Sponsors Link

7 Cara Membersihkan Keramik yang Kusam

keramik kusamBukan perasaan yang menyenangkan jika rumah minimalis sederhana yang indah di rusak dengan pemandangan lantai keramik yang kusam. Disamping kelebihan dan kekurangan lantai keramik, material yang termasuk ke dalam salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah ini memang paling banyak digunakan diberbagai jenis-jenis rumah tinggal karena harganya yang terjangkau dan memiliki tampilan yang menarik. Namun, keramik yang sudah terlalu lama dipakai cendurung meredup kilaunya dan menjadi kusam. Mengapa demikian? Hal ini bisa saja dipicu oleh kotoran yang mengendap karena tidak lama dibersihkan atau juga karena Anda membersihkan lantai tidak benar-benar bersih merata.

ads

Kotoran tersebut kemudian mengeras seiring berjalannya waktu sehingga menutupi permukaan keramik. Dengan kondisi ini, keramik akan terancam rawan tergores dan mudah rusak. Tapi jangan khawatir! Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Mau tahu? Berikut ini adalah cara membersihkan keramik yang kusam. Simak!

Cara Membersihkan Keramik Yang Kusam

Cara membersihkan keramik yang kusam dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini adalah cara-caranya, yaitu :

  1. Menghilangkan kusam dengan baking soda

Nyatanya di pasaran sudah banyak menjual beragam jenis pembersih keramik untuk mengatasi noda kusam. Akan tetapi, terkadang jenis pembersih itu memiliki kandungan zat asam walau pun tidak terlalu banyak. Zat asam ini memungkinkan untuk merusak lapisan keramik yang perlahan-lahan terkikis sehingga tidak mengkilap kembali. Walau disisi lain, zat asam relatif lebih cepat membersihkan noda-noda menempel seperti kusam pada lantai keramik. Cara membersihkannya cukup mudah. Campurkan baking soda dengan pasta gigi putih, kemudian gunakan kain basah dan gunakan campuran tersebut untuk mengelap permukaan keramik. Lakukan secara perlahan-lahan dan menyeluruh maka noda kusam perlahan akan menghilang.

  1. Menghilangkan kusam dengan cuka

Larutan cuka juga dapat membantu menghilangkan noda kusam pada keramik. Caranya adalah dengan menuangkan larutan cuka pada area lantai yang kusam. Setelah itu, diamkan dan tunggu selama kurang lebih 15 menit. Ketika sudah selesai, gunakan kain kering dan gosok permukaan lantai tersebut hingga noda kusam menghilang. Tahap akhir pembersihan dapat Anda tambahkan pewangi untuk membilas lantai supaya aroma cuka menghilang.

  1. Menghilangkan kusam karena noda minyak

Tahukah Anda bahwa noda minyak atau oli yang tidak segera dibilas ketika mengenai lantai keramik dapat memicu noda kusam pada lantai tersebut? Jika hal ini sudah terjadi, Anda tidak boleh tinggal diam. Mencuci dengan menggunakan air bersih atau pembersih lantai lainnya terkadang masih dapat menyisakan licin dan bekas minyak. Jika sudah seperti ini, Anda dapat menggunakan taburan tepung pada lantai dan diamkan tepung menyerap minyak yang ada. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan lap kering dan bilas kembali menggunakan pewangi lantai.

  1. Menghilangkan kusam dengan cairan pembersih

Cairan pembersih sangat praktis dan mudah di dapat. Anda dapat menggunakan berbagai jenis pembersih lantai yang terpercaya untuk membersihkan keramik. Pembersih ini biasanya diformulasikan untuk mengangkat berbagai noda yang melekat pada lantai, seperti noda kusam, kerak dan berbagai noda lainnya. Cukup campurkan dengan air dan mengelap lantai menggunakan cairan tersebut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Sponsors Link

  1. Menghilangkan kusam dengan kaporit

Lantai keramik tidak hanya digunakan untuk ruang-ruang utama seperti ruang tamu dan ruang keluarga, tetapi juga biasa digunakan di kamar mandi. Untuk menghilangkan noda kusam keramik di lantai kamar mandi, Anda dapat menggunakan kaporit sebagai penangkalnya. Caranya adalah dengan menabur bubuk kaporit tersebut pada keramik yang mengusam. Setelah itu biarkan selama setengah jam, dan selanjutnya Anda dapat membilas dengan menggunakan air bersih. Jika ternyata noda kusam masih melekat, Anda dapat membantu menghilangkan dengan menggosok lantai tersebut dengan sikat.

  1. Menghilangkan kusam dengan sitrun

Sitrun semacam buah jenis lemon juga mampu digunakan untuk membersihkan noda kusam keramik. Karena di dalam sitrun terkandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda-noda di permukaan lantai, seperti noda kusam.

  1. Menghilangkan kusam dengan bahan sendiri

Dalam menghilangkan noda kusam keramik, Anda juga dapat menggunakan bahan racikan sendiri. Yakni dengan mencampurkan air panas secukupnya dengan sabun cuci piring biasa. Merek sabun cuci piring dapat beragam dan tidak ada ketentuan khusus. Dengan cara ini Anda dapat membersihkan lantai dengan cara mengelap ke permukaan yang kusam. Jangan lupa di bilas kembali setelah selesai membersih.

Sponsors Link

Cara membersihkan keramik yang kusam dapat dilakukan dengan berbagai macam bahan, terkandung kreatifitas Anda sendiri. Dengan begini berbagai macam desain minimalis rumah Anda pun tidak akan mengalami masalah lagi. Warna cat rumah elegan Anda akan semakin menonjol dengan lantai keramik yang mengkilap. Demikianlah, selamat mencoba!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Lantai