Sponsors Link

9 Tips Menata Ruang Tamu Tanpa Kursi agar Tetap Nyaman

Ruang tamu menjadi ruangan yang sangat penting dalam sebuah rumah. Ruangan ini digunakan untuk menerima tamu sehingga bisa berdiskusi dengan nyaman dan tenang. Ruang tamu juga sering dinilai oleh tamu yang masuk ke rumah Anda. Mereka bisa tahu tipe seperti dan ini memberikan penilaian yang sangat khusus pada pemilik rumah. Karena itu ruang tamu harus terlihat bersih, rapi dan nyaman.

Bahkan dalam ajaran feng shui rumah agar rejeki lancar, ruang tamu juga memiliki peran yang sangat penting. Karena itu biasanya pintu ruang tamu menunjukkan seberapa besar keinginan Anda untuk menerima tamu atau orang asing yang baru datang ke rumah. Namun ruang tamu juga harus disesuaikan dengan ukuran rumah sehingga tampak seimbang. Mungkin Anda ingin membuat ruang tamu berkesan luas sehingga tidak ingin menggunakan kursi tamu. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai tips menata ruang tamu tanpa kursi namun nyaman.

  • Menggunakan meja kecil dan bantal tinggi

Kursi memang menjadi kebutuhan yang sangat formal untuk ruang tamu. Pasti tamu Anda ingin duduk di kursi dengan nyaman saat baru masuk ruang tamu. Namun ketika Anda tidak ingin menggunakan kursi maka coba pertimbangkan sebuah meja kecil dengan bantal tinggi yang nyaman. Dengan cara ini maka Anda tetap bisa meletakkan kopi, teh atau makanan ringan di atas meja. Kesan ini juga menghilangkan ruang tamu yang kurang sopan karena semua perabot ada di bawah. Ingat bahwa kenyamanan tamu juga harus diperhatikan. Dengan cara ini maka desain ruang tamu minimalis menjadi sangat nyaman.

  • Lengkapi dengan bed rendah sederhana

Jika Anda tetap tidak ingin menggunakan kursi maka cobalah juga dengan model bed yang rendah dan sederhana. Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar ruang tamu tetap terlihat nyaman dan indah. Cara untuk menutupi jika itu adalah bed yang rendah adalah dengan meletakkan bantal panjang di atasnya. Ukuran bed ini memiliki lebar seperti kursi dan dengan tinggi hanya beberapa sentimeter saja. Fungsinya adalah untuk menjaga agar bantal panjang tetap konstan. Kemudian model desain ini juga bisa diterapkan untuk ruangan yang tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Desain ini akan menjadi cara menata rumah yang paling menarik tapi sederhana.

  • Beri satu kursi dan meja

Jika Anda ingin memberi kesan bahwa itu adalah bagian dari ruang tamu, meskipun tanpa kursi tamu yang formal, maka tempatkan satu kursi saja. Satu kursi dan satu meja kecil akan membuat ruangan menjadi semakin indah. Namun tata letak kursi ini sebaiknya tidak di area utama. Anda bisa meletakkan di pojok ruangan. Kemudian lengkapi dengan meja kecil lain yang dikelilingi bantal. Dengan cara ini ruangan tetap berkesan sebagai ruang tamu dan Anda bisa menggunakan kursi tunggal saat minum kopi atau teh sendiri. Ditambah dengan adanya pintu rumah minimalis maka ruangan benar-benar memiliki desain yang indah.

  • Lengkapi dengan perabot ruang tamu

Anda juga harus mencoba untuk melengkapi ruangan dengan perabot dengan ruang tamu. Cara ini sangat penting untuk mendukung bahwa itu adalah ruang tamu meskipun berkesan kurang formal atau kurang sopan. Perabot ini adalah dengan menempatkan jendela pada sisi dinding yang sesuai. Kemudian buat sebuah meja yang menyatu dengan dinding dimana bisa digunakan untuk meletakkan beberapa perabot. Dan lengkapi dengan bantal lantai yang nyaman. Itulah cara menata ruang tamu  yang nyaman meskipun tidak menggunakan kursi.

  • Lengkapi dengan kursi malas di pojok ruangan

Anda juga bisa mencoba untuk melengkapi ruangan dengan kursi malas. Cara ini yang akan membuat ruangan benar-benar memberi kesan yang sangat santai. Kursi malas bisa diletakkan di pojok ruangan dengan menghadap jendela atau bagian rumah yang lain. Kemudian letakkan bantal-bantal santai yang digunakan untuk menerima tamu dengan nyaman. Ingat tetap untuk meletakkan sebuah meja atau papan kecil yang dikelilingi oleh bantal.

  • Karpet lembut dan bantal lantai

Lalu Anda juga harus mencoba untuk membuat lantai nyaman untuk menerima tamu. Caranya adalah dengan memenuhi lantai ruang tamu dengan karpet yang sangat lembut. Dengan cara ini maka tamu bisa duduk dengan nyaman. Warna karpet bisa disesuaikan dengan desain interior dalam ruang tamu. Misalnya biru, kuning, merah atau coklat. Kemudian sesuaikan dengan warna bantal lantai yang kontras sehingga benar-benar indah. Dengan cara ini maka ruangan menjadi sangat menarik.

  • Hiasan untuk ruang tamu

Karena itu adalah ruang tamu meskipun tanpa kursi maka cobalah untuk meletakkan beberapa hiasan yang khas dengan ruang tamu. Anda bisa memilih pajangan dinding baik itu dari foto atau hiasan dinding dari kerajinan tangan. Anda juga bisa meletakkan lukisan di beberapa dinding sehingga memberi kesan yang hangat. Penting juga untuk meletakkan hiasan sesuai dengan warna interior dalam rumah.

  • Alas duduk menempel pada dinding

Jika Anda memperhatikan maka biasanya kursi untuk ruang tamu terletak menempel atau berdekatan dengan ruang tamu. Konsep ini ternyata bisa Anda terapkan jika menggunakan alas duduk yang berdekatan atau menempel ke dinding. Ukuran alas duduk bisa dipilih yang panjang dan selebar ukuran kursi. Dengan begitu ruangan menjadi sangat menarik dan nyaman untuk tamu yang duduk. Tapi dengan model alas seperti ini maka Anda juga harus menjaga kebersihan.

  • Gunakan karpet busa

Anda juga bisa menggunakan karpet busa atau dengan kasur busa yang tipis. Kemudian tutup karpet busa dengan kain yang lembut dan nyaman. Anda bisa memainkan motif dan warna sehingga membuat kesan ruangan lebih nyaman sebagai ruang tamu. Lengkapi juga dengan bantal – bantal yang besar dan lucu sehingga ketika ada tamu maka bisa memberi kesan akrab. Model desain seperti ini juga bisa diterapkan di ruang santai.

Itulah berbagai tips menata ruang tamu tanpa kursi namun nyaman. Dengan model interior ruang tamu seperti ini maka akhirnya ruang tamu tetap  bisa digunakan semestinya walau tanpa sofa dan menjadi ruang tamu yang sangat unik.

,



Oleh :
Kategori : Ruang Tamu