Sponsors Link

10 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit dan Perhitungan Biayanya

Cara mendesain kolam renang di lahan sempit merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk dipelajari dan dilakukan, terlebih lagi jika anda melakukan pembangunannya untuk kolam renang pribadi. Bahkan kehadiran kolam renang pada hunian anda justru akan dapat meningkatkan nilai jual dan estetika sebuah properti.

ads

Hanya saja masih banyak kesalahan persepsi akan adanya anggapan yang menyatakan bahwa sebuah kolam renang pribadi harus dibangun di lahan atau pekarangan yang luas. Padahal sebenarnya sudah banyak perumahan yang tergolong kecil atau minimalis yang dilengkapi dengan kolam renang berukuran mungil di pekarangan huniannya. Hanya dengan memanfaatkan lahan dengan luas  sekitar 3×4 meter anda pun sudah dapat membangun sebuah kolam kolam renang di istana kecil yang anda huni.

Adapun lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain kolam renang mungil dan minimalis tersebut seperti dibagian sudut rumah ataupun dibagian pekarangan belakang rumah (konsep outdoor) atau anda juga dapat menempatkannya didalam rumah (konsep indoor) bila anda ingin membuat kolam renang yang  bersifat lebih privasi. Pada konsep desain indoor ini, ukurannya dapat  disesuaikan dengan ukuran rumah anda, dan dapat dikombinasikan dengan desain taman yang khusus direncanakan didalam rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu kesan ruangan didalam rumah menjadi lebih segar, bersuasana natural dan juga alami.

Tetapi apabila anda ingin membangun kolam renang dengan konsep outdoor yang agak lebih tertutup agar situasi privasi anda tetap terjaga pada saat menggunakannya, anda dapat merencanakan perletakan kolam renang tersebut pada halaman belakang rumah yang dipadukan dengan perencanaan pagar tanaman sebagai penunjang lansekap halaman untuk keseimbangan estetika ruangan. Untuk membuat pagar, Anda bisa pelajari cara membuat pagar tembok.

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Pertimbangkan terlebih dahulu mengenai konsep bentuk dan desain yang akan diterapkan untuk kolam renang anda, yang sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lahan yang sangat terbatas. Banyak sekali bentuk kolam renang mungil rumah minimalis yang dapat anda gunakan seperti beberapa ide dibawah ini:

  • Bentuk Oval: Kolam renang berbentuk oval sangat cocok untuk tipe kolam yang sempit. Bentuknya sekilas terlihat seperti bentuk sabun yang agak lonjong. Penerapan kolam renang berbentuk seperti ini akan terlihat lebih menarik apabila digabungkan dengan konsep lansekap di sekeliling kolam renang.
  • Bentuk Kidney: Sesuai dengan namanya, bentuk dari kolam renang ini pastilah akan sangat unik. Bentuknya seperti setengah lingkaran yang melengkung, yang sekilas mata memandang akan terlihat sangat sempit. Tetapi sebenarnya mempunyai luasan yang masih terbilang relatif cukup luas untuk tipe kolam renang yang tidak memiliki lahan luas.
  • Bentuk Sudut Siku: Bentuk seperti ini biasanya dibuat karena terkendala lahan atau dibuat untuk mengoptimalkan lahan yang tersedia, atau berfungsi sebagai keperluan penyekatan.
  • Bentuk Persegi Panjang: Desain kolam renang dengan berbentuk persegi panjang merupakan bentuk  favorit yang sering digunakan dalam rumah tipe minimalis. Anda pun dapat  memanfaatkan ruang di sisi rumah ataupun lahan sisa untuk membuat kolam renang yang berbentuk sempit namun memanjang.
  • Bentuk Segi Delapan: Bentuk seperti ini merupakan bentuk alternatif untuk dapat menjadi solusi pencarian bentuk desain dari kolam renang mungil anda. Desain sejenis ini memang jarang digunakan, namun dapat membuat kolam renang anda menjadi terlihat lebih unik. Desain ini pun sebaiknya anda terapkan di pekarangan belakang rumah anda.

Selain bentuk-bentuk di atas, anda juga bisa membentuk kolam renang yang unik disesuaikan dengan konsep desain yang anda rencanakan, seperti ide-ide dibawah ini:

  • Kolam Renang Minimalis dan Bergaya Kontemporer

Dibuat dengan cara memanfaatkan sisa lahan yang ada. Sebagai contoh, bentuk kolam renang pada image mengikuti bentuk huruf L yang mengapit hunian dan dengan memanfaatkan dinding rumah yang menggunakan elemen kaca agar membuat kesan mewah di tengah keterbatasan lahan huniannya.

Ditambah dengan gaya kontemporer yang akan sangat cocok desainnya apabila dikombinasikan dengan hunian bergaya modern. Selain akan menambah nuansa alami pada teras pekarangan, kolam renang minimalis ini juga akan menyempurnakan estetika hunian secara keseluruhan.

Sponsors Link

  • Kolam Renang Kecil Tipe Melbourne Backyard

 Model ini meskipun dibangun dalam ukuran yang cukup mungil, namun dapat melengkapi keberadaan eskterior halaman belakang rumah anda. Agar membuat tampilan kolam semakin cantik, anda dapat mengkombinasikannya dengan penggunaan elemen batu bata ataupun batu alam lainnya di lingkungan kolam.

Elemen batu-batuan tersebut dapat digunakan  sebagai sebagai dinding, lantai ataupun lansekap taman yang fungsinya untuk dapat membuat suasana lingkungan sekitar menjadi lebih natural dan alami. Ukuran kolam renang yang biasanya menyesuaikan dengan lahan dan dengan bentuk rumah anda agar keharmonisan bentuk keduanya tetap dapat terjaga.

  • Kolam Renang Kecil Tipe Wells

Desain ini merupakan penggabungan antara konsep outdoor dengan interior yang menggunakan elemen efek cahaya sebagai pelengkap tampilan kolam renang anda. Efek dramatis akan terlihat terutama pada saat malam hari.

Dimana pencapaian ambience ruangan yang ingin dihasilkan adalah suatu kolam renang yang akan menjadi suatu tempat relaksasi yang dapat memberikan efek ketenangan. Dengan memikirkan teknik pencahayaan yang tepat, anda pun dapat membuat suasana kolam renang menjadi lebih romantis.

  • Kolam Renang Free Form

kolam renang free form

Kolam dengan bentuk ini mempunyai bentuk bebas yang tidak beraturan, dan biasanya konsep desainnya dibuat berdasarkan selera kadang dapat juga berupa bentuk yang tidak beraturan.

Hal ini dimungkinkan guna mengikuti prinsip arsitektur tertentu, atau dapat juga dibuat untuk  kepentingan penyatuan dengan lansekap atau elemen arsitektur lainnya agar tetap terpadu serasi dan memberikan kesan dekat dengan alam.

  • Kolam Renang Exercise

Jenis kolam renang jenis ini dikenal dengan nama exercise pool atau kolam renang latihan. Sesuai dengan namanya, fungsi dari kolam renang ini untuk melakukan latihan renang. Ukuran kolam renang latihan tersebut biasanya lebih kecil dari kolam renang ukuran standart, sehingga cocok dengan lahan yang kecil.

Kolam renang inipun dapat dibuat indoor ataupun outdoor dan mempunyai  sistem penggerak untuk menimbulkan arus buatan. Kedalaman kolam renang yang sebaiknya juga perlu diperhatikan untuk menjaga kenyamanan pemakaiannya. Selain itu, pelajari juga cara menata halaman rumah agar terlihat indah dengan menyesuaikan adanya kolam renang.

ads

Sistem Sirkulasi Kolam Renang

Air dan sistem sirkulasi kolam renang merupakan unsur penting didalam keberadaan sebuah kolam renang untuk menjaga keseimbangan fungsi kolam renang itu sendiri. Secara umum, ada 3 sistem sirkulasi kolam renang yang dapat diterapkan:

  • Sistem Sirkulasi Skimmer Box: Jika anda memilih sistem sirkulasi ini maka, kesan yang akan terlihat pada kolam renang tersebut seperti tenang dan tidak ada pergerakan. Air kolam renang anda tidak terlihat tumpah ruah kemana-mana, karena sistem sirkulasinya tetap bermuara di dalam dinding kolam renang tersebut. Sistim ini dimungkinkan dengan cara membangun dinding kolam yang dibuat lebih tinggi dari posisi kolamnya.
  • Sistem Sirkulasi Semi Overflow: Jika anda memilih sistem sirkulasi ini maka, sifatnya akan mengkondisikan tumpahan air kolam akan jatuh dan bersumber ke luar pada bagian tertentu. Biasanya tumpahan air akan ditempatkan pada bagian sisi kolam. Dengan menggunakan sistem ini akan diperlukan sarana tambahan perlengkapan berupa gutter atau saluran yang menampung limpahan air kolam dan juga dilengkapi dengan balancing tank dan ruang mesin.
  • Sistem Sirkulasi Full Overflow: Jika anda memilih menggunakan sistem sirkulasi ini maka, air kolam renang dibuat tumpah ke seluruh bagian. Sama halnya sistem semi overflow, jika anda menggunakan sistem ini maka akan dibutuhkan perangkat gutter sebagai sarana pelengkap penampungan yang diperuntukan untuk menampung limpahan air. Setelah tertampung pada gutter, selanjutnya air kolam renang tersebut langsung di salurkan ke balancing tank melalui proses filterisasi, dan kemudian air kembali dialirkan ke dalam kolam renang.

Agar air kolam renang memiliki pH standar pelajari cara menurunkan pH air kolam renang. Walaupun lahan dan rumah Anda minimalis, pelajari cara menata rumah sempit agar rumah terlihat indah.

Contoh Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Kolam Renang

Mencari kontraktor pembuat kolam renang profesional sebagai salah satu solusi untuk mempercepat untuk mewujudkan terciptanya kolam renang anda. Hal ini diperlukan mengingat dengan menggunakan jasa kontraktor yang profesional, anda tidak terlalu repot dan pusing untuk memikirkan layout desain yang belum tentu anda mengerti cara mengerjakannya.

Selain itu anda pun tidak perlu terlalu pusing dengan proses pekerjaan teknis di lapangan, karena mereka pastinya sudah memiliki tim yang tentunya sudah berpengalaman dalam merencanakan pembangunan suatu kolam renang. Didalam perencanannya, biasanya kontraktor kolam renang akan memberikan beberapa pilihan alternatif desain yang konsep desainnya bisa menyesuaikan desain rumah anda.

Kontraktor kolam renang yang profesional pastinya juga akan sekaligus membuatkan RAB atau Rencana Anggara Biaya secara detail sehingga anda dapat membuat anggaran secara pasti dan lebih efisien, karena kesalahan perhitungan dapat dihindari lebih dini. Berikut contoh perhitungan RAB membuat kolam renang:

Asumsi jika luas kolam (Panjang x Lebar x Kedalaman) dengan sistem skimmer box:

8 x 5 x 1,5 meter  = 60 m³

Biaya kontruksi dengan asumsi finishing menggunakan mozaik untuk lantai dan dinding kolam renang. Kemudian finishing bibir kolam renang menggunakan batu andesit:

Asumsi biaya konstruksi Rp. 3.000.000,- per m³

Total biaya konstruksi pembangunan kolam renang dengan luas 60 m³ adalah

Rp 3.000.000 x 60 m³ =  Rp 180.000.000,-

Biaya Perlengkapan peralatan kolam renang dan aksesoris kolam renang seperti: Pump, Filter 3/4 Hp, Aksesoris Vacuum Cleaner (Hayward) USD 1500.

Jika rate 1 USD = Rp 15.000,- maka anggaran biaya pembelian perlengkapan kurang lebih sebesar Rp 22.500.000,-

Biaya pengisian air pada tanki dan treatment awal berupa pembeningan = Rp  5.500.000,-

Total perkiraan biaya pembuatan kolam renang dengan ukuran 8 x 5  dan kedalaman 1,5 m menggunakan sistem skimmer box  yaitu sebesar Rp 208.000.000,-.

Demikian penjelasan mengenai desain kolam renang di lahan sempit dan contoh perhitungan anggarannya. Cara merawat kolam renang di rumah, nantinya juga memerlukan biaya sendiri. Jadi persiapkan dana yang cukup sebelum memutuskan membuat kolam renang. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Desain