Sponsors Link

10 Keuntungan Membeli Rumah Bekas Dibandingkan Rumah Baru

Memiliki rumah pastinya menjadi keinginan semua orang. Berbagai cara dilakukan untuk membeli rumah dan mendapatkan rumah idaman. Namun diluar sana selain ada yang ingin membeli rumah juga ada yang ingin menjual rumah. Artinya ketika rumah itu Anda pilih maka sebagai rumah bekas. Mungkin bayangan Anda rumah bekas terlalu menakutkan dan tidak nyaman.

Tapi jangan salah karena ada juga rumah bekas yang terawat dan bisa langsung dihuni dengan nyaman. Jadi Anda dihadapkan pada dua pilihan yaitu membeli rumah baru atau mendirikan rumah baru dan membeli rumah bekas. Jika Anda masih ragu maka sebenarnya keuntungan lebih banyak bisa didapatkan dari rumah bekas. Masih belum jelas? Berikut ini kami berikan ulasan mengenai keuntungan membeli rumah bekas dibandingkan rumah baru.  

1. Rumah Layak atau Siap Huni

Keuntungan pertama yang perlu Anda lirik adalah bahwa ketika dokumen penjualan dan pembelian siap serta sudah sepakat dengan sistem legalitas maka rumah bisa digunakan. Artinya begitu Anda selesai membayar, mengurus balik nama dan kepentingan hukum lain maka rumah bisa langsung dihuni hari itu juga. Termasuk jika penjual sudah melakukan cara menjual rumah dengan cepat sehingga Anda juga mendapatkan keuntungan dari segi harga. Hal ini  berbeda jika Anda membeli rumah dalam bentuk perumahan atau mendirikan rumah. Anda harus menunggu dan menghitung setiap pengeluaran sehingga terkadang lebih stres.

2. Keuntungan Pajak yang Lebih Murah

Setiap rumah memang harus mengikuti aturan hukum termasuk dalam hal pembayaran pajak. Jika diperbandingkan ternyata nilai untuk pajak rumah bekas memang lebih rendah dibandingkan dengan rumah baru baik itu dalam hunian biasa atau perumahan. Kondisi ini dipengaruhi oleh nilai depresiasi rumah yang memang sudah menurun. Sehingga nilai rumah tersebut sudah turun dibandingkan ketika baru saja selesai dibangun. Kemudian nilai bangunan ini yang akan membuat nilai jual objek pajak menjadi lebih rendah sehingga pajak yang harus dibayarkan juga menurun. Karena itulah berdasarkan pajak ini juga menjadi pertimbangan cara menjual properti dengan cepat.

3. Keuntungan Investasi dan Harga Rumah

Jika diperhitungkan lagi sebenarnya untuk membeli rumah bekas maka harganya memang sudah turun dibandingkan rumah yang baru atau membangun rumah. Karena biasanya untuk menetapkan harga memang harus sesuai dengan perhitungan nilai jual tanah di lingkungan dan kondisi rumah tersebut. Terlebih jika pemilik rumah juga membutuhkan uang dalam waktu cepat maka mereka hanya menjual berdasarkan kebutuhan agar cepat laku. Negosiasi juga sangat diperlukan meskipun untuk membeli rumah bekas. Anda harus pintar dalam menawar dan memilih harga yang sesuai. Tentu saja juga harus melihat beberapa aspek feng shui rumah agar rejeki lancar.

4. Lingkungan Rumah Sudah Matang

Jika dibandingkan membeli rumah baru di perumahan yang baru dibentuk maka membeli rumah bekas di lingkungan yang lebih matang memang menjadi keuntungan tersendiri. Jadi Anda bisa mendapatkan rumah di lingkungan dengan fasilitas yang sudah lengkap karena lingkungan rumah tersebut memang sudah terbentuk. Tentu saja dibandingkan dengan perumahan yang baru jadi biasanya memang kurang aman. Terlebih jika hanya baru sedikit rumah yang dihuni. Bahkan dengan keuntungan ini Anda bisa memilih rumah dengan ciri-ciri rumah sehat  sehingga setara dengan investasi yang Anda lakukan.

