Sponsors Link

Arti Rumah Banyak Cicaknya dan Akibatnya

Cicak menjadi hewan yang sangat umum dan hampir ditemukan di setiap bangunan. Cicak akan mencari makanan atau remah-remah yang jatuh di rumah sehingga mereka sering masuk ke rumah yang berpenghuni. Namun ketika rumah Anda banyak cicaknya maka sebaiknya harus waspada. Anda harus memperhatikan penyebab banyak cicak dirumah sehingga bisa mengenyahkan cicak.

Namun ternyata ketika rumah dihuni banyak cicak maka bisa memberi arti yang kurang bagus untuk rumah tersebut. Bahkan juga sangat berbahaya untuk semua penghuni rumah. Karena itu dalam Islam sebaiknya cicak dibunuh ketika terlihat. Nah apa saja arti rumah banyak cicaknya dan akibatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Membawa Sihir

Ketika rumah memiliki banyak cicak maka disarankan untuk melakukan cara membasmi cicak dengan berbagai langkah. Hal ini karena cicak dianggap sebagai salah satu hewan pembawa sihir. Dalam ajaran Islam cicak dianggap sebagai pembawa sihir yang bisa membuat rumah berada dalam kondisi tidak nyaman. Sesuai dengan riwayat Rasulullah SAW bahwa ketika bertemu cicak maka sebaiknya dibunuh.

2. Cicak Memiliki Sifat Munafik

Keburukan dari cicak bahwa cicak dianggap sebagai hewan yang memiliki sifat khianat atau munafik. Sesuai dengan hadist Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Salam bahwa ketika Ibrahim dilemparkan ke dalam api maka semua hewan melata berusaha memadamkannya, kecuali cicak. Karena sesungguhnya cicak itu mengembus-embus api yang membakar Ibrahim.” Jadi bisa disimpulkan bahwa cicak sungguh hewan yang sangat jahat.  Jadi ketika melihat cicak di plafon maka segera lakukan cara mengusir cicak di plafon rumah.

3. Cicak Membawa  Banyak Penyakit

Cicak juga menjadi sumber penyakit untuk manusia. Hal ini karena cicak berjalan ke semua tempat baik itu tempat yang sangat kotor dan bersih. Karena itu tubuh cicak mengandung sumber penyakit berupa E Coli. Bakteri ini bisa menyebabkan sakit perut dan keracunan. Nah jika cecak mencari makan dan menempelkan sumber penyakit ke makanan maka itu sangat berbahaya untuk manusia. Sebaiknya Anda harus segera membuang makanan tersebut dan mencuci tempatnya sampai bersih sehingga aman digunakan lagi. Dan jangan lupa melakukan cara menjaga kebersihan rumah sehingga rumah tidak digunakan untuk sarang cicak.

4. Cicak Bersifat Najis

Ternyata cicak juga memiliki sifat najis sehingga ini sangat buruk untuk penghuni rumah yang beragama Islam. Jika banyak cicak di rumah maka semua bagian rumah mungkin sudah terkena najis dari cicak. Bahkan dikatakan jika najis cicak sampai bisa menembus plastik. Kotoran cicak juga sangat berbau dan bisa merusak berbagai peralatan rumah atau elektronik. Jadi jika memang banyak cicak maka artinya rumah tersebut juga kurang sehat dan bersifat najis. Dan dengan beberapa pertimbangan ini maka hilangkan cicak dari rumah dengan berbagai cara termasuk dengan cara membasmi kecoa di rumah.

Akibat Rumah Banyak Cicak

1. Penyebaran Infeksi E.Coli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cicak penuh dengan bakteri E.Colli. Ketika cicak merayap ke makanan, buah, sayuran dan bahkan minum dari cangkir Anda maka potensi penyebaran infeksi akan sangat besar. Penyebaran penyakit infeksi akibat E.colli bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut dan diare yang sangat parah. Karena itu jika di rumah banyak cicaknya maka perhatikan dengan kebersihan makanan dan bahan makanan. Cuci semua buah dan sayuran yang akan dimakan atau dimasak. Dan lebih baik untuk membasmi cicak.

2. Kotoran Cicak Dimana Saja

Cicak yang senang merayap di dinding dan langit-langit rumah juga  biasanya membuang kotoran darimana saja. Kotoran dan air kencing cicak sangat berbau dan berbahaya. Terlebih jika kotoran atau air kencing cicak masuk ke dalam makanan maka bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk manusia. Kotoran yang sudah mengering juga sulit untuk dihilangkan dan sangat berbau. Sehingga bersihkan rumah dari cicak agar tidak terkena kotoran cicak.

3. Rumah Tidak Bersih

Memiliki rumah yang bersih dan nyaman tentu sangat menyenangkan. Masalahnya jika rumah Anda banyak cicaknya maka rumah menjadi tidak bersih. Meskipun Anda rutin menyapu dan mengepel maka kotoran cicak ada dimana saja. Terlebih jika cicak sangat banyak dan membentuk kelompok maka mereka biasanya juga merayap di lantai. Sehingga selain rumah tidak bersih membuat rumah sangat menjijikkan.

Tips Menjaga Kebersihan Rumah dengan Banyak Cicak

Sementara menunggu waktu sampai cicak semua terusir dari rumah maka sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Segera Membersihkan Kotoran Cicak

Jika Anda melihat kotoran cicak maka segera bersihkan dengan tisu basah atau kain basah. Kemudian ulangi dengan bahan desinfektan khusus sehingga area tersebut menjadi bersih. Jika kotoran di lantai maka lakukan cara yang sama kemudian sapu dan pel lantai sampai bersih. Jika jumlah cicak sangat banyak maka Anda harus melakukan langkah ini dengan rutin.

2. Tutup Makanan dan Minuman

Cicak juga mencari makanan di sekitar kita dan termasuk langsung mengambil makanan dan minuman dari tempatnya. Untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya segera tutup makanan dan minuman agar jangan sampai dimasuki oleh cicak. Perhatikan kebiasaan ini karena cicak bisa menyebabkan infeksi E.colli penyebab sakit perut dan diare.

3. Hati-Hati Kejatuhan Cicak dari Atas

Cicak sangat suka merayap di langit-langit. Kemudian cicak akan menjatuhkan kotoran ke bawah. Terkadang kotoran cicak langsung jatuh ke makanan dan minuman. Termasuk juga jatuh mengenai badan Anda. Jika sudah seperti ini maka Anda harus segera membersihkan diri. Karena biasanya cicak juga menjatuhkan kotoran ke tubuh dan menyebabkan penyakit kulit. Ketika terkena masalah ini maka sebaiknya segera membersihkan diri.

Itulah arti rumah banyak cicaknya dan akibatnya. Ternyata cicak sangat berbahaya untuk kesehatan dan jiwa manusia. Cicak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan penyakit yang berbahaya untuk tubuh. Jadi mari menjaga kebersihan rumah agar rumah tidak banyak cicaknya.

, , ,
Oleh :
Kategori : PEST