Sponsors Link

6 Bahan untuk Membuat Kitchen Set

kitchen setDapur memiliki peranan yang penting dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Sebab dapur merupakan tempat untuk menampung segala aktivitas mengolah hingga menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga di dalam rumah. Kegiatan memasak yang terjadi secara terus menerus menyebabkan kondisi dapur tidak selalu bersih setiap saat. Memang secara umum, dapur dapat dibedakan menjadi dua macam yakni dapur bersih dan dapur kotor. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menggabungkan kedua fungsi dapur ini menjadi satu.

ads

Selain disebabkan oleh kegiatan memasak, dapur juga menampung banyak sekali peralatan dan alat kebersihan rumah. Meskipun terdapat cara menata peralatan dapur, jumlah perabotan yang semakin bertambah dapat menghambat aktivitas di dalam ruangan. Suasana di dalam dapur dapat pula menjadi penentu apakah orang tersebut nyaman untuk memasak atau tidak. Suasana dapur yang bersih dan tertata rapi setiap saatlah yang menjadi idaman orang.

Pada era modern kini, tidak hanya macam-macam konsep bangunan yang menganut desain rumah minimalis, namun juga berimbas pada tampilan dapur yang minimalis. Salah satunya ditandai dengan inovasi kitchen set yang berfungsi untuk menyimpan peralatan dalam jumlah yang banyak serta dapat meningkatkan tampilan dapur rumah menjadi lebih elegan. Namun untuk mendapatkan kitchen set bukan sesuatu yang mudah, sebab Anda harus memperhatikan material apa yang digunakan oleh kitchen set tersebut. Terdapat beragam jenis material yang digunakan, dengan kekuatan dan daya tahan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa bahan untuk membuat kitchen set pada umumnya yang wajib Anda ketahui, simak!

  1. Multiplek atau Polywood

Material multiplek atau polywood termasuk kepada jenis kayu konstruksi olahan terkuat. Sebab pada proses pengolahan material ini menggunakan material kulit kayu berlapis yang kemudian dipress menggunakan tegangan tinggi. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

  • Material ini memiliki lapisan kayu yang begitu rapat sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kokoh dan memiliki ketahanan terhadap air yang baik. Karena sifatnya ini, material multiplek dikatakan cocok untuk diaplikasikan pada dapur basah. Dengan perawatan yang maksimal, material ini dikatakan mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya.
  • Karena memiliki struktur yang kokoh, material ini memiliki kisaran harga yang melunjak jika dibandingkan dengan jenis material yang lain. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa kualitasnya sebanding dengan harganya yang selangit.
  1. Blockboard

Material blackboard sebenarnya memiliki beberapa kemiripan dengan multiplek. Akan tetapi blackboard memiliki lapisan yang tersusun atas potongan-potongan yang yang ditumpuk secara horizontal, sedangkan multiplek vertikal. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

Sponsors Link

  • Seperti halnya multiplek, material blackboard juga memiliki daya tahan terhadap air yang baik. Namun dari segi harga, material ini jauh lebih murah dari mutipleks. Apabila Anda memiliki dana yang terbatas, material ini dapat menjadi solusinya.
  • Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah daya tahannya yang tidak sebanding dengan multiplek.
  1. MDF (Medium Densitu Fiberboard)

Material MDF juga termasuk ke dalam jenis kayu olahan yang terbuat dari bahan dasar serbuk kayu yang kemudian dipress menggunakan tekanan tinggi. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

  • Dari segi harga, MDF memang ditawarkan dengan nilai yang jauh lebih murah. MDF memiliki permukaan yang halus dan nyaman ketika disentuh. Tidak hanya itu, material ini memiliki ketebalan yang presisi serta lebih fleksibel untuk dibentuk.
  • Kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah tidak memiliki ketahanan terhadap air. Sehingga material ini sangat dihindari untuk digunakan pada dapur basah.
  1. HPL (High Pressure Laminate)

Material ini merupakan bahan pelapis yang berbentuk seperti lembaran. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

  • Salah satu kelebihan dari material ini adalah pengaplikasiannya yang praktis dan memiliki ragam warna yang menarik untuk dipilih.
  • Namun kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah bagian pelapis finishingnya tidak begitu menarik jika dibandingkan dengan cat duco.
Sponsors Link

  1. Decosheet

Beberapa orang yang adapula yang menyebut decosheet sebagai tacon atau taconsheet. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

  • Decosheet terbuat dari bahan yang tidak mudah terkelupas dan mudah untuk mengikuti bentuk lengkungan.
  • Karena terbuat dari bahan yang tipis, material ini tidak dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.
  1. Cat duco

Material ini memiliki tipe finishing yang paling mahal. Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh material ini adalah:

  • Tersedia dalam warna yang mengkilap dan terbagi menjadi dua, yakni tipe glossy atau tipe doff.
  • Harganya yang cukup mahal tidak cocok digunakan apabila memiliki budget yang minim.

Demikianlah beberapa bahan untuk membuat kitchen set pada umumnya yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dapur