Sponsors Link

8 Cara Menangkap Stasiun TV Korea di Indonesia Paling Mudah

Tidak dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang merasa jenuh dengan acara TV dari stasiun dalam negeri. Ada banyak alasan mulai dari siaran yang membosankan, acara yang kurang berkualitas dan juga tidak suka dengan konsep acara. Karena itu banyak orang yang mencoba mencari alternatif termasuk siaran stasiun dari luar  negeri seperti Korea. Tentu saja ini juga tidak lepas dari penyebaran budaya hallyu dari Korea.

Meskipun kita tinggal di Indonesia ternyata memang kita bisa melihat tayangan acara dari stasiun TV Korea. Korea sendiri banyak memiliki channel yang memang bisa dijangkau di luar Korea. Hanya saja semua itu terkendala dengan caranya bisa menonton acara TV Korea. Agar tidak bingung lagi maka cobalah melihat beberapa cara menangkap stasiun TV Korea di Indonesia paling mudah, seperti dibawah ini.

1. Menggunakan Parabola

Langkah pertama yang sangat umum adalah dengan menggunakan parabola. Karena jangkauan frekuensi TV Korea yang cukup jauh maka tidak mungkin bisa ditangkap dengan antena biasa. Anda bisa menggunakan parabola khusus. Dan sebelum membeli maka lihat dulu bocoran informasi tips membeli parabola agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan stasiun TV impian. Sebelum memilih maka Anda bisa bertanya mengenai fasilitas atau hasil tangkapan channel jenis parabola tersebut.

Tidak semua parabola bisa menangkap siaran tersebut sehingga harus diperhatikan. Termasuk jika Anda ingin melihat siaran dari stasiun TV SBS IN maka bisa dinikmati melalui layanan satelit Palapa D dengan sistem pay tv transvision. Keuntungan menggunakan layanan ini adalah siaran sudah dalam bentuk MPEG-4 kualitas HD. Jadi perhatikan juga receiver untuk parabola yang akan digunakan.

2. Gunakan Layanan Satelit Matrix Garuda

Jika Anda menggunakan layanan TV Matrix Garuda yang sudah terhubung dengan satelit Palapa D maka Anda juga bisa menikmati beberapa channel TV Korea. Diantaranya adalah stasiun TV TVN yang sudah terkenal dengan tayangan berkualitas seperti drama, comedi, talk show, variety show dan berita. Satelit ini bisa bekerja untuk beberapa jenis TV yang berbeda. Hanya saja Anda perlu mencari channel ini sebelum menggunakannya. Langkahnya adalah dengan melakukan pencarian dari satelit Palapa, lalu tambah nomer frekuensi channel TVN dengan cara manual dari daftar transponder. Kemudian scan dan temukan TVN. Jika sudah ditemukan maka masukkan dalam daftar channel TV Anda. Agar lebih sempurna maka lakukan cara memasang antena parabola.

3. Pasang Indihome

Channel Korea memang tidak akan bisa didapatkan meskipun Anda sudah melakukan tips memilih antena tv baik di dalam atau luar rumah. Hal ini karena jangkauan antena sebenarnya hanya untuk TV UHF dan VHF saja. Sehingga tidak akan bisa menjangkau layanan TV Korea. Nah cara yang paling mudah untuk bisa menikmati layanan TV Korea adalah dengan memasang Indihome. Anda bisa menyesuaikan berbagai paket sesuai kebutuhan, termasuk paket internet dengan TV dan paket internet tanpa telepon. Dari layanan Indihome ada beberapa stasiuan TV yang bisa Anda nikmati seperti KBS, K+, SBS, TVN, dan masih banyak lagi. Selain tersedia dengan gratis juga ada beberapa stasiun yang barus berlangganan.

4. TV Kabel Indovision

Anda juga bisa memasang layanan TV Kabel Indovision. Layanan TV kabel ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Layanan TV ini menggunakan satelit Palapa C-2 sehingga menayangkan banyak channel Korea dan semuanya bisa dinikmati dengan berlangganan setiap bulan. Beberapa channel yang tersedia juga sangat lengkap seperti KBS, K+, TVN, SBS dan masih banyak lagi. Jika ingin lebih banyak channel maka Anda harus memilih paket yang sesuai. Proses pengajuan dan pendaftaran sangat mudah dan tidak perlu datang ke kantor karena dari tim marketingnya saja sudah langsung menghubungi klien. Kemudian untuk pemasangan parabola juga sudah dilakukan oleh teknisi berpengalaman. Jadi jangan khawatir Anda tidak perlu melakukan cara memperkuat sinyal antena tv.

5. Layanan dari Big TV

Pilihan TV kabel yang lain adalah dari Big TV. Anda bisa menikmati banyak stasiun TV Korea dan bahkan channel dari luar negeri. Big TV sendiri menawarkan layanan channel berdasarkan paket yang ingin dipasang oleh pelanggan. Mulai dari layanan 59 channel dan masih banyak lagi. Semua layanan ini berpengaruh pada biaya langganan per bulan yang harus Anda bayar.

6. Menggunakan Layanan Aplikasi Streaming TV Korea

Cara lain agar bisa menangkap stasiun TV Korea adalah dengan menggunakan layanan aplikasi streaming. Layanan ini bisa terhubung ke gadget pintar dan juga TV yang sudah terhubung dengan internet. Dari siaran streaming ini Anda bisa melihat siaran langsung dari beberapa channel dan juga siaran tunda. Anda juga bisa melakukan download dan menyimpan hasil siarannya. Beberapa aplikasi ini seperti Viki, Viu, Tribe, Vidio, Tubi TV, HOOQ, dan KBS World. Meskipun beberapa layanan aplikasi ini memang umum untuk ponsel pintar namun juga bisa dilihat dari TV. Misalnya layanan dari aplikasi HOOQ yang terhubung langsung dengan beberapa TV kabel seperti Indihome.

7. Layanan Stream dari AQ Stream

Cara lain adalah dengan melakukan streaming dari TV yang memang sudah terhubung dengan layanan internet. Dengan menggunakan AQ Stream maka Anda bisa menikmati beberapa layanan dari TV seperti KBS, SBS, MBC, MNET, TVN, Arirang, JTBC dan masih banyak lagi. Anda bisa mengakses siaran live atau siaran tunda termasuk acara musik, drama, variety show dan acara komedi. Jika layanan internet lancar maka dijamin tidak akan ada masalah selama streaming.

8. Gunakan Layanan Streaming OlWeb TV

Dari layanan streaming ini maka Anda bisa menikmati semua channel Korea. Hal yang Anda butuhkan adalah gadget pintar atau TV yang sudah terhubung dengan internet. Anda bisa menikmati siaran langsung atau tunda. Jadi pastikan saja internet Anda lancar agar tidak terputus saat siaran.

Itulah beberapa cara menangkap stasiun TV Korea di Indonesia paling mudah. Karena cara ini sangat mudah maka cobalah memilih mana langkah yang efektif untuk Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik