Sponsors Link

6 Cara Membersihkan Lantai Vinyl Paling Tepat

membersihkan lantai vinylMaterial vinyl merupakan salah satu bahan yang sering diaplikasikan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal sebagai material pelapis lantai. Karena relatif murah dan motifnya yang beragam, lantai ini dapat menyulap rumah biasa menjadi mewah. Namun satu kekurangan yang dimiliki oleh lantai vinyl, yakni material ini terlalu sensitif pada permukaan yang kasar. Maka dari itu, proses membersihkan lantai vinyl harus dilakukan dengan tepat dan aman. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan lantai vinyl yang baik dan benar, yakni:

  1. Menyapu lantai secara menyeluruh

Membersihkan lantai vinyl yang dapat Anda lakukan yang dengan menyapunya. Setiap hari, akan selalu ada debu dan kotoran yang hinggap di lantai rumah. Maka dari itu, kegiatan menyapu harus selalu rutin dilakukan. Namun perlu Anda ketahui bahwa lantai vinyl sangat sensitive terhadap permukaan yang abrasive atau kasar. Oleh karena itu, alat kebersihan rumah seperti sapu haruslah terbuat dari bahan dasar yang lembut. Untuk amannya, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner sebagai pengangkat kotoran.

  1. Membersihkan tumpahan air sesegera mungkin

Apabila secara tidak sengaja ditemukan tumpahan air pada permukaan lantai vinyl, maka Anda perlu membersihkannya sesegera mungkin. Meskipun tumpahan ini hanya berupa air putih, jus atau soda yang dapat mengering dengan sendirinya. Mengapa demikian? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lantai vinyl merupakan lantai yang sangat sensitif. Terlalu banyak kandungan air pada lantai ini dapat membuat permukaannya cepat berkerut hingga lapuk atau bahkan dapat memicu timbulnya jamur. Oleh karena itu, segera bersihkan noda tumpahan dengan menggunakan lap kering.

  1. Menggunakan campuran cuka

Cuka merupakan salah satu bahan pembersih yang sangat multifungsi. Tidak hanya dapat digunakan sebagai cara membersihkan lantai vinyl, cuka juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan lantai kayu dan cara membersihkan keramik yang kusam. Pembersih cuka ini dapat dicampurkan dengan pel seperti biasa. Kandungan asam yang dimilikinya dinilai ampuh untuk menghilangkan jejak noda yang menempel pada lantai.

  1. Menggunakan produk pembersih komersial

Apabila Anda tidak begitu menyukai aroma sengit yang ditimbulkan oleh cuka, Anda dapat menggunakan pembersih komersial lain yang banyak beredar di pasaran. Dalam memilih produk yang tepat, pastikan produk tersebut memang dirancang khusus untuk membersihkan lantai vinyl. Memang umumnya produk pembersih ini aman digunakan, namun hindari produk yang menggunakan pemutih di dalamnya.

  1. Menghilangkan goresan pada lantai vinyl

Sering kali secara tidak sengaja lantai vinyl Anda akan tergores dengan sendirinya. Lebih mengkhawatirkan lagi, lantai vinyl memang memiliki karakteristik yang rentan tergores. Goresan ini tentunya akan mengurangi keindahan tampilan rumah Anda bukan? Lalu apa yang harus Anda lakukan? Tenang saja! Anda dapat menggunakan sedikit minyak pada kain halus, lalu gosokkan pada permukaan yang tergores. Bila goresan tersebut hanya berupa goratan ringan, biasanya goresan akan mudah untuk dihilangkan. Namun apabila goresan sudah terlalu parah, maka untuk mengatasinya Anda perlu mengganti lantai dengan prodyk yang baru.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda juga dinilai ampuh untuk membersihkan lantai vinyl. Selain dapat digunakan sebagai cara membersihkan soda dengan baking soda dan cara membersihkan spring bed dengan baking soda, kandungan yang terdapat di dalam bahan ini dinilai ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel dipermukaan lantai.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membersihkan lantai vinyl yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Lantai