Sponsors Link

6 Arti Banyak Semut Merah di Kamar Tidur dan Cara Mengusirnya

Apakah Anda pernah bertemu dengan semut merah? Komunitas semut merah biasanya banyak ditemukan di tanah atau dekat dengan akar pohon berukuran besar. Tapi terkadang semut merah juga masuk ke rumah untuk mencari makanan. Secara tidak sengaja jika Anda menginjak atau mengusik semut merah maka semut marah. Semut akan menancapkan gigi kecil dan tajamnya ke kulit dan masuk ke lapisan bawah kulit. Dalam waktu sekejap Anda akan merasakan sakit yang sangat perih sebagai tanda racun semut sudah masuk ke dalam kulit Anda.

Dalam bahasa Jawa biasanya semut merah juga disebut semut geni atau semut api. Hal ini karena racun alkaloid yang dimasukkan oleh semut menyebabkan rasa panas seperti terbakar api. Bekas gigitan biasanya akan langsung menjadi merah dan bengkak. Jika orang yang digigit mengalami alergi maka bisa sangat berbahaya.

Masalahnya terkadang jenis semut ini masuk ke dalam rumah dan ke kamar. Karena ini bukan habitatnya maka bisa menjadi hal yang sangat aneh. Lalu apa arti banyak semut merah di kamar tidur? Berikut ini penjelasannya.

1. Kamar Habitat Nyaman untuk Semut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa semut merah biasanya menyukai tanah, celah tanah, dekat dengan pohon dan tempat perlindungan lain. Sebenarnya cukup mustahil ada banyak semut merah di kamar dalam waktu bersamaan. Kecuali hanya ada satu atau dua saja. Hal ini menjadi tanda bahwa semut menemukan habitat yang sangat nyaman di kamar Anda. Mungkin saja ada celah di balik keramik lantai atau di tembok. Jadi cobalah untuk menemukan darimana semut itu berasal. Jadi lihat dulu penyebab banyak semut di rumah sebelum Anda mengusir atau membunuh semut merah itu.

2. Ada Sumber Makanan

Semut merah akan berjalan jauh untuk menemukan sumber makanan. Inilah salah satu kelebihan semut bahwa mereka akan mencari makan meskipun sangat jauh. Kemudian akan membawa kembali makanan tersebut ke sarang atau tempat persembunyiannya. Jadi pastinya semut merah hanya mencari makanan dan mungkin mencium aroma makanan di kamar Anda. Jadi cobalah untuk memperhatikan lagi mengenai cara menjaga kebersihan rumah sehingga kamar tidur bersih dari semut merah.

3. Kamar Dekat Pohon Besar

Kemungkinan semut merah masuk ke dalam kamar secara tidak sengaja. Semut hanya berjalan jauh untuk menjelajahi tempat yang ada makanannya. Terlebih jika di dekat kamar tidur Anda dekat dengan pohon besar. Masalah ini paling sering terjadi pada kamar tidur yang langsung terhubung ke taman. Memang model kamar seperti ini sangat nyaman tapi juga tidak menyenangkan ketika banyak serangga yang masuk ke kamar. Jadi sebelum itu maka pilih dulu pohon rindang untuk rumah minimalis dengan akar minimalis sehingga tidak digunakan sebagai sarang semut.

4. Kamar Lembab dan Kurang Udara

Salah satu kelebihan semut merah adalah bahwa mereka bisa menyesuaikan dengan tingkat kelembapan dan udara di lingkungan mereka. Nah jika ada banyak semut merah di kamar Anda kemungkinan sirkulasi udara di ruangan kamar Anda kurang baik. Misalnya jendela kamar yang jarang dibuka, tidak ada udara yang masuk ke kamar dan kamar yang lebih pengap. Jika sudah seperti itu maka cobalah menggunakan ventilasi, karena banyak sekali fungsi ventilasi rumah.

5. Semut Membentu Koloni di Kamar

Semut sebenarnya memiliki kerajaan yang cukup besar. Setiap kerajaan dipimpin oleh ratu yang berkuasa. Kemudian anak buah ratu seperti semut merah dengan ukuran yang kecil akan mencari makan dan keluar dari sarang. Jika jumlah semut di kamar sangat banyak maka Anda harus curiga. Bisa jadi semut tersebut membentuk koloni dan membuat sarang. Anda harus membuka semua perabot di kamar dan bersihkan. Jangan sampai semut masuk ke perabot dengan celah-celah kecil seperti tempat tidur.

6. Mitos Akan Mendapatkan Rejeki

Ada sebuah mitos bahwa ketika rumah Anda dikunjungi banyak semut maka itu menjadi pertanda bahwa pemilik rumah akan mendapatkan rejeki besar. Namun semua ini hanya mitos yang bisa dipercaya dan tidak dipercaya. Banyak yang menyatakan bahwa sebenarnya semut yang mau datang ke rumah Anda sudah menempuh perjalanan jauh. Jadi inilah yang menghubungkan dengan kepercayaan tersebut bahwa semut membawa kabar rejeki. Tapi semua ini hanya mitos jadi Anda bisa percaya dan tidak.

Cara Mengusir Semut Merah

1. Jangan Membunuh Semut

Jika ada semut merah di kamar Anda maka Anda sebaiknya tidak membunuh semut. Semut ini bekerja untuk mencari makan dan mereka tidak akan menggigit kecuali merasa terancam. Jadi ketika ada semut merah maka cobalah untuk mengusir semut. Jangan sampai membakar semut atau bahkan sarang semut. Jika Anda membakar semut maka koloni semut lain akan marah dan bisa menyerang rumah Anda. Jadi lebih baik untuk mengusir semut saja.

2. Bersihkan Kamar Anda Secara Rutin

Kemudian Anda perlu membersihkan kamar secara rutin. Jangan membiasakan membawa makanan ke dalam kamar. Remah makanan yang jatuh biasanya akan mengundang semut. Ada baiknya kamar di sapu dan di pel setiap hari. Celah-celah kecil di antara perabot juga harus dibersihkan sehingga tidak digunakan sebagai sarang semut. Inilah pentingnya memiliki alat kebersihan rumah yang lengkap.

3. Membuka Jendela Kamar

Semut menyukai udara yang pengap sebagai tempat untuk bersembunyi. Karena itu Anda perlu membuat kamar penuh dengan udara dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika ada jendela maka buka jendela kamar secara teratur terutama saat pagi dan siang hari agar kamar penuh dengan udara segar.

4. Jauhkan Pohon dari Kamar

Jika Anda memiliki beberapa koleksi bunga dalam pot atau pohon dekat kamar maka cobalah untuk memangkas atau memindahnya. Termasuk jika Anda memiliki taman yang dekat dengan kamar. Cobalah untuk memilih bunga-bunga yang sesuai dan tidak mengundang banyak serangga. Misalnya saja seperti  bunga dalam pot gantung.

Ternyata itulah beberapa arti banyak semut merah di kamar tidur. Hal yang sangat penting adalah jangan sampai membunuh semut dan lebih baik mengusirnya dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

, , , ,



Oleh :
Kategori : PEST