Sponsors Link

9 Pohon Rindang untuk Rumah Minimalis Sebagai Peneduh

Menanam pohon di halaman rumah bisa memberikan banyak manfaat untuk penghuni dan bahkan rumah di sekelilingnya seperti memberikan keteduhan sehingga sering disebut dengan pohon peneduh. Namun sayangnya, desain rumah minimalis yang banyak digunakan sekarang ini juga memiliki halaman atau pekarangan yang juga terbatas. Namun sebenarnya, masih ada beberapa jenis pohon rindang untuk rumah minimalis yang bisa ditanam tanpa perlu ukuran tanah yang terlalu luas akan tetapi tetap cukup rindang untuk menjadi pohon peneduh. Berikut adalah beberapa rekomendasi terbaik dari kami.

ads

1. Pohon Kersen [Mutingia Calabura]

Pohon rindang untuk rumah minimalis pertama yang bisa anda tanam adalah pohon kersen. Pohong ini berasal dari Amerika Latin yang cepat tumbuh dan juga tidak butuh perawatan intensif. Pohon kersen ini sangat tepat ditanam untuk rumah bergaya minimalis dengan ketinggian mencapai 12 meter meski yang lebih sering dotemukan biasanya hanya setinggi 3 sampai 6 meter dengan tajuk atau konopi berbentuk payung.

Selain pohon kersen yang bisa menjadi tanaman peneuh, buah kersen juga sangat digemari burung sehingga akan menambah keasrian halaman rumah minimalis anda dan tambahkan juga dengan jenis rumput taman agar lebih terlihat sempurna. Selain itu, buah kersen juga bisa dikonsumsi oleh manusia dan bahkan menurut penelitian membuktikan buah ini memiliki nutrisi tinggi untuk kesehatan manusia.

2. Ketapang Kencana [Terminalia Mantaly]

Pohon ketapang kencana mempunyai kanopi yang terlihat sangat indah dan rapi serta ramping dan ranting membentang sekaligus bertingkat yang sangat cocok digunakan sebagai pohon peneduh rumah minimalis.

Pohon ketapang kencana juga memiliki batang yang ramping dan tumbuh lurus sehingga tidak membutuhkan ruang terlalu banyak. Pohon ketapang kencana ini bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 10 sampai 20 meter. Namun dengan pemangkasan yang tepat dan dilakukan secara teratur, maka pohon rindang ini bisa tetap terlihat rapi yang cocok ditanam pada cara membuat taman kecil di depan rumah minimalis atau lahan sempit.

3. Pohon Tanjung [Mimusops Elengi]

Pohn rindang selanjutnya yang cocok untuk rumah minimalis adalah pohon tanjung. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi mencapai 15 meter meski yang ditemui biasanya lebih pendek dari itu. Kanopi pohon tanjung sangat rindang dan tumbuh secara simetris sehingga efektif digunakan sebagai pohon peneduh.

Perawatan pohon ini juga sangat sederhana sebab tahan terhadap banyak gangguan di lingkungan sekitar. Karena sangat kuat, tidak hanya sering digunakan pada taman rumah minimalis, namun pohon tanjung juga sering digunakan sebagai tanaman peneduh tepi jalan dengan polusi yang tinggi.

Daun pohon tanjung tidak mudah rontok dan ranting juga tidak mudah patah sehingga bisa mengurangi waktu anda merawat tanaman dan membersihkan halaman rumah anda. Tambahkan juga dengan salah satu model lampu taman sehingga akan terlihat indah saat malam hari.

4. Kiara Payung [Fellicium Decipiens]

Pohon kiaran payung adalah salah satu jenis pohon daerah tropis dari India Selatan dan Afrika Timur. Meski termasuk pohon tropis, namun banyak juga orang di luar negeri yang menyebut pohon ini sebagai Japanese Fern Tree.

Tajuk pohon kiara payung ini sangat rindang dengan tajuk luas serta bisa menyerap karbondioksida dengan sangat baik sehingga sangat cocok dijadikan tanaman halaman rumah minimalis. Pohon ini biasanya memiliki tinggi antara 4 sampai 8 meter meski sebenarnya bisa mencapai 11 meter dan perawatannya sangat mudah seperti cara merawat bunga.

5. Pohon Mangga [Mangifera Indica]

Pohon mangga bisa tumbuh dengan cepat jika menggunakan perawatan semi intensif dan anda mungkin juga harus memangkas sebagian ranting sebab pertumbuhannya tidak simetris dan harus diatur.

Kanopi pohon manffa ini relatif rimbun dengan sistem perakaran masif di dalam tanah sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan paving atau mengerasnya sekitar taman rumah. Biasanya, pohon mangga yang ditanam memiliki tinggi antara 4 sampai 10 meter jika ditanam dari cangkokan. Sedangkan jika bukan cangkokan, maka pohon mangga bisa tumbuh 10 sampai 40 meter dengan lebar batang yang cukup besar.

Tidak hanya bisa tumbuh rindang untuk meneduhkan area rumah, anda juga bisa menikmati buahnya sehingga sangat tepat diaplikasikan pada cara menata halaman rumah agar terlihat indah. Namun kekurangan pohon mangaa ini adalah bagian batang yang mudah diserang ulat sehingga bisa memperpendek masa hidup pohon mangga tersebut.

6. Pohon Pucuk Merah [Syzgium Oleana]

Pucuk merah merupakan pohon rendah yang termasuk dalam keluarga salam dan jambu air dengan total sebanyak 1.100 spesies dari genus Syzygium dengan aroma daun yang sangat khas ketika diremas remas.

Pohon ini sangat cantik karena perubahan warna pada daun dari mulai daun muda yang berwarna merah cerah dan akan berubah semakin hijau ketika bertambah tua. Pohon ini sering digunakan sebagai pembatas hijau, tanaman hias dalam pot serta tanaman peneduh rumah jika dibiarkan hingga besar

Pohon pucuk merah mempunyai percabangan rapat sehingga akan membentuk kanopi yang masif yang mudah dibentuk dengan cara pangkas serta cocok diaplikasikan pada taman bergaya minimalis serta Eropa serta perhatikan juga cara menjaga kebersihan halaman rumah anda.


7. Beringin [Ficus benjamina L]

Pohon beringin sebetuknya merupakan pohon berkayu dan ukurannya sangat besar. Akan tetapi, pohon beringin juga bisa dibentuk sebagai bonsai sehingga sesuai digunakan untuk taman rumah minimalis.

Pohon beringin memiliki akar gantung sehingga membuat pohon ini terlihat semakin menarik. Akar gantung tersebut berguna sebagai penyerap air dan mineral yang membantu pernapasan pohon tersebut. Sedangkan untuk umur, pohon beringin bisa tumbuh hingga ratusan tahun yang tidak hanya berguna sebagai tanaman hias atau peneduh, namun juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk perawatan, cara membasmi gulma perlu dilakukan agar beringin bisa tumbuh dengan baik.

8. Pohon Ketapang

Pohon ketapang merupakan tanaman yang biasa dilihat di beberapa area. Pohon ketapang ini mempunyai ranting tidak terlalu besar namun sangat ramping dan bisa tumbuh lurus ke atas.

Pohon ketapang sangat tepat digunakan sebagai pohon peneduh dengan daun berbentuk oval melebar sehingga baik digunakan sebagai pohon peneduh rumah atau kota dan cara perawatannya hampir sama dengan cara memelihara tanaman lidah buaya.

9. Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya sangat fenomenal sebab tidak hanya berguna sebagai pohon peneduh karena rindang, namun juga memiliki corak warna bunga yang indah dari mulai putih, kuning dan juga ungu sama seperti cara menanam kaktus mini. Musim berbunga pohon tabebuya ini adalah ketika musim kemarau. Di saat daun daunnya mulai berguguran, maka bunga tabebuya akan tumbuh indah tidak kalah dengan bunga sakura di Jepang.

Untuk itu, pohon yang satu ini juga sangat cocok ditanam di pekarangan rumah minimalis atau pun bahu jalan untuk peneduh bergaya pohon sakuran di Jepan namun dengan versi yang berbeda.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa pohon rindang untuk rumah minimalis yang bisa anda tanam di bagian depan atau belakang hunian anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Taman