Sponsors Link

13 Tips Menata Rumah Agar Rapi

Menata rumah merupakan salah satu pekerjaan yang wajib dilakukan karena tidak hanya sebagai tempat tinggal rumah juga menjadi cerminan orang yang tinggal didalamnya. jadi kebayang dong gimana karakter orang tersebut jika rumahnya berantakan?? Cara Menata Rumah tidak perlu punya keahlian khusus, cuma butuh niat dari dalam hati untuk mempercantik rumah dengan hal-hal simple yang bisa dilakukan semua orang. Berikut Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Cara Menata Ruangan Rumah, seperti Cara Menata Ruang TamuCara Menata Kamar Tidur Yang Sempit, Cara Membuat Taman Di Rumah, dan dll. Berikut adalah Tips Menata Rumah Menurut Rumah Lia :

ads

1. Lihat Ukuran Rumah 

Melihat Ukuran rumah merupakan salah satu hal penting sebelum memulai menata rumah. Karena dengan melihat ukuran rumah seperti Cara Menata Rumah Sempit agar terlihat luas, kita bisa menentukan konsep Rumah Minimalis Sederhana. Jika rumah anda merupakan model Desain Rumah Minimalis, ini merupakan jenis rumah yang memiliki ukuran yang sangat kecil.

2. Menentukan Tema Suatu Rumah 

Menentukan tema adalah hal penting selanjutnya karena dengan menentukan tema kita dapat dengan mudah mengatur tiap-tiap ruangan yang ada di dalam rumah. ada beberapa tema rumah yang mungkin bisa dijadikan referensi

  • Tema Minimalis

Tema ini pastinya sudah tidak asing bagi semua kalangan karena tema ini paling umum digunakan oleh masyarakat. ya.. minimalis merupakan desain rumah yang simple namun tetap enak dilihat. Anda Dapat memilih Desain Rumah Minimalis berbagai type sebagai referensi rumah minimalis.(Baca : Tips Membuat Rumah Minimalis Modern, Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis)

Kamar Tidur Utama dengan Tema Alam

Ciri-Ciri Rumah Minimalis biasanya memiliki desain rumah yang kecil dan sederhana, dimana tidak terlalu banyak sekat dinding pada rumah minimalis ini. Pemilihan warna juga harus dipertimbangkan Warna Cat Rumah Elegan Minimalis agar terlihat mewah.

  • Tema Shabby Chic

Tema Shabby Chic sangat digemari sebagian masyarakat karena desain yang digunakan yakni menggabungkan antara desain vintage, flowers dan warna yang digunakan menggunakan warna-warna pastel dan warna lembut dengan berbagai furniture yang cantik dan klasik.(Baca : Tips Memilih Furniture)

  • Tema Vintage

Siapa yang tidak mengenal vintage? tema vintage yang sedang digemari masyarakat luas karena dengan desain yang kuno namun dengan penataan yang baik dan match akan memberi kesan menarik dan modern.

  • Tema Rustic

Rustic sebenarnya tidak jauh dari vintage namun yang membedakan yaitu pada penataannya dan desainnya, rustic lebih kepada bentuk yang bertentangan dengan kerapihan namun tetap artistik.

  • Tema Modern

Tema ini pasti sudah banyak yang memakainya karena selain kekinian, properti penunjang akan sangat mudah dicari di toko-toko. mayoritas dari masyarakat menggunakan tema ini untuk desain rumah mereka. Dengan model desain tema modern masa kini, tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mengingikan rumah mereka memiliki tampilan yang cantik.

3. Sesuaikan Properti dengan Ukuran Rumah

Kebanyakan dari orang memilih properti yang besar (contoh : Sofa yang besar) padahal rumah yang dimiliki sangat kecil ini mengakibatkan kesan yang sangat sumpek atau terlalu penuh  karena properti yang dimiliki tidak sesuai. berikut adalah tips memilih properti untuk rumah anda.

  • jika anda memiliki rumah yang relatif kecil, alangkah baiknya anda memilih properti yang tidak terlalu besar supaya terkesan luas, rapi dan minimalis. ada Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan Sempit
  • jika anda memiliki rumah yang sedang, alangkah baiknya anda juga memilih properti yang tidak terlalu besar juga karena selain terlihat luas akan lebih terlihat rapih
  • jika anda memiliki rumah yang besar, alangkah baiknya anda memilih properti yang besar juga. karena jika memilih properti yang kecil maka bukan kesan luas malah terlihat rumah anda sangat sepi.

4. Sesuaikan Properti Rumah Satu Tema Saja

Tentukan Tema terlebih dahulu sebelum membeli propertinya. karena dengan menggunakan satu tema saja akan memberikan kesan menarik dan memiliki ciri khas tersendiri. jangan sampai satu rumah namun berbeda-beda tema karena memberikan kesan yang tidak nyambung dan hasilnya pasti tidak akan menarik.

5. Gunakan Cermin Untuk Kesan rumah Lebih Luas

jika anda memiliki rumah yang cenderung kecil alangkah baiknya anda menggunkan cermin sebagai trik untuk memberi kesan luas pada rumah anda. tambahkan cermin yang besar dan tempatkan pada sudut ruangan yang ingin anda tonjolkan untuk kesan lebih luas misalnya pada ruang keluarga, ruang tamu, dsb.

Sponsors Link

6. Jangan Terlalu Banyak Barang 

memiliki banyak barang dirumah akan memberikan kesan yang terlalu ramai dan cenderung berantakan. belilah barang yang dibutuhkan saja jangan terlalu berlebihan cukup dengan penataan yang pas akan memperlihatkan kesan menarik pada rumah

7. Memasang Jendela Kaca yang Besar

Selain memberikan kesan rumah yang luas jendela kaca yang besar membuat pencahayaan pada rumah akan sangat baik. sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik dirumah.

8. Tidak Terlalu Banyak ‘Sekat’ Pada Rumah

Sekat yaitu pembatas antara ruangan satu ke ruangan yang lainnya. dengan memberikan banyak sekat yang pasti akan sangat memberikan kesan sempit pada rumah. untuk itu berilah sedikit sekat yang diperlukan saja  jangan terlalu banyak sekat pada rumah.

Sponsors Link

9. Pemilihan Cat yang Tepat

Cat juga mempengaruhi dalam penataan rumah yang bagus. Anda juga dapat melakukannya dengan Tips Mengecat Rumah Sendiri dengan Cara Memilih Warna Cat yang memberikan kesan bersih, terang dan luas. Warna Pastel juga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk cat rumah karena memberikan kesan yang ceria pada rumah. anda dapat menjadikan referensi ini untuk cat rumah anda. Selain pemilihan warna juga, anda harus mengetahui kelebihan dari cat tersebut, apakah cat tersebut merupakan Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur. Untuk menyiasati rumah mungil anda, pilihlah Warna Cat Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Mewah. (Baca :Cara Menghilangkan Cat di Berbagai BidangCara Mengelupas Cat Tembok dengan Cepat)

10. Penataan Ruang Kamar Tidur Yang Tepat

Kamar adalah tempat yang paling favorit oleh semua orang karena digunakan sebagai tempat istirahat oleh karena itu perlu desain kamar yang nyaman untuk orang dewasa maupun anak-anak. Cara Mendesain Kamar Anak dan Dewasa tentualah berbeda. Biasanya untuk desain kamar anak-anak tampilannya lebih ramai, contohnya saja seperti membuat Hiasan Dinding Dari Barang Bekas yaitu dengan Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas atau menggunakan wallpaper. Berbeda sekali untuk kamar dewasa, tampilan sentuhan lebih lembut dengan pilihan furniture yang senada dengan tempat tidur dan meja rias.

11. Penataan Dapur Yang Baik

Dapur biasanya tidak terlalu difikirkan oleh sebagian orang karena tidak terlihat oleh orang lain, namun hal ini patut dipertimbangkan dalam menata dapur bukan karena tidak dilihat orang namun lebih ke kenyamanan pribadi. cukup dengan menata rapih peralatan dapur anda akan memberikan kesan yang sangat baik bagi diri anda sendiri dan keluarga.

12. Usahakan Tempat Mencuci Baju Tidak Terlihat Oleh Orang

tempat mencuci baju alangkah baiknya tidak terlihat oleh orang karena pastinya akan sangat jorok apabila hal itu terjadi. jika tidak ada tempat beri sekat menggunakan tirai atau lemari yang selain berguna untuk pemisah antara ruang mencuci baju dengan ruangan lainnya juga sebagai pajangan.

13. Penataan Teras yang simple

setiap rumah menurut saya pasti memiliki teras untuk itu untuk anda yang tidak memiliki teras yang cukup besar anda masih bisa mendesain teras anda supaya terlihat cantik. salah satunya cukup memberikan 2 buah kursi dan satu meja menghadap ke jalan sudah bisa mempermanis rumah anda. jika anda memiliki cukup luas halaman rumah anda, anda dapat menambahkan mini park di halaman rumah anda.

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, November 2016 / 03:49 Oleh :
Kategori : Tips & Trik