Sponsors Link

9 Cara Membuat Dekorasi Lamaran Sendiri yang Sederhana Tapi Tetap Elegan

Pernikahan memang impian semua orang. Tapi sebelum melangsungkan pernikahan maka harus melewati proses lamaran. Lamaran identik dengan suasana yang romantis dan penuh dengan kenangan. Banyak orang yang mengadakan acara lamaran dengan mewah namun menghabiskan banyak biaya. Namun bagi yang tidak memiliki banyak tabungan, maka lebih baik merencanakan pernikahan yang lebih indah daripada prosesi lamaran.

Ya, salah satu cara untuk membuat tempat lamaran menarik adalah dengan membuat dekorasi sendiri. Anda bisa mengambil inspirasi dari teman yang sudah melakukan lamaran. Hal yang sangat penting untuk acara lamaran adalah membuat suasana tetap romantis dan hangat bersama anggota keluarga terdekat. Termasuk jika Anda akan melakukan lamaran di rumah minimalis sederhana. Berikut kami berikan info cara membuat dekorasi lamaran sendiri dan murah.

1. Hiasan Bunga Gantung

Cara pertama adalah membuat hiasan dari bunga gantung. Anda bisa mengambil bunga-bunga dengan warna yang romantis seperti warna merah muda, merah atau jenis warna yang lain. Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk membeli bunga maka ambil saja bunga dari bunga yang cocok ditanam di depan rumah. Biasanya cukup banyak jenis bunga mawar dan bunga lain yang menarik di taman rumah. Rangkai bunga dengan benang putih kemudian gantungkan di tembok sebagai backdrop atau di dinding acara pernikahan. Gantung benang-benang dengan bunga ini sehingga dinding terlihat sangat indah.

2. Manfaatkan botol kaca bekas

Jika Anda pernah melihat dekorasi pernikahan mewah maka Anda  bisa melihat vas-vas bunga yang terletak di atas meja atau di sudut ruangan. Tentu saja menyewa semua itu memang mahal. Tapi Anda bisa menggunakan botol bekas yang berwarna bening atau jenis botol kaca. Masukkan air secukupnya dan beri bunga segar dari taman halaman rumah.

Rangkai dengan tali-tali coklat kemudian gantungkan di dekorasi tempat pelaminan Anda. Ya, juga mirip seperti cara membuat pot bunga dari botol bekas. Anda juga bisa memberikan hiasan pada botol, seperti pita untuk mempercantiknya.

3. Floating candle dengan mason jar

Pernikahan yang romantis selalu diselipi dengan lilin sebagai dekorasi yang sempurna. Memang lilin hiasan untuk pernikahan dijual mahal dan fungsinya hanya sekali itu. Anda tentunya bisa menghemat biaya dengan membuat floating candle yang berbahan dari mason jar. Cukup membeli mason jar yang murah saja. Kemudian isi gelas mason jar dengan air lalu masukkan lilin kecil di atasnya. Nah, lilin terlihat mengambang dan sangat cantik. Agar lebih cantik lagi hiasi leher mason jar dengan pita. Lalu letakkan lilin cantik ini di meja tamu Anda. Anda juga bisa menerapkan ini menjadi cara menghias kamar tidur yang murah dan cantik.

4. Lentera dari kaleng bekas

Menghiasi dekorasi pesta pernikahan di malam tidak perlu menggunakan barang-barang yang mahal. Anda juga tidak perlu menyewa hiasan dari pusat dekorasi. Hal yang perlu Anda siapkan adalah kaleng bekas yang berukuran sama atau berbeda. Jenis kaleng susu aneka ukuran akan menghasilkan hiasan yang sempurna.

Caranya adalah bersihkan semua kaleng bekas tersebut. Kemudian cat dengan cat khusus secara merata dengan warna yang cerah seperti kuning, biru, merah muda dan warna lain. Lalu beri lubang di beberapa tempat. Dan masukkan lilin di bagian dalam kaleng. Nah saat lilin dinyalakan, kaleng berubah menjadi hiasan yang menarik. Hiasan dinding dari barang bekas akan membuat pernikahan outdoor Anda lebih indah.

5. Pot bunga vintage dari kaleng bekas

Nah selain dimanfaatkan menjadi lentera, maka kaleng bekas juga bisa menjadi pot bunga yang sangat cantik. Anda bisa memilih kaleng sesuai ukuran yang Anda inginkan. Kemudian bersihkan dan keringkan bagian dalam dan luarnya. Setelah itu bungkus dengan melilitkan tali coklat atau tali putih dari bawah sampai atas.

Lalu buat tali dikepang menjadi bentuk yang cantik dan hubungkan pada bagian atas membentuk pita. Nah pot dengan gantungan ini siap digunakan untuk vas bunga yang cantik. Letakkan saja di meja tamu atau di sudut backdrop pernikahan Anda.

6. Hiasi kursi dengan pita

Terkadang kursi dan meja dari pusat persewaan alat pernikahan memang diletakkan begitu saja. Namun Anda tidak perlu malu karena kursi biasa ini bisa disulap menjadi sangat indah. Caranya adalah dengan membungkus kursi menggunakan kain tipis berwarna putih. Kain ini biasanya juga khusus untuk hiasan kursi. Buat sebuah bentuk pita pada bagian belakang dan sematkan bunga mawar merah muda dan pita biru. Nah, kursi pernikahan sudah cantik seperti pernikahan di gedung mewah. Tata kursi dengan rapi agar para tamu nyaman saat duduk. Desain seperti ini juga terlihat sangat Instagramable untuk foto-foto dan diupload ke sosial media.

7. Nomor meja dari batu bata

Jika Anda membuat konsep pernikahan outdoor yang sederhana maka jangan lupa untuk memberi nomer meja yang unik. Nomer meja ini memang penting untuk pernikahan outdoor agar semua orang tetap duduk nyaman ketika acara pernikahan berlangsung. Caranya agar pernikahan berkesan klasik dan vintage maka gunakan batu mata merah. Cat batu bata dengan warna hitam kemudian tulisi dengan kapur putih. Letakkan di meja tamu dan hiasi dengan bunga-bunga dalam botol bekas. Desain ini walaupun simple tapi tidak terkesan murahan, justru terlihat mewah.

8. Rangkaian burung bangau dari origami

Anda kehabisan ide untuk menghias dekorasi pernikahan? Jangan lupa untuk membuat origami berbentuk burung bangau. Buat origami dari kertas berwarna-warni kemudian gantung dengan benang putih. Susun dengan warna yang menarik lalu gantungkan pada dekorasi pernikahan outdoor.

Pernikahan Anda penuh makna seperti arti burung bangau dalam konsep pernikahan adat Jepang. Desain unik ini juga pasti disukai oleh tamu yang membawa serta anaknya, sehingga ada spot foto ciamik untuk diupload ke sosial media.

9. Photo booth dari gorden putih yang tipis

Biasanya dalam sebuah pernikahan ada photo booth agar tamu bisa berfoto dan memiliki kenangan dari pernikahan Anda. Namun Anda tidak perlu membuat photo booth yang mewah karena harganya mahal. Cukup memasang dua gorden tipis yang terbuka pada bagian tengahnya. Pasangi bunga lavender atau bunga mewah pada bagian tengah gorden. Tempatkan dua kursi sederhana di tengahnya dan sudah jadi.

Nah begitu cara membuat dekorasi lamaran sendiri dan murah. Ternyata murah dan sangat mudah bukan untuk membuatnya. Dapatkan beberapa inspirasi yang sesuai dengan pernikahan Anda dan pastikan pernikahan Anda terlihat unik.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Desain