Sponsors Link

6 Peredam Panas Atap Rumah Terbaik Agar Rumah Sejuk

Pada dasarnya rumah yang nyaman memang bukan hanya terlihat baik dari segi desain dan kontruksinya saja. Rumah yang nyaman tidak membuat Anda merasa lelah dan kepanasan. Tentu saja memang sudah ada bagian rumah yang sangat penting yaitu atap. Fungsi atap adalah untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Sehingga Anda bisa menjalani berbagai aktifitas di rumah dengan nyaman.

ads

Karena itu memang sudah ada beberapa jenis-jenis atap rumah yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan rumah. Misalnya saja atap yang terbuat dari genteng tanah liat, genteng beton, atap beton cor, genteng keramik, genteng kaca, asbes, seng dan masih banyak lagi. Namun hal yang sangat penting adalah ternyata atap tersebut masih memberikan rasa panas yang masuk sampai ke dalam rumah. Jadi Anda membutuhkan solusi berupa peredam untuk mendinginkan panas matahari yang menembus rumah. Berikut ini adalah beberapa peredam panas atap rumah terbaik agar rumah sejuk.

1. Bahan Polyester

Anda mungkin pernah mendengar bahan polyester. Ya, bahan ini paling sering digunakan untuk membuat campuran bahan pakaian, botol plastik dan berbagai produk rumah tangga. Ternyata bahan polyester bisa menjadi penyerap panas yang sangat baik. Jenis yang sering digunakan untuk penyerap panas di atap adalah seperti R3.5. Bahan ini sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi serapan panas yang berlebihan. Hingga saat ini bahan tersebut sudah sering digunakan untuk gedung bertingkat, gedung satu lantai dan berbagai fasilitas umum lain. Tapi tidak masalah jika akan digunakan untuk rumah dengan desain rumah minimalis.

  • Kelebihan : bahan polyester memang sangat ringan dan aman untuk lingkungan. Kemudian bahan ini juga bisa digunakan untuk meredam panas baik itu dipasang untuk dinding atau lantai.
  • Kekurangan: harga bahan polyester memang relatif lebih mahal dan efeknya bisa tidak nyaman untuk kulit.

2. Bahan Aluminium foil

Alumunium foil memang biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan alat elektronik seperti kapasitor. Ternyata bahan ini juga sangat baik untuk meredam panas pada atap karena bisa melawan dan menahan sinar UV secara langsung. Alumunium foil akan memantulkan sinar matahari secara langsung sehingga panas dari sinar matahari tidak akan sampai ke dalam rumah. Dan bahan ini sangat sesuai sebagai cara meredam panas atap seng.

Kelebihan Alumunium Foil:

  • Memiliki bentuk yang sangat elastis sehingga lebih kuat dan tahan lama.
  • Memiliki kontur yang tahap terhadap air sehingga menguntungkan saat musim hujan.
  • Bisa memantulkan sinar matahari dengan kuat sehingga cocok sebagai bahan peredam panas di atap.
  • Bisa digunakan untuk melindungi plafon rumah sehingga rumah tetap bersih dan rapi karena tidak terlihat atap secara langsung.
  • Bahan alumunium foil sangat aman dan tahan lama sehingga tidak akan merusak lingkungan.
  • Proses pemasangan alumunium foil lebih mudah dan murah sehingga menghemat biaya pemasangan.

3. Bahan Polyurethane Foam

Polyurethane Foam adalah salah satu bahan yang juga akan menyerap panas dengan baik. Bahan ini memiliki tekstur cairan yang agak padat sehingga bisa menyerap panas lebih kuat. Bahan penyerap panas untuk atap ini bisa digunakan dalam waktu yang lama karena tidak akan rusak jika sudah terkena panas atau cuaca hujan dalam waktu lama. Bahan ini sangat baik untuk berbagai model atap termasuk atap genteng, kayu, asbes, beton, metal dan bahan lainnya. Hal yang lebih menarik dari bahan ini adalah bisa digunakan dengan sangat mudah cukup dengan menyemprotkan ke lapisan luar ke berbagai jenis atap. Jadi sangat sesuai untuk berbagai jenis jenis rumah tinggal.

Kelebihan :

  • Bahan tidak akan mudah luntur baik terkena panas atau dingin.
  • Bahan sangat ringan sehingga tidak menambah beban atap rumah.
  • Tidak memerlukan perawatan apapun.
  • Bisa digunakan sebagai penutup celah atau kebocoran pada atap.
  • Bisa membantu menyerap panas sehingga saat musim hujan juga bersifat menghangatkan rumah.
  • Membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih dingin dan nyaman saat cuaca di luar panas.

4. Bahan panel styrofoam

Bahan lain yang juga tidak kalah berkualitas adalah panel styrofoam. Model panel ini sudah banyak digunakan untuk menyerap panas pada atap. Meskipun bahan panel ini terbuat dari plastik tapi sangat ampuh untuk menyerap panas karena terbuat dari butiran plastik yang dipadatkan kemudian diisi lagi dengan udara. Mungkin Anda juga sering menjumpai styrofoam sebagai bahan untuk pelindung kemasan produk elektronik, kaca dan juga tempat makanan kemasan. Dan memang styrofoam bisa dipakai sebagai peredam panas untuk jenis atap rumah yang tidak panas. Kelebihan bahan ini adalah harga yang cukup terjangkau sehingga bisa menghemat anggaran. Kemudian proses pemasangan juga sangat mudah sehingga lebih praktis. Dari ukuran dan tingkat ketebalan juga sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Bahan Bubble Foil

Buble foil bisa jadi salah satu peredam panas yang menjadi modifikasi dari alumunium foil. Bahan keduanya sama namun untuk bublle foil memiliki bentuk permukaan yang berbeda dengan lingkaran-lingkaran yang bersusun. Bahan ini bisa menyerap panas dengan sangat baik sehingga rumah sejuk dan tidak menyebabkan racun.

6. Bahan Glass Wool

Glass wool adalah salah satu bahan peredam panas yang terbuat dari serat fibreglass yang kemudian dibentuk menyerupai wool. Lapisan wool ini sangat baik untuk meredam panas dan sering digunakan untuk atap perkantoran dan gedung bertingkat. Tentu saja pemakaian bahan ini bisa mengurangi panas pada bangunan bertingkat sehingga daya listrik untuk pengeluaran biaya AC juga lebih rendah.

Cara Pasang Peredam Panas Atap

  • Sesuaikan dengan bahan yang dipilih. Pada dasarnya pemasangan peredam panas ini harus disesuaikan dengan bahan yang Anda pilih. Sesuai dengan jenisnya bahan peredam akan dipasang untuk lapiran terluar atau bagian dalam atap sesuai model atap rumah. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti jaring kawat, gunting, lem, glass wool dan perlengkapan kontruksi lain.
  • Jika memang Anda tidak bisa memasang sendiri maka lebih baik mencoba untuk menggunakan jasa pasang khusus. Biasanya pembelian peredam panas akan disediakan jasa pasang oleh layanan toko, kecuali toko online.

Itulah beberapa referensi peredam panas atap rumah terbaik agar rumah sejuk. Dengan memasang alat peredam panas ini bisa membuat rumah menjadi sangat nyaman dan tidak terlalu panas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Atap