Sponsors Link

70 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Dalam membuat Desain Rumah Minimalis seperti desain ruang tamu, kadang kita hanya sekedar membuat ruang tanpa memikirkan konsep Cara Menata Rumah agar tampak rapi, sehingga ketika bangunan sudah jadi kadang tampak biasa saja. Selain itu, sebaiknya dalam mengisi bagian interior rumah maka kita perlu memperhitungkan apa saja yang diperlukan di dalam ruang tamu agar tidak terjadi Kesalahan dalam Desain Interior. Namun, tetap mempertahankan konsep Rumah Minimalis Sederhana. Berikut beberapa Cara Menata Ruang Tamu yang dapat diterapkan sebelum kita membuat sebuah ruang tamu dengan berbagai model  Desain Ruang Tamu Minimalis.

ads

1. Letak ruang tamu

Letak ruang tamu sebenarnya bisa kita desain sesuai dengan kemauan kita, namun tetap menggunakan konsep rumah minimalis. Fungsi Ruang Tamu adalah tempat untuk meymabut tamu yang datang dan berkunjung ke rumah. Sehingga, desain ruang tamu memang di anjurkan.

Untuk ruang tamu yang diletakkan terpisah dari ruang keluarga, dapat kita atur berbeda. Untuk tata letak bisa kita ambil misalnya pada bagian paling depan rumah bisa pada posisi serong kesalah satu sisi samping atau mungkin agak ke tengah.

Untuk akses ke ruang tamu, bisa kita hubungkan dengan akses menuju ruang keluarga. Sedangkan akses menuju Pintu Rumah Minimalis, bisa kita buat langsung menuju pintu luar, atau dengan menambahkan sedikit koridor menyamping sehingga antara akses pintu dan ruang tamu tidak tampak.(Baca : Jenis-Jenis PintuCara Membuat Pintu Geser dari TriplekCara Membuat Pintu Aluminium)

Bentuk lain dari  Cara Menata Ruang Tamu yaitu dengan desain rumah minimalis pada rumah dengan ukuran lebih kecil, biasanya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan terdiri dari satu-kesatuan ruangan. Hal ini selain bertujuan untuk menghemat ruang, juga memudahkan akses. Selain itu, hal ini dapat memudahkan bagi pemilik rumah untuk melakukan jamuan. Namun kekurangannya adalah tidak adanya privasi atau pembatas terhadap tiap ruangan dengan aktivitas keperluan yang tentunya berbeda.

2. Bentuk ruang

Bentuk ruang seperti pada umumnya dari konsep rumah minimalis. luas ruangan bisa terserah dari pemilik rumah, yaitu bisa berukuran besar, berukuran sedang atau berukuran kecil, tergantung dari luas lahan serta keinginan dari pemilik rumah. Namun dari segi arsitek bangunan, baik dari segi bentuk penataan letak dinding dan desain langit-langit tetap mempertahankan gaya minimalis.

Perpaduan desain membentuk garis-garis vertikal dan horizontal akan membuat ruangan seperti menampilkan kesan bentuk ruang yang bersudut atau kotak-kotak. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun untuk memaksimalkan nilai visual diperlukan penataan dari proses pengecatan atau pewarnaan dan pengaturan perabotan atau furniture untuk ruang tamu. Jika memungkinkan sebaiknya dibuat juga jendela kaca lebar atau berbentuk pintu kaca lebar dan tinggi agar bisa dijadikan pemandangan atau dibuka untuk mendapatkan sirkulasi.

Baca juga :

3. Pengecatan

Konsep Cara mengecat dinding ruang tamu minimalis dapat menggunakan konsep Warna Cat Rumah Agar Terlihat Luas. Pewarnaan monokrom dari rumah minimalis atau melakukan eksplorasi dengan penggunaan Warna Cat Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dengan warna cerah atau menggunakan perpaduan warna yang membuat ruangan lebih hidup atau berwarna namun tetap terlihat menyatu dan tidak majemuk atau terlalu ramai.

Hal ini dapat disesuaikan tergantung pada selera pemilik rumah. Untuk konsep pewarnaan cerah biasanya memadukan warna pastel dan putih. Sehingga akan memancarkan kondisi ruangan yang tampak bersih dan sehat. Warna pastel dan putih cenderung lebih sulit membuat bosan orang yang melihat.

Untuk konsep yang lebih berwarna, kita bisa memadukan antara warna redup atau mungkin warna pastel dengan warna yang terang mencolok. Hal ini bisa menggunakan warna redup atau pestel sebagai warna dasar baik dinding atau langit-langit ditambah denganwarna furniture yang memadukan warna mencolok dan disesuaikan dengan warna dasar dinding.

Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab dan