Sponsors Link

4 Cara Agar Lantai Tidak Licin yang Wajib Diketahui

lantai licinRumah yang baik tidak hanya tergolong pada ciri-ciri rumah sehat, namun juga aman dan nyaman digunakan oleh penghuni rumahnya. Tips menata rumah yang baik tidak hanya berkonsentrasi pada tips memilih furniture rumah dan juga cara penataannya, namun juga terletak pada kebersihan lantai. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lantai adalah noda kotor dan lantai menjadi licin. Kedua kasus ini dapat ditemukan pada lantai di berbagai jenis-jenis rumah tinggal, terlebih lantai di ruang dapur yang riskan kotor. Padahal lantai yang licin sangatlah berbahaya apabila dibiarkan begitu saja.

ads

Anda pasti tidak jarang mendengar cerita maupun berita mengenai seseorang yang terjatuh akibat lantai licin bukan? Pada kasus yang parah, seseorang tersebut dapat mengalami stroke. Namun tidak ada yang tahu pasti bahaya yang dapat ditimbulkan dari lantai yang licin. Namun faktanya adalah kondisi lantai yang licin sangat membahayakan keselamatan penghuni rumah, terlebih untuk kaum lansia dan juga anak-anak. Menurut European Agency for Safety and Health at Work, dituturkan bahawa sebanyak 25% orang yang terjatuh di tempat kerja dengan penyebab utama yakni terperleset, dalam kurun waktu sebulan tidak bisa sembuh. Fakta ini tentunya sangat mengkhawatirkan bukan?

Untuk itu menjaga agar lantai rumah tidak licin, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu cara membersihkan noda licin tersebut adalah dengan membuat larutan air jeruk nipis. Penasaran? Berikut ini adalah cara agar lantai tidak licin yang dapat Anda lakukan, simak!

  1. Membuat campuran air jeruk nipis

Agar lantai tidak licin Anda dapat menggunakan cairan jeruk nipis sebagai penangkalnya. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu jeruk nipis secukupnya. Selanjutnya, kupas jeruk tersebut lalu peras hingga airnya keluar. Lakukan secara terus menerus hingga air perasan sudah di rasa cukup. Apabila selesai, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mencampurkan air perasan jeruk itu dengan satu gelas air. Komposisi yang digunakan adalah 1:1 antara jeruk nipis dan juga air. Takaran ini digunakan untuk membersihkan setiap 1 meter persegi lantai yang licin.

  1. Mengoleskan larutan jeruk nipis pada lantai

Apabila cairan sudah sudah dibuat, Anda dapat memasukkannya ke dalam wadah baskom. Lebih praktis lagi jika cairan tersebut dimasukkan ke dalam botol spray. Langkah selanjutnya adalah  menyemprotkan cairan tersebut pada permukaan yang licin. Pastikan setiap bagian terkena dan jangan sampai ada yang tertinggal. Bahkan hingga bagian sudut ruangan sekalipun.

  1. Mengelap lantai

Apabila sudah disemprotkan, selanjutnya Anda perlu menunggu beberapa saat hingga cairan air jeruk tersebut bereaksi. Setelah menunggu beberapa saat, kemudian bersihkan lantai dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa pel. Basahi pel dengan menggunakan air bersih dan lap lantai tersebut dari bagian ujung terlebih dahulu. Terus menerus hingga ke bagian belakang, setelah itu tunggu sampai lantai kering.

  1. Membersihkan kembali lantai

Begitu lantai sudah kering, bersihkan kembali lantai Anda dengan menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan supaya noda licin benar-benar hilang dan tidak menempel lagi pada lantai rumah Anda. Gunakan cairan pembersih lantai secukupnya dan bilas lantai secara menyeluruh. Tunggu lantai sampai benar-benar kering sebelum hendak digunakan kembali. Langkah ini harus dilakukan secara berskala supaya lantai licin tidak akan pernah datang lagi pada rumah Anda.

Demikianlah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara agar lantai tidak licin. Selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Lantai