Sponsors Link

8 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara menghias kamar dengan barang bekas sedang menjadi tren saat ini. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih bagus untuk Desain Kamar Tidur. Cukup menghemat biaya bukan? Meskipun membutuhkan waktu dan tenaga lebih, keuntungannya Anda bisa mengasah kreatifitas dan menjadikannya sebagai peluang bisnis di masa depan.

Hiasan Dinding Dari Barang Bekas untuk desain kamar tidur, tidak melulu berkonotasi negatif. Ada banyak barang sekali pakai dengan kondisi masih bagus. Misalkan saja sendok gelas piring plastik, botol selai, wadah kosmetik, dan lain sebagainya. Sama seperti memilih rumah yang membutuhkan kejelian, anda harus mengetahui terlebih dahulu tips membeli rumah bekas dan baru.  Anda pun perlu jeli dan kreatif dalam cara menghias kamar.  Dengan memanfaatkan barang bekas yang masih bagus dan multifungsi, Anda bisa dengan mudah mengatur dan menata rumah.

Berikut kami rangkum 8 cara menghias kamar tidur dari barang bekas yang masih terpakai untuk inspirasi ide kreatif Anda untuk Desain Interior Kamar Tidur yang unik dan menarik.

  1. Wallpaper dari seprai lama

ide-mengubah-barang-bekas-jadi-hiasan-kamar-5 Cara menghias kamar tidur dengan Cara Membuat Hiasan Dinding yang paling umum adalah dengan wallpaper. Anda perlu tahu dulu kelebihan dan kelemahan menggunakan wallpaper dinding, sebelum memutuskannya.  Ada Cara Menghias Kamar dan Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur paling tepat, murah dan mudah dengan memanfaatkan wallpaper dari seprai lama. Ini sangat cocok sekali untuk Desain Kamar Tidur Minimalis. Anda juga bisa menghias Desain Kamar Tidur Utama seperti yang kami jelaskan diatas.

Pertama-tama setrika seprai lama hingga tidak terlihat bekas lipatan. Kemudian oleskan lem dinding dengan kuas pada bagian belakang seprai, diawali dari bagian paling atas dulu. Pelan-pelan tempelkan ujung seprai pada dinding bagian atas. Minta bantuan seorang lagi untuk menempelkan ujung seprai sisi lain bersama-sama, agar hasilnya rapi. Sedikit demi sedikit oleskan lem dinding secara menyeluruh pada bagian belakang seprai dan tempelkan secara menyeluruh dan rapi sehingga tidak terlihat ada gelembung udara terjebak di dalamnya.

  1. Tempat sisir dan pensil dari buku

tempat-pensil-dari-koran

Cara menghias kamar tidur kedua adalah Dekorasi Kamar dengan menambah wadah sisir unik di meja rias Anda.  Buku-buku teks yang sudah tidak Anda pergunakan lagi bisa dijadikan wadah kosmetik unik bermotif barisan tulisan.

Sebelumnya Anda perlu menyobek kaver buku agar warna dan motif senada. Kemudian jadikan buku-buku tersebut berbentuk tabung. Selanjutnya, gabungkan lima tabung buku tersebut jadi satu dan rekatkan dengan lem kuat. Lapisi bagian dasar dengan kaver buku atau karton yang kuat. Jadilah wadah sisir yang cantik.

Wadah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pensil. Letakkan pada meja belajar putra-putri Anda. Kamar mereka pun akan terlihat lebih menarik.

  1. Tirai dari CD

ide-mengubah-barang-bekas-jadi-hiasan-kamar-4

Cara menghias kamar ketiga adalah dengan tirai CD. Manfaatkan keping CD dan DVD lama yang sudah tidak terpakai agar bernilai lebih. Caranya cukup mudah Anda aplikasikan.

Pertama-tama, Lapisi sisi depan CD dengan kertas berwarna atau kertas bermotif yang anda suka. Lalu, roncelah keping CD dan DVD tersebut dengan benang nilon agar kuat tidak mudah lepas. Buat beberapa roncean yang sama panjang untuk tirai kamar atau jendela Anda. Bisa juga membuat variasi panjang roncean yang berbeda. Lalu pasang di kusen pintu dan jendela.

Sebelum memasang tirai CD DVD tersebut, periksa kusen jendela dan pintu Anda apakah masih kuat bebas rayap.

Baca juga:

  1. Rak dari kursi lipat

ide-mengubah-barang-bekas-jadi-hiasan-kamar-6

Memiliki kursi lipat yang tidak terpakai bisa jadi salah satu cara menghias kamar dengan rak baju sekaligus rak buku yang terlihat unik dan kreatif. Caranya sangat mudah, tidak perlu memotong dan membentuk ulang kursi lipat Anda. Hanya perlu membersihkan dan mengecat kursi lipat bila memang warnanya sudah pudar. Selanjutnya pasang paku baja di dinding kamar Anda untuk menggantung sandaran kursi pada dinding kamar. Sudah jadi deh, rak buku gantung baju dan rak buku berseni tinggi karya Anda.

Jangan lupa sesuaikan warna kursi lipat dengan dinding kamar Anda agar terlihat harmonis. Atau mungkin Anda bisa juga sekalian menggubah warna dinding kamar Anda dengan yang baru bila sudah terlihat dinding kamar Anda mengelupas.

(Baca juga: Cara mengelupas cat tembok)

  1. Lampu dari sendok plastik

lampu-dari-sendok-bekasSendok plastik sekali pakai bisa Anda manfaatkan sebagai lampu hias dalam kamar Anda. Cara menghias kamar dengan murah dan kreatif, bukan? Ikuti dua langkah berikut:

Pertama-tama kumpulkan sendok plastik putih dan kerat kepala sendoknya. Kedua, susun kepala sendok pada luar galon air mineral yang sudah tidak terpakai. Simsalabim, jadilah lampu hias unik karya tangan sendiri. Anda tidak perlu lagi membeli lampu hias mahal untuk kamar Anda.

Selain menghias kamar dengan lampu hias unik dan menarik, Anda sudah cukup menghemat isi dompet. Berbicara mengenai penghematan biaya pengeluaran rumah sehari-hari, salah satu caranya adalah membuat perencanaan pemanfaatan listrik di rumah.(Baca : Model Lampu Taman)

  1. Rak buku dari ikat pinggang

soalkamar2

Banyak ikat pinggang yang sudah tidak digunakan lagi? Nah, ikat pinggang bekas tersebut adalah salah satu solusi bagus cara menghias kamar dengan rak buku dari ikat pinggang bekas. Anda hanya perlu melakukan tiga langkah sebagai berikut:

Pertama-tama, pasang besi kuat sebagai penahan ikat pinggang. Kedua, pasang dua ikat pinggang dengan ukuran sama pada gantungan besi. Ketiga, letakkan buku-buku pada ikat pinggang. Cara menghias kamar yang multifungsi, bukan?

Bagi penghobi baca buku sebelum tidur, Anda bisa meletakkan rak buku dari ikat pinggang bekas ini di sebelah ranjang Anda (Baca juga: Cara Menghemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-hariTips Membuat Rumah Sederhana dan Unik)

  1. Bangku rias dari tumpukan majalah

bangku-unikMasih memiliki segudang majalah bekas yang tidak terpakai? Bisa Anda manfaatkan sebagai bangku meja rias Anda. Ini cara menghias kamar dengan cukup manis. Caranya cukup mudah.

Pertama-tama, tumpuk majalah yang sama besar dan ukurannya jadi satu setinggi 50 sentimeter. Selanjutnya tambahkan bantalan di bagian atas agar nyaman diduduki.  Sedangkan  untuk bagian bawah bangku siapkan papan kayu.  Ikat masing-masing kedua ujungnya dengan ikat pinggang yang tidak terpakai agar rapi. Terakhir pasang empat kayu untuk kaki bangku. Anda bisa memesan kaki kayu pada tukang kayu untuk variasi bentuk yang unik atau membuat sendiri.

Bangku buatan sendiri semacam ini selain sebagai solusi cara menghias kamar dengan barang bekas unik, bisa juga Anda jadikan bangku di ruang tamu. Terutama untuk Desain Ruang Tamu Minimalis yang unik dan menarik.

(Baca juga: Model Sofa untuk ruang tamu kecil)

8. Hiasan dinding dari koran

087114400_1446201776-2

Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas yang satu ini tidak perlu mahal, tinggal menyiapkan koran bekas. Anda bisa mencat kertas koran dengan piloks sesuai warna kesukaan Anda. Setelah kering buat pola dan gunting sesuai keinginan, misalkan gambar peta dunia. Atau siluet pepohonan hutan. Kemudian tempelkan gambar dari koran bekas tersebut di dinding kamar.

Sebelum menempel aksesoris hiasan pada dinding, Anda perlu memperhatikan dinding Anda. Bila ada yang sudah mulai mengelupas karena dinding lembab, waspadai adanya kebocoran pada genteng. Anda perlu segera menemukan Solusi Atap Rumah Bocor dan Cara Pencegahannya.

Artikel Lainnya :

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik