Tentu dengan konsep ini maka ruangan pertama yang dimasuki adalah ruang tamu. Tapi keuntungan lainnya adalah bahwa ruangan model ini bisa digunakan untuk ruang keluarga. tambahkan gorden dengan aksen yang tidak terlalu mewah. Pilih juga sofa dengan potongan rendah yang nyaman.

Inilah semua cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga agar menarik. Anda bisa menerapkan salah satu konsep yang menarik untuk rumah Anda sehingga rumah terlihat rapi meskipun berukuran kecil atau luas.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Ruang Tamu