Pertanda Banyak Semut Merah Di Rumah Menurut Islam

Di dalam agama Islam sendiri, semut ternyata menempati posisi yang spesial loh. Meskipun hewan ini relatif kecil dan seringkali tidak kita perhatikan, namun dalam Islam kita seringkali didorong untuk banyak mencontoh perilaku semut.

Bahkan karena pentingnya hewan ini, Allah SWT menuliskan tentang semut dalam Surat An-Naml. Seringkali semut ini muncul dalam kisah Nabi. Sudah pasti hewan satu ini bukan hewan sembarangan ya readers. Muslim juga dilarang untuk mengusir semut dengan jalan dibakar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Muslim sebelum mengusir semut dari rumah.

Semut bahkan secara ilmiah termasuk dalam golongan binatang cerdas. Acapkali kita melihat semut yang menempuh jarak jauh untuk memperoleh makanan, dan bagaimana mereka dapat membangun sarang, membagi pekerjaan, serta mengangkut beban yang berkali-kali lipat lebih berat dari bobot tubuhnya. Bahkan dalam Islam, terdapat satu ayat yang menjabarkan kecerdasan dari semut itu sendiri, sebagaimana yang tertulis dalam ayat berikut ini :

“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, ‘Hai semut-semut masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak Sulaiman dan tentara-tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.'”

(QS. An-Naml – 18)

Well, back to the topic ya ternyata ada juga loh yang menganggap pertanda banyak semut merah di rumah menurut Islam, yang perlu kita ketahui. Pernah gak sih, rumah anda secara tiba-tiba didatangi oleh sekumpulan semut khususnya semut merah? Bahkan setelah anda cari-cari sumbernya anda tidak menemukan darimana asalnya semut ini dan apa yang membuat mereka datang ke rumah anda. Penyebab banyak semut di rumah sendiri beragam, namun sebagian besar disebabkan oleh banyaknya makanan.

Yuk, kita simak lebih lanjut, apakah pertanda banyak semut merah di rumah menurut Islam dan arti banyak semut merah di kamar ini cukup berbahaya atau malah sebaliknya. Nah, yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah, meskipun keberadaan semut merah tersebut mungkin bagi kita cukup menganggu dan menyulitkan, tapi Allah SWT dan juga Nabi sangat melarang kita untuk mengusir semut dengan membunuhnya loh, apalagi kalau sampai membakar sarangnya.

Menurut aturan atau perintah sendiri, kita didorong untuk mengusir semut dengan cara menghalaunya, dan bukan membunuhnya. Jangan menggunakan racun serangga, atau juga menginjak semut untuk menghilangkan mereka. Dalam Islam kita diminta untuk menghalau semut tersebut, dan semut itu akan perlahan-lahan menghilang dari rumah anda. Namun ada juga anggapan yang memperbolehkan untuk membunuh semut merah terlebih jika dirasa sangat-sangat mengganggu. Kenali pula cara agar rumah bebas dari semut yang cukup ampuh anda terapkan di rumah.

Well, ada juga yang menyampaikan pendapat, jika semut merupakan hewan yang sangat spesial. Dan termasuk ke dalam hewan-hewan dalam Islam yang tidak diperbolehkan untuk dibunuh. Maka ketika rumah anda tiba-tiba didatangi oleh semut merah, mungkin saja hal tersebut merupakan pertanda datangnya rezeki dan lain sebagainya. Yah, kembali lagi bahwa hal tersebut bersifat kepercayaan, dan jangan sampai membuat anda malah berperilaku Syirik ya. Untuk hal ini lebih baik hanya dianggap sebagai angin lalu saja readers.

Namun jika melihat dari faktor ilmiah atau logika semut biasanya datang karena di daerah tersebut banyak makanan atau sumber nutrisi. Well make sense kan kalo dibilang ada rezeki? Itu pertanda di rumah anda ada banyak makanan? Hehehe

Semut memang bisa menempuh perjalanan yang sangat jauh, terlebih jika dibandingkan dengan manusia, hanya untuk mencari makan. Bisa jadi nih, semut-semut ini mencium bau makanan dari rumah anda.

Terkadang kedatangan semut-semut merah ini juga merupakan pertanda bahwa rumah anda lembab, dan sirkulasi udara di dalamnya kurang lancar. Alhasil, semut mendatangi rumah anda, karena tempat anda dirasa cukup nyaman dan bisa dijadikan sarang untuk mereka. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang tepat bagi semut untuk dapat berkembang biak.

Pada dasarnya untuk mengusir semut tidak dibutuhkan cara-cara yang rumit bahkan cenderung sederhana sama halnya dengan cara membasmi nyamuk dan cara membasmi semut api yang bisa anda lakukan kapan saja. Jika anda sudah merasa terganggu, dan merasa bahwa semut tersebut sudah mulai berdampak negatif di rumah anda, silahkan coba beberapa cara berikut :

1. Taburkan tepung di daerah sekitar semut berkumpul

Tepung dapat digunakan untuk mengusir semut loh readers. Terdengar aneh, tapi anda dapat mencobanya di rumah dengan menaburkan bubuk tepung, di sekitar jalur atau sarang semut. Umumnya mereka akan kesulitan melalaui daerah tersebut.

2. Gunakan air lemon

Anda bisa menggunakan air perasan lemon untuk mengusir semut, karena pada dasarnya semut tidak menyukai bau asam yang keluar dari buah lemon. Cukup campurkan perasan atau jus lemon dengan air kemudian masukan ke dalam sebuah botol spray. Semprotkan di beberapa bagian rumah yang sekiranya sering didatangi oleh semut.

3. Gunakan daun sirih

Sepertinya daun satu ini memang sudah terkenal turun temurun untuk digunakan dalam berbagai keperluan warga lokal. Ntah untuk obat atau mungkin yang paling anda sering lihat adalah untuk menguatkan gigi dengan mengunyah daun sirih. Namun ternyata daun sirih juga cukup ampuh loh untuk digunakan mengusir semut di berbagai tempat di rumah anda. Caranya juga sangat mudah, karena anda hanya perlu meletakkan daun sirih di spot-spot dimana semut sering ditemukan.

4. Menggunakan kapur khusus untuk mengusir serangga

Yang satu ini anda dapat temukan di beberapa tempat. Kapur yang dapat digunakan untuk mengusir semut atau kecoa ini juga cukup ampuh loh readers. Cara penggunaannya juga sangat mudah karena semut biasanya tidak akan melalui daerah yang sudah di garis oleh kapur tersebut.

Pada dasarnya mengusir semut tidaklah sulit ada banyak cara membasmi semut di rumah lainnya yang mudah diterapkan. Dan jika anda beragama Islam atau seorang muslim, mengusir dengan cara menghalau tanpa membunuh apalagi menginjak semut sangat disarankan.