5. Peryaratan KPR yang Lebih Mudah

Ternyata dengan membeli rumah bekas maka lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan peminjaman KPR. Ada beberapa hal yang membuat pihak penyelenggara keuangan memberi kemudahan KPR untuk rumah bekas seperti sudah ada bentuk rumah yang sebenarnya, jejak kepemilikan dan harga yang sudah pasti. Tentu saja ini menjadi syarat mendapatkan pinjaman beli rumah yang sangat mudah. Kondisi ini berbeda dengan rumah baru yang cenderung membutuhkan perhitungan khusus seperti kerjasama dengan pihak pengembang atau pihak pengembang yang terlibat masalah tertentu. Bahkan biasanya pihak bank perlu mengetahui jejak pengembang properti untuk menjamin keamanan pembeli rumah.

6. Legalitas Jelas

Rumah baru cenderung memiliki sistem legalitas yang lebih jelas dan bisa dibuktikan. Karena ketika Anda ingin membeli rumah maka Anda harus memastikan ada sertifikat yang membuktikan hal milik, bukti pembayaran pajak PBB dan bukti bahwa rumah itu ada. Sehingga dari beberapa bukti hukum maka rumah dinyatakan aman untuk dibeli. Sementara terkadang rumah yang dikembangkan oleh perumahan memiliki beberapa masalah hukum. Misalnya tanah yang sepenuhnya belum dibebaskan, keluhan dari lingkungan sekitar, pengembang terlibat kasus hukum perdata dan masalah hukum lain.

7. Lokasi Rumah 

Hal yang sangat jelas ketika Anda membeli rumah bekas adalah bahwa Anda sudah bisa memeriksa kondisi lingkungan dan lokasi rumah. Lokasi rumah bisa dipertimbangkan dengan kebutuhan misalnya dekat dengan tempat kerja, dekat dengan sekolah anak dan dekat dengan berbagai fasilitas termasuk kesehatan, pusat belanja dan kebutuhan lain. Kondisi ini harus disesuaikan sehingga rumah benar-benar seperti yang Anda butuhkan.  Nah biasanya rumah bekas banyak dilirik oleh peminat karena beberapa faktor lokasi ini.

8. Risiko Investasi Lebih Rendah

Jika dipertimbangkan lagi maka rumah bekas justru memiliki risiko investasi yang jauh lebih kecil. Kondisi ini berhubungan dengan beberapa keadaan misalnya kebutuhan, fasilitas dan lingkungan yang memang sudah terbentuk. Jika dibandingkan dengan rumah baru maka pertimbangan ini memang sangat menguntungkan. Tentu saja lingkungan bisa dipastikan aman untuk semua anggota keluarga.

9. Proses Adaptasi yang Mudah

Jika Anda sudah berkeluarga maka pertimbangan untuk proses adaptasi saat membeli rumah memang harus dilakukan. Biasanya lingkungan hunian yang baru belum terbentuk sehingga sulit untuk istri atau anak-anak ketika harus bergaul dan lingkungan yang sepi atau mencekam. Sementara di lingkungan rumah bekas biasanya sudah jadi atau sudah terbentuk. Berbagai fasilitas juga sudah tersedia sehingga proses adaptasi sehari-hari juga lebih mudah.

10. Kualitas Rumah Bisa Dilihat

Jika Anda membeli rumah bekas langsung dari pemiliknya maka Anda bisa melihat kualitas rumah yang sebenarnya. Anda tidak akan mendapatkan rumah yang dibangun dengan material yang tidak sesuai dengan kualitas akibat pengembang yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Jadi jelas rumah bekas memang lebih menguntungkan.

Nah itulah beberapa keuntungan membeli rumah bekas dibandingkan rumah baru. Jadi mulai sekarang jangan takut lagi untuk membeli rumah bekas yang layak dan siap huni.

, , ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli