Sponsors Link

5 Cara Menurunkan Ph Air Kolam Renang di Rumah

Kolam renang merupakan tempat yang cocok untuk melepas penat setelah seminggu full bekerja (weekdays), sehingga pada akhir pekan (weekend) bisa refresh otak sejenak dengan berenang. Agar saat berenang kita merasa nyaman, maka alangkah baiknya jika kolam renang tersebut terjaga kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan dari kolam renang diperlukan perhatian dan penanganan khusus, sehingga kolam renang bisa terawat dengan baik dan maksimal.

ads

Baca juga :

Cara Menurunkan Ph Air Kolam Renang

Kolam renang yang baik harus mempunyai Ph sesuai standar. Ph biasa disebut dengan tingkatan derajat keasaman yang dapat didefinisikan sebagai ukuran suatu tingkat keasaman ataupun tingkat kebasaan pada suatu senyawa tertentu. Untuk menurunkan Ph yang ada di kolam renang anda dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana menurunkan pH secara alami. Penggunaan cara-cara yang akan dibahas kali ini sangat cocok untuk air kolam renang anda karena mempunyai sifat alami dan tidak mencemari lingkungan, sehingga tidak ada efek samping pada anda saat berenang terutama anda yang memiliki kulit yang sensitif. Yuk kita simak pembahasannya! (baca juga : cara membuka rolling door yang terkunci)

Berikut beberapa tips dan cara untuk menurunkan Ph pada kolam renang anda, pembahasannya sebagai berikut :

1. Menggunakan Daun Ketapang 

Daun ketapang terbukti ampuh dalam menjalankan fungsi dan perannya untuk menurunkan Ph pada air. Tentu saja daun ketapang ini juga bisa anda jadikan bahan referensi bagi anda dan kemudian anda dapat mengaplikasikannya pada kolam renang anda. Sebelum mengaplikasikan daun ketapang, anda bisa merebusnya terlebih dahulu. Jika tidak anda rebus terlebih dahulu, maka daun ketapang bisa merubah warna air menjadi kekuning-kuningan. Karena di dalam daun ketapang terkandung zat yang bernama zat tanin. (baja juga : cara menghilangkan cat)

Setelah melakukan proses perebusan anda bisa mengambil daunnya untuk direndan di kolam renang anda dalam jangka aktu beberapa hari. Cara ini terbukti ampun untuk menambah tingkat keasaman air dan berarti Ph nya pun menurun. Mungkin hal ini masih jarang dilakukan di lingkungan kita. Tetapi cara ini sangat efektif membantu dalam proses penurunan Ph dan juga ramah lingkungan karena penggunaan bahan yang alami. (baca juga : cara merawat kaktus)

2. Menggunakan Asam Klorida 

Asam Klorida juga sering disebut sebagai asam muriatic mempunyai fungsi dan peranan sebagai pengendali Ph dan juga netralisasi. Asam Klorida sering digunakan dalam sebuah industri-industri di perusahaan-perusahaan tertentu, seperti contohnya pada industri makanan, industri air minum (air mineral), industri farmasi, dan lain sebagainya. Karena bahan baku  yang dipakai haruslah mempunyai tingkat,kadar dan takaran dengan kemurnian yang tinggi. (baca juga : cara perawatan dapur)

Dengan demikian asam klorida adalah salah satu bahan yang bisa anda digunakan untuk membantu anda dalam mengatur Ph (mengatur tingkat keasaman) dari suatu larutan, contohnya seperti sebagai bahan yang bisa digunakan untuk mengontrol nilai Ph pada proses aliran air, maka asam klorida yang dapat digunakan merupakan asam klorida yang mempunyai kualitas baik dan tinggi. Kemudian bisa juga digunakan untuk mengontrol maupun menetralisir pada aliran limbah industri-industri dengan mengaplikasikan asam klorida yang bersifat teknis. Selain itu asam klorida ini, juga dapat anda digunakan dalam menjalankan fungsi dan perannya untuk mengendalikan dan bahkan menurunkan nilai Ph di kolam renang pribadi anda. (baca juga : cara membuat taman di rumah)


3. Menggunakan Tawas Atau Al2(SO4)3 

Tawas juga terbukti efektif dalam proses membantu meningkatkan kadar keasaman pada air dan juga sekaligus menurunkan nilai Ph pada air. Tawas ini merupakan suatu bahan yang bisa sangat membantu dalam proses pengendapan dan juga sudah terbukti dengan sangat baik dan mampu menurunkan nilai pH dengan sangat cepat. Kandungan nilai pH pada air yang bahkan awalnya normal yakni biasanya pada angka 7 bisa berubah dengan cepat karena mengalami penurunan hingga pada angka 6,5. (baca juga : hiasan dinding dari barang bekas)

Jika kadar nilai keasaman terlalu rendah maka air akan terasa sangat pahit. Begitu pula jika kadar nilai keasaman terlalu tinggi maka air akan sangat kental dan licin. Oleh sebab itu, maka kadar nilai keasaman harus dalam keadaan yang normal, karena hal itu lebih baik. Selain itu tawas bisa digunakan dalam proses penjernihan air kolam anda. Jadi penggunaan tawas sangat bermanfaat bagi anda, satu bahan tetapi mempunyai 2 fungsi yang berbeda pada 1 kali pemakaian. (baca juga : cara membuat hiasan dinding dari kertas)

4. Menggunakan Sodium Bisulfat 

Sodium bisulfat dalam keadaan kering (biasanya dijual dalam bentuk kristal seperti garam) termasuk dalam kategori pilihan yang paling populer dan sangat tepat untuk membantu menurunkan nilai Ph pada air kolam renang anda. Takaran yang tepat akan memperoleh hasil yang baik untuk kolam renang anda. (baca juga : cara pengolahan limbah rumah tangga)


5. Menggunakan Ph Down Untuk Menurunkan Nilai Ph Air

Ph Down juga terbukti efektif dalam membantu proses penurunan nilai Ph yang terkandung dalam air kolam renang anda. Ph Down bisa anda beli di toko kimia, karena Ph Down adalah produk yang sudah familiar di kalangan masyarakat pada umumnya. Cara penggunaannya cukup mudah, anda bisa melakukannya hanya dengan menambahkan produk Ph Down ke dalam air kolam renang secara bertahap sedikit demi sedikit. Kemudian tunggu beberapa saat kira-kira kurang lebih selama 20 menit sampai 30 menit, selanjutnya anda bisa melakukan pengukuran kadar air kolam renang yang sudah dicampurkan dengan larutan produk Ph Down dengan menggunakan suatu alat yang dinamakan Ph meter.

Apabila setelah dilakukan suatu proses pengukuran nilai Ph masih belum sesuai dengan kondisi yang anda inginkan, maka anda bisa menambahkan lagi sedikit Ph Down dan kemudian anda bisa melakukan pengukuran lagi sampai dirasa nilai Ph sudah memenuhi standar dan mendapatkan Ph yang anda inginkan ataupun nilai Ph yang ideal.

Baca juga :

Dapat ditarik kesimpulan bahwa menjaga kadar nilai Ph pada kolam renang anda sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, membuat suasana menjadi nyaman, dan dapat menghindari kerusakan kulit yang sensitif. Sampai disini dulu ya pada artikel kali ini yang membahas mengenai cara menurunkan Ph pada kolam renang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik