Sponsors Link

11 Cara Agar Rumah Bebas dari Semut Paling Ampuh

Semut menjadi salah satu hewan yang paling banyak ditemukan di sekitar kita. Anda mungkin pernah melihat barisan semut yang sangat rapi dan ada sekelompok semut yang membawa makanan kecil menuju rumah mereka. Ya, semut membuat rumah di berbagai bagian rumah manusia dengan ukuran yang sangat kecil. Kelompok semut ini akan terus berkembang dari waktu ke waktu sampai tidak ada habisnya.

Karena itulah ketika Anda mencoba cara menghilangkan semut di meja makan dan tempat lainnya maka belum tentu semut akan hilang semua. Biasanya semut akan datang lagi dan lagi sampai akhirnya Anda merasa sulit untuk mengusir semut. Ditambah lagi bahwa semut meninggalkan beberapa zat kimia alami dari tubuhnya sehingga itu menjadi jejak untuk kembali lagi. Nah karena itu Anda harus melakukan cara yang sangat efektif. Berikut ini akan kami beritahu mengenai cara agar rumah bebas dari semut paling ampuh.

  • Hilangkan kepala koloni semut

Salah satu penyebab banyak semut di rumah adalah ketika koloni semut yang berjumlah ribuan tinggal di dalam rumah Anda. Semut berkembang biak dengan sangat cepat dimana ratu semut menghasilkan telur semut yang tidak pernah berhenti. Bahkan jika digambarkan maka sebenarnya ratu semut tidak pernah meninggalkan sarang karena terus bertelur. Nah, jadi bisa dibayangkan betapa reproduksi semut sangat cepat sekali. Jadi agar rumah Anda tidak didatangi lagi oleh semut maka hancurkan kepala koloni semut. Cari ratu semut yang berukuran besar dan dijamin produksi telur semut akan berhenti.

  • Hilangkan jejak semut

Ketika semut berjalan mencari makan sebenarnya mereka tidak akan makan di tempat tersebut. Semut cenderung akan kembali ke markas dan menyerahkan makanan untuk sang ratu atau membagi dengan koloni semut. Sementara itu semut akan meninggalkan jejak sehingga mereka tahu jalan kembali ke sarangnya. Karena itu cobalah untuk menghilangkan jejak semut dari tempat mereka lewat mulai dari sarang sampai ke tempat mereka mencari makan. Langkah ini menjadi salah satu cara membasmi semut di rumah .

  • Jangan gunakan obat penyemprot semut

Anda mungkin pernah melihat atau menggunakan obat penyemprot semut. Memang ini menjadi solusi yang sangat praktis dan mudah. Setelah disemprot maka biasanya semut akan mati dan kering. Tapi ternyata ratu semut yang ada di markas bisa mengenali tindakan ini karena banyak semut pekerja yang tidak kembali ke rumah. Akhirnya ratu semut justru akan mengirim banyak semut pekerja untuk menyerang. Dengan begitu koloni semua yang keluar akan lebih banyak dan tidak ada habisnya. Jadi sebisa mungkin hindari menggunakan obat semprot semut dan pilih cara lain.

  • Bersihkan ceceran gula

Semut memang menyukai gula dan remah-remah makanan yang manis. Ketika Anda menumpahkan gula di meja dapur maka akhirnya semut akan datang dengan cepat. Semut memang bisa mengenali sumber makanan dengan sangat cepat dan mereka juga akan memanggil teman mereka. Karena itu ketika ada gula yang berceceran maka segera bersihkan dan buang ke tempat sampah. Termasuk ketika membuat makanan dan minuman dengan gula di dapur. Jadi coba bersihkan dapur dengan rajin dan lakukan cara perawatan dapur  agar tidak banyak semut yang datang ke rumah.

  • Letakkan makanan pada tempat tertutup

Semut seperti memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Semut bisa datang ke sumber makanan dengan cepat. Termasuk jika Anda meletakkan makanan di tempat terbuka seperti piring atau wadah lain. Karena itu usahakan untuk selalu menempatkan makanan di tempat tertutup sehingga tidak ada semut yang datang.

  • Segera bersihkan minuman yang tumpah

Jika Anda menumpahkan minuman manis maka sebaiknya segera dibersihkan dengan lap. Minuman manis seperti susu, teh atau kopi ketika tercecer saja pasti akan didatangi oleh semut. Karena itu bersihkan segera dengan lap kering yang bersih kemudian ulangi dengan lap basah.

  • Jaga kebersihan rumah

Salah satu cara untuk menghindari semut datang ke rumah adalah dengan menghindari kotoran yang menumpuk di rumah. Anda bisa mencoba untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Caranya dengan menyapu atau mengepel rumah secara rutin, membersihkan remah-remah kotoran, tidak menumpuk sampah di rumah dan segera membersihkan rumah jika kotor. Tentu saja dengan semua cara ini maka akan terlihat bagaimana Anda melakukan cara menjaga kebersihan rumah.

  • Simpan buah di kulkas

Buah yang manis biasanya juga banyak disukai oleh semut. Buah yang manis akan disukai karena memiliki rasa yang manis. Aroma buah juga sangat mengundang semut sehingga terkadang baru diletakkan di meja dapur saja sudah dikerubungi oleh semut. Karena itu jangan sampai terbiasa menyimpan buah di atas meja terbuka. Setelah dibersihkan maka simpan buah di kulkas dan baru dikeluarkan ketika akan dimakan.

  • Jangan menyimpan sampah di rumah

Selain beberapa cara diatas maka Anda juga bisa mencoba untuk tidak menyimpan sampah di rumah. Sampah yang terus menumpuk di rumah akan mengundang semut dengan cepat. Terkadang sampah juga dijadikan ladang makanan untuk kecoa dan cicak. Jadi segera bersihkan sampah dari rumah dan pindahkan ke tempat yang khusus untuk sampah.

  • Bersihkan rumah dari bangkai binatang

Semut sebenarnya juga menjadi indikasi bahwa ada bangkai binatang di rumah Anda. Semut memiliki indra yang sangat tajam sehingga tidak akan terlewat ketika mencium aroma cicak atau serangga besar yang mati di rumah. Jadi agar semut tidak datang ke rumah maka bersihkan bangkai cicak atau serangga seperti cangcorang yang mati di dalam rumah. Selain itu bangkai binatang ini harus dibersihkan dari rumah agar rumah tampak bersih.

  • Tutup lantai yang berlubang

Ketika ada bagian lantai rumah yang berlubang maka sebaiknya Anda segera menutup lubang tersebut. Ini sangat penting karena semut akan membuat kerajaan mereka dibawah tanah melalui lubang rumah. Jadi Anda bisa menutup lubang rumah sesuai dengan jenis lantai misalnya dengan semen atau memasang keramik ulang.

Itulah berbagai cara agar rumah bebas dari semut paling ampuh. Jika Anda mencoba beberapa cara ini maka dijamin rumah bersih dari semut dan rumah menjadi lebih sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : PEST