Sponsors Link

9 Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana dan Murah di Rumah

Pernikahan impian pasti akan diwujudkan oleh semua orang. Hal ini karena pernikahan diharapkan hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Sehingga momen pernikahan memang perlu direkam dan dijadikan kenangan yang berarti untuk diri sendiri, pasangan, keluarga dan semua tamu undangan. Tentu saja salah satu caranya adalah mengadakan pesta pernikahan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak anggaran? Sebab setelah pernikahan masih ada kehidupan selanjutnya bersama keluarga kecil Anda. Jadi Anda tidak perlu menguras tabungan untuk mengadakan pesta pernikahan. Anda bisa melakukan pesta pernikahan di rumah dan tidak perlu menyewa gedung pernikahan. Dan salah satu satunya adalah dengan dekorasi pernikahan sederhana dan murah di rumah, seperti berikut ini.

1. Backdrop Sederhana dan Berkilau di Ruang Tamu

Backdrop bisa menjadi dekorasi pesta pernikahan yang sangat identik. Daripada Anda menyewa backdrop yang mewah maka Anda bisa membuat backdrop sendiri. Caranya adalah dengan memasang tiang dengan ukuran tinggi dan lebar yang sesuai. Kemudian pasangi kain tipis yang lembut sehingga bisa bergerak pelan ketika terkena angin.

Agar lebih indah lagi maka pasangi daun-daun sintetis yang menjuntai dari bagian paling atas sampai tengah backdrop. Tambahkan lampu hias yang menyinari backdrop dari bagian atas. Tambah dengan dua vas bunga mungil berwarna putih dengan bunga mawar. Dekorasi ini cocok untuk pernikahan di rumah minimalis sederhana.

2. Gelas Penuh Bunga dan Meja Palet

Membuat dekorasi pernikahan sebenarnya tidak perlu terlalu rumit. Anda bisa membuat hiasan yang sesuai dengan tema pernikahan. Misalnya jika tema pernikahan Anda berupa ciri khas pedesaan atau gaya rustic. Anda bisa membuat hiasan di sudut rumah dengan meja palet bekas yang sederhana. Karena sangat sederhana jadi Anda tidak perlu mengecat lagi.

Kemudian kumpulkan beberapa gelas minum atau gelas jar. Isi dengan bunga bunga yang cocok ditanam di depan rumah. Rangkailah dengan bentuk yang sesuai dengan jar lalu hiasai botol dengan pita sederhana. Nah sangat cantik bukan?

3. Gapura Pernikahan di Depan Rumah

Membuat tanda di rumah sebagai lokasi pernikahan biasanya dilakukan dengan memasang janur. Namun janur memang berkesan lebih tradisional. Sementara jika Anda memiliki konsep pernikahan modern atau bertema shabby chich maka janur mungkin kurang sesuai.

Sebagai gantinya maka Anda bisa memasang tiang melengkung di pagar rumah. Tiang melengkung bisa dibuat dari bambu atau besi khusus. Kemudian hiasi dengan bunga mawar berwarna-warni. Nah tamu pernikahan Anda bisa berfoto di tempat ini sebagai kenang-kenangan.

4. Pernikahan di Bawah Pohon

Jika Anda memang sudah menanam pohon rindang untuk rumah minimalis maka Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi pernikahan. Konsepnya adalah dengan melakukan pernikahan di bagian taman belakang atau taman depan rumah. Lalu tempat untuk bertukar cincin dan mengikat janji pernikahan memang dibawah pohon ini.

Sebagai tandanya maka pasang satu kain putih berukuran panjang yang dibuat menjuntai dari atas ke bawah. Jarak kedua ujung kain harus sesuai untuk tempat pengantin dan keluarga. Nah para tamu bisa duduk di kursi-kursi sederhana yang menghadap pohon ini. Meskipun ini sangat sederhana tapi bisa memberi kesan yang hidup dan mewah.

5. Rangkaian Bunga Di Taman Hijau

Menikah di taman hijau yang nyaman pasti membuat semua orang merasa lebih senang. Anda bisa mencoba untuk mengikat pernikahan dengan pasangan dengan suasana diterangi sinar matahari pagi. Idenya adalah membuat tiang kayu untuk tempat hiasan yang dipasang di beberapa titik lokasi pernikahan.

Gantungkan satu atau dua buah rangkaian lingkaran kayu yang dihiasi dengan bunga. Model hiasan ini memang sederhana tapi bisa menjadi tanda bahwa pernikahan Anda cukup hangat. Dan untuk menghemat biaya maka lengkapi model lampu taman.

6. Pernikahan di Gazebo

Jika Anda memiliki gazebo di belakang rumah maka ini ide yang sangat luar biasa. Anda bisa membuat konsep pernikahan dengan latar belakang di gazebo. Pada bagian dalam gazebo bisa dipasangi dengan meja bundar kecil untuk tempat pengantin menandatangani surat pernikahan.

Kemudian hiasi pintu masuk gazebo dengan rangkaian bunga mawar berukuran cukup. Tambahkan kain putih sebagai hiasan untuk bagian bawah dan atas. Sementara itu tamu bisa duduk di kursi yang diletakkan menghadap gazebo. Wah, pernikahan sederhana ini bisa terlihat sangat romantis.

7. Vas Bunga dari Gelas Tinggi

Menghiasi meja makan untuk tamu dalam acara pernikahan memang hal yang sangat menarik. Hiasan ini akan membuat tamu merasakan suasana romantis konsep pernikahan Anda. Tidak perlu hiasan yang mewah dan mahal sebab Anda bisa menggunakan gelas tinggi menjadi vas bunga yang cantik.

Model gelas tinggi ini dihiasi dengan air dan bunga potongan bunga mawar yang segar dengan daun dan tangkai yang masih hijau. Lengkapi vas bunga ini dengan akar-akaran sehingga vas bunga tampak hidup.

8. Gelas Tangkai Terbalik untuk Lilin

Jika Anda melangsungkan pesta pernikahan malam hari maka lilin harus masuk ke dalam bagian dekorasi. Memasang lilin dengan tempat biasa memang mudah karena tempat lilin mudah dibeli dimana saja. Tapi itu ide yang terlalu biasa.

Karena itu Anda bisa mencoba untuk membuat tempat lilin dari gelas tangkai. Balik tangkai gelas untuk tempat lilin. Kemudian pada bagian bawahnya isi dengan bunga dari taman sekitar rumah. Susun di meja makan tamu dan ide ini akan tampak sangat menawan. Pastikan juga bahwa lilin sudah terpasang aman sehingga tidak akan jatuh.

9. Pintu Kuno untuk Pesta Sederhana

Konsep pernikahan lain yang sangat menarik adalah dengan memasang pintu kuno sebagai pintu masuk lokasi pernikahan. Model dekorasi ini sangat sesuai untuk pernikahan dengan konsep di luar ruangan.

Caranya adalah dengan memasang pintu kuno dari bahan kayu yang lengkap dengan pintunya. Kemudian buka pintunya dan pasangi dengan hiasan bunga yang dibentuk menjadi lingkaran. Pada bagian bawahnya bisa dipasangi karpet dari anyaman bambu atau rotan berwarna coklat.

Itulah semua dekorasi pernikahan sederhana dan murah di rumah. Bahan-bahan seperti kayu, bunga, kain dan lilin menjadi benda berharga yang Anda butuhkan. Dan pilih saja mana bentuk dekorasi yang Anda inginkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Desain