Sponsors Link

18 Cara Membasmi Nyamuk Secara Alami Paling Ampuh (#Terbukti)

Cara membasmi nyamuk memang gampang-gampang susah. Nyamuk bisa juga disebut sebagai hewan pengganggu atau pun hama yang seringkali merugikan bagi manusia, karena keberadaannya akan membawa penyakit. Walaupun sudah dibasmi secara rutin, nyamuk akan muncul lagi dan lagi. Hal ini adalah akibat dari nyamuk yang sangat mudah untuk berkembang biak.

ads

Baca juga :

Cara Membasmi Nyamuk

cara membasmi nyamukMudahnya nyamuk berkembang biak menjadikan nyamuk sangat mudah ditemukan karena memang berkeliaran dimana-mana. Apalagi jika lingkungan sekitar tempat tinggal yang kotor dan tidak diperhatikan, pasti akan membuat nyamuk nyaman untuk bermukim.

Selokan yang mampet merupakan tempat paling disukai oleh nyamuk dan menjadi salah satu tempat yang sangat berpeluang untuk berkembang biak. (baca juga : tips memilih wallpaper untuk kamar tidur)

Selain itu sampah-sampah yang berserakan dan tidak ada yang peduli juga menjadi tempat favorit untuk berkembang biak. Apalagi saat musim hujan tiba, air hujan yang menggenang pada sampah-sampah plastik yang berserakan di mana-mana akan dijadikan salah satu tempat untuk membantu nyamuk untuk mempercepat perkembangbiakannya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membasmi nyamuk. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : tips memilih antena tv)

Berikut beberapa cara yang dapat anda jadikan sebagai referensi untu membasmi nyamuk, penjelasannya sebagai berikut :

1. Bersihkan Lingkungan Sekitar

Kebersihan adalah menjadi kunci utama untuk memberantas dan memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Meskipun tidak 100 persen hilang, setidaknya sebagian besar nyamuk yang ada akan musnah. Jangan biarkan saluran pembuangan di sekitar rumah anda tidak mengalir dengan baik (mampet), hal ini akan mendukung perkembangbiakan nyamuk dengan cepat. (baca juga : tips memilih wallpaper dinding pada ruang tamu

Jika ada sampah-sampah plastik yang berserakan dimana-mana, segera bersihkan (kubur atau bakar). Karena apabila dibiarkan saja, ketika hujan tiba, pasti terdapat genangan air di plastik yang bisa mengundang nyamuk untuk datang dan akhirnya bersarang disitu. (baca juga : tips memilih freezer)

Selanjutnya jangan lupa bersihkan seluruh area dalam rumah anda secara rutin pagi dan sore. Perhatikan bagian-bagian yang menjadi tempat favorite nyamuk seperti contohnya kolong meja, kolong lemari, tirai dan lain sebagainya. Jika anda mempunyai taman di area rumah, maka anda wajib merapikannya secara teratur, bersihkan daun-daun kering yang berjatuhan, rapikan rumput yang mulai panjang. Hal tersebut juga akan mengurangi keberadaan nyamuk di area rumah anda. (baca juga : tips memilih keramik kamar mandi)

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain digunakan sebagai obat oles yang ampuh menyembuhkan bekas gigitan nyamuk atau pun gatal-gatal, minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membasmi nyamuk. Karena aroma minyak kayu putih memang tidak disukai oleh nyamuk, jadi manfaatkanlah untuk mengusirnya. (baca juga : tips memilih rumah di perumahan)

Cara pembuatannya pun cukup mudah, siapkan botol penyemprot yang sudah tidak terpakai, jangan lupa bersihkan dulu. Masukkan air kira-kira setengah botol saja, agar mudah saat melakukan pengocokan. Selanjutnya masukkan beberapa tetes minyak kayu putih sampai baunya tercium. Jangan lupa lakukan pengocokan agar cairan tercampur secara merata. Nah sekarang siap untuk digunakan, anda cukup melakukan penyemprotan di seluruh area sudut rumah anda. Dijamin nyamuk akan kabur semua. (baca juga : tips memilih rice cooker)

3. Menggunakan Minyak Lavender Dan Ragi

minyak lavenderLavender merupakan bahan yang tidak asing lagi dan sering digunakan untuk campuran bahan pembuat obat nyamuk bakar, semprot, dan juga lotion. Nah jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa kok. Selain bisa anda gunakan sebagai aroma terapi dan membuat ruangan menjadi harum, bisa juga anda gunakan untuk mengusir nyamuk tentunya. (baca juga : tips memilih furniture)

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membeli minyak lavender dan ragi terlebih dahulu. Tenang saja, harga minyak lavender dan ragi sangat terjangkau. Jika bahan semua sudah siap, anda bisa menuangkan air ke dalam sebuah toples kecil atau gelas kecil yang sudah tidak terpakai. Masukkan air kira-kira 10 persen saja dari total ruang yang ada di toples atau gelas. (baca juga : tips memilih gorden)

Kemudian masukkan minyak lavender dan ragi. Jangan lupa aduk-aduk, agar bahan bisa tercampur secara merata. Nah sekarang sudah siap anda gunakan. Letakkan toples atau gelas pada tempat yang sering digunakan nyamuk untuk bersarang. (baca juga : tips memilih kompor gas)

4. Menggunakan Warna Kuning Atau Orange

Warna kuning atau pun orange merupakan warna yang cenderung tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa memanfaatkan kedua warna ini untuk beberapa dekorasi ruangan rumah anda. Gorden merupakan salah satu tempat yang disukai oleh nyamuk untuk sembunyi. Mungkin anda bisa memakai gorden yang mempunyai motif warna-warna tersebut. Walaupun tidak 100 persen, warna kombinasipun tidak masalah. (baca juga : tips memilih kasur)

5. Menggunakan Daun Serai

Daun serai yang biasanya digunakan untuk tambahan bumbu saat memasak, kini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Pembuatannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan serai dengan blender dan tambahkan sedikit air. Kemudia anda bisa menyaringnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam botol semprot yang tidak terpakai. Selanjutnya anda bisa melakukan penyemprotan di seluruh area rumah anda. (baca juga : tips memilih keramik)

6. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk memang sering digunakan sebagai bahan campuran untuk obat nyamuk bakar, semprot dan juga lotion. Nah, kali ini anda bisa membuatnya dengan alami di rumah. Keringkan terlebih dahulu di baah terik sinar matahari. Jika sudah kering anda bisa menggunakannya dengan cara meletakkan di berbagai sudut rumah anda. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, kulit jeruk kering ini juga akan menghasilkan aroma yang segar dari jeruk. (baca juga : tips memilih rumah di perumahan)

7. Menggunakan Bunga

Nyamuk juga sangat tidak suka dengan jenis-jenis bunga tertentu karena aroma yang dihasilkannya. Seperti contohnya bunga krisan, rosemary, geramary dan lain sebagainya. Cobalah anda menanam bunga-bunga tersebut di halaman rumah anda. Dengan adanya bunga-bunga tersebut di area rumah anda, nyamuk jadi tidak berani mendekat ke dalam area rumah anda. (baca juga : tips memilih rice cooker)

8. Menggunakan Buah Lemon

Lemon merupakan zat yang terkenal sebagai antiseptik dan tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Anda bisa memanfaatkan lemon untuk membuat bahan pengusir nyamuk dirumah. Peraslah lemon beberapa buah, kemudian masukkan perasan tersebut ke botol penyemprot. Tambahkan air secukupnya dan jangan lupa lakukan pengocokan agar cairan merata. Proses terakhir anda bisa menyemprotkannya di seluaruh area rumah anda. (baca juga : tips memilih furniture)

9. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai aroma yang menyengat dan tajam. Nah, aroma yang seperti ini yang tidak disukai oleh nyamuk. Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi seperti ini. Buatlah bahan pengusir alami dengan bawang putih sendiri di rumah. Pertama anda cukup melakukan perebusan beberapa siung bawah putih yang sudah dikupas. Tunggu beberapa saat dan dinginkan terlebih dahulu. Masukkan air hasil rebusan tersebut ke dalam botol penyemprot. Nah, sekarang anda sudah bisa mengaplikasikannya di rumah. (baca juga : tips memilih gorden)

10. Menggunakan Bubuk Kopi Untuk Membasmi Telur Nyamuk

bubuk kopiBubuk kopi merupakan bahan favorite yang sering dibuat minuman untuk menemani waktu santai kita di rumah. Kini bubuk kopi bisa juga digunakan untuk bahan pengusir nyamuk. Anda bisa mencobanya di rumah dengan sangat mudah. Karena bubuk kopi adalah bahan yang mudah untuk didapatkan.

Taburkan bubuk kopi di sekitar rumah anda yang sering terdapat genangan air. Interaksi antara bubuk kopi dan air akan menimbulkan telur-telur nyamuk bergerak naik ke permukaan air. Hal ini akan membuat telur nyamuk kekurangan oksigen dan membuatnya sulit untuk menetas. (baca juga : tips memilih kompor gas)


11. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus terkenal dengan baunya yang cukup menyengat dan hal ini juga termasuk yang tidak disukai oleh nyamuk. Kapur barus bisa anda gunakan dan buat di rumah. Pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Siapkan gelas yang berisi air dan kemudian haluskan kapur barus terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan serbuk kapur barus ke dalam gelas. Letakkan gelas tersebut di beberapa sudut ruangan rumah anda. (baca juga : tips memilih keramik)

12. Menggunakan Raket Listrik Pembasmi Nyamuk

Raket pengusir nyamuk sudah tidak asing lagi di masyarakat pada umumnya. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menggerak-gerakkan nya di area yang sering digunakan sebagai tempat nyamuk bersembunyi dan bermukim. Cobalah di area kolong-kolong meja, kursi dan lain sebagainya. Pada tempat tersebut, anda pasti akan mendapatkan banyak nyamuk buruan anda itu. (baca juga : tips memilih tv)

13. Peliharalah Ikan Di Kolam Atau Di Akuarium

Ikan merupakan hewan yang sangat suka dengan nyamuk yang dijadikan santapan nikmat olehnya. Dengan memelihara ikan di rumah, jumlah nyamuk yang ada dan berkeliaran di rumah anda akan sedikit berkurang. Nyamuk jika melihat air akan sangat senang, karena akan mereka gunakan sebagai tempat bersarang. Nah kondisi seperti ini bisa anda manfaatkan. Dengan adanya ikan, maka nyamuk yang mendekat di area air akan menjadi santapan bagi ikan. (baca juga : tips memilih mesin cuci)

14. Menggunakan Plastik Dan Diolesi Dengan Minyak Goreng

Cara membasmi nyamuk selanjutnya adalah Menggunakan Plastik Dan Diolesi Dengan Minyak Goreng. Cara ini sering saya gunakan di rumah dalam upaya membasmi nyamuk atau pun serangga lain seperti laron. Siapkan plastik bening yang sering digunakan untuk membuat es batu. Kemudian tiup sampai mengembang. Ikat ujungnya dengan menggunakan karet. Pasang tali di bagian yang diikat tadi. Oleskan minyak goreng pada bagian seluruh permukaan plastik. Gantungkan pada bagian sudut rumah anda. Keesokan harinya anda akan melihat hasilnya, banyak nyamuk yang menempel dan terperangkap. (baca juga : tips memilih lampu rumah)

15. Menggunakan Gula Merah Yang Sudah Dicairkan

Rebus gula merah dengan menggunakan air sampai menghasilkan cairan gula merah. Siapkan botol plastik bekas dan potong menjadi 2 bagian yakni bagian corong dan bagian bawah botol. Masukkan bagian corong dalam keadaan terbalik ke bagian bawah botol tadi yang sudah diisi dengan cairan gula merah. Bungkus bagian samping botol tersebut dengan plastik hitam. Letakkan di bagian sudut rumah yang gelap. Keesokan harinya akan banyak nyamuk yang terperangkap di botol tersebut. Untuk menghindari datangnya semut, alasi botol tersebut dengan piring yang sudah diberi air. (baca juga : tutorial penulisan artikel)


16. Menggunakan Lilin Aroma Terapi

Cara ini juga sangat mudah untuk anda praktekkan di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan lilin dan bunga geranium. Rebus lilin di dalam wadah sampai mencair. Masukkan bunga-bunga yang sudah diremas-remas ataupun dalam keadaan utuh ke dalam gelas kecil yang sudah tidak terpakai. Masukkan cairan lilin ke gelas dan beri sumbu. Tunggu hingga lilin mengeras. Kemudian anda bisa manfatkan lilin ini pada saat mati lampu untuk mencegah datangnya nyamuk. (baca juga : penyerap lembab ruangan)

17. Menggunakan Bunga Peppermint

bunga papermintBunga peppermint merupakan salah satu bunga yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi sebaiknya anda manfaatkan kondisi seperti ini. Buatlah cairan penyemprot nyamuk dengan menggunakan bunga peppermint.

Cukup anda rebus beberapa bunga peppermint dengan menggunakan air dan dinginkan. Masukkan cairan tersebut ke dalam botol penyemprot. Nah, sekarang anda bisa menggunakannya.

Baca Juga :

18. Melakukan Pengasapan

Apabila cara-cara sebelumnya sudah anda coba namun belum efektif, anda bisa memanggil petugas pengasapan untuk melakukan pengasapan di lingkungan rumah anda. Pengasapan adalah cara yang cukup ampuh digunakan untuk membasmi nyamuk. Cara ini sering digunakan pada lingkungan yang terindikasi sebagai sarang nyamuk.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa beberapa cara di atas bisa anda jadikan sebagai referensi untuk anda dalam upaya mengusir dan membasmi nyamuk di lingkungan rumah anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara membasmi nyamuk. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




, , , , , ,
Oleh :
Kategori : PEST