Sponsors Link

5 Cara Merawat Kolam Renang di Rumah Sendiri

Kolam renang merupakan salah satu bagian favorit dari rumah itu sendiri khususnya di zaman modern seperti sekarang ini. Kolam renang juga menjadi bagian penting bagi rumah agar rumah tampak terlihat lebih indah dan memiliki nilai seni. Kolam renang digunakan untuk melepas penat setelah sibuk bekerja seharian. Selain itu kolam renang juga digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh pemiliknya. Kolam renang bisa membuat rumah menjadi lebih bagus, indah dan menarik. Jika punya kolam renang sendiri bisa lebih murah, mudah dan praktis karena tidak perlu bayar alias gratis dan tidak usah jauh-jauh pergi ke kolam renang umum. Meskipun demikian, anda perlu sadar jika kolam renang juga perlu perawatan agar air bisa terjaga kebersihan dan kolam tidak tumbuh kerak dan juga lumut.

ads

Baca Juga :

Proses perawatan kolam renang bisa dilakukan setiap saat apabila ada waktu luang untuk merawatnya. Mau tidak mau harus diusahakan untuk meluangkan waktu guna melakukan perawatan pada kolam renang anda. Ingat peribahasa bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”, jadi hal yang utama dan perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara merawat kolam renang di rumah. (Baca Juga : cara mengatasi tembok retak)

1. Menjaga Kejernihan Air Pada Kolam Renang

Air merupakan komponen penting dan utama bagi kolam renang itu sendiri. Jika komponen ini tidak terpenuhi, bagaimana mau digunakan untuk berenang? Menjaga kebersihan kolam renang anda sangatlah penting, jika kebersihan air tidak dijaga bisa jadi akan mengakibatkan penyakit kulit karena air yang kotor dan tercemar pasti sudah terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, perawatan kolam renang dirasa sangat perlu dan penting untuk menjaga kejernihan dan kebersihan air pada kolam renang dan tentu saja akan ikut menjaga kesehatan pada perenangnya. (baca juga : cara mencuci sofa kain)

Untuk mengganti air kolam renang idealnya paling cepat 2 minggu sekalilah. Dalam upaya menjaga kejernihan air pada kolam renang, anda bisa mengaplikasikan beberapa obat seperti HCL, tawas, kaporit, Soda dan lain sebagainya. Biasanya HCL digunakan untuk menjaga kondisi PH pada kolam renang. Kaporit digunakan untuk menjaga konsentrasi chlorine. Tawas digunakan untuk menjernihkan kolam begitu pula dengan soda yang kegunaannya sama dengan tawas. Cara-cara tersebut bisa cukup efektif untuk menjaga kejernihan kolam renang anda. (baca juga : cara membuat lemari pakaian dari tripleks)

2. Mencegah Pertumbuhan Lumut Pada Kolam Renang

Dalam menjaga kebersihan kolam, anda bisa menanam beberapa pepohonan di sekitar kolam.  Selain membuat area kolam menjadi asri dan tidak panas, ternyata pepohonan yang menutupi kolam renang dari teriknya sinar matahari dapat juga berfungsi untuk meminimalisir pertumbuhan alga pada kolam renang anda. Pertumbuhan alga bisa membuat air kolam renang anda menjadi berwarna kehijau-hijauan. Jadi untuk mengurangi pertumbuhan alga, anda bisa mengurangi kadar sinar matahari yang terjadi kontak langsung dengan kolam anda. Memang dengan adanya kadar sinar matahari yang terlalu banyak merupakan penyebab lain, yang bisa memberikan kontribusi besar untuk pertumbuhan alga. (baca juga : cara pasang saklar lampu rumah)

Selain itu oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan yang ditanam di sekitar kolam, merupakan penghasil oksigen pada siang hari khususnya bisa membantu menghambat pertumbuhan alga. Alga bisa cepat tumbuh dan berkembang pada keadaan oksigen dengan kadar rendah. Nah, hal ini bisa membantu menekan pertumbuhan alga khususnya pada siang hari, karena memang tumbuh-tumbuhan menghasilkan oksigen pada siang hari. Tentunya cara yang satu ini wajib diterapkan dan diaplikasikan pada kolam renang anda.


Baca Juga :

3. Penggunaan Filter Air Untuk Memisahkan Kotoran Dari Air Kolam Renang

Baik atupun tidaknya kualitas air yang ada pada kolam renang anda tentu saja tidak lepas dari penggunaan alat yang bernama filter (penyaring). Semakin baik dan tinggi kapasitas kerja (peforma) filter maka semakin baik pula kualitas air pada kolam renang anda yang akan dihasilkan. Begitu pula sebaliknya apabila semakin rendah kapasitas kerja (peforma) filter maka semakin rendah pula kualitas air yang akan dihasilkannya. Penggunaan filter air pada kolam renang dirasa sangat penting karena sangat membantu dalam proses penyaringan air dari kotoran-kotoran yang ada pada kolam renang anda. Kolam renang yang bersih akan menjadikan anda nyaman untuk berlama-lama ketika berada di kolam renang tersebut. (baca juga : cara membasmi kecoa di rumah)

4. Penggunaan Alat Penyaring Manual Untuk Menyaring Kotoran

Pada kolam renang yang di sekelilingnya banyak ditanami pepohonan, secara tidak langsung pasti banyak daun-daun kering yang berjatuhan dan mengambang di permukaan kolam renang anda. Hal ini juga harus diperhatikan, jika tidak mau kolam renang anda kotor karena penuh dengan sampah daun-daun kering. Daun-daun kering yang terlihat menumpuk pada permukaan kolam renang juga dapat mengurangi keindahan saat dipandang. Usahakan setiap hari menyaring daun-daun kering yang ada pada permukaan kolam renang anda, agar kebersihan kolam renang tetap terjaga. Biasanya bisa dilakukan dua kali dalam sehari pagi hari dan sore hari. (baca juga : cara mengatasi rumah lembab)


5. Menyikat Kerak-Kerak Yang Menempel Pada Kolam Renang

Pada saat proses pengurasan kolam renang dan penggantian air kolam renang hendaknya dilakukan penyikatan pada dasar dan bagian samping kolam agar kerak dan lumut-lumut yang tumbuh bisa diatasi dengan baik. Penyikatan hendaknya dilakukan secara merata dan menyeluruh agar dasar kolam tampak bersih dan mengkilap. Bisa anda gunakan dan aplikasikan pembersih lantai untuk membantu proses pembersihan dasar kolam. Setelah dilakukan penyikatan secara menyeluruh, anda bisa membilasnya sampai benar-benar bersih dan pastikan jangan mengisi air kolam sebelum proses pembilasan dirasa sudah cukup. Karena jika hal ini dilakukan akan percuma dan pemborosan air bersih. Mungkin bisa juga membuat pekerjaan anda menjadi sia-sia jika masih tampak ada kerak yang menempel.

baca juga :

Dapat ditarik kesimpulan bahwa melakukan perawatan secara rutin pada kolam renang anda dirasa sangat perlu dan penting guna membantu anda untuk tetap menjaga kebersihan dari kolam renang dan juga mencegah berbagai bakteri dapat berkembang biak yang dapat menjaga kesehatan anda. Selain itu untuk tetap menjaga keindahan yang kolam renang itu sendiri. Sampai disini dulu ya, pembahasan mengenai cara merawat kolam renang di rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan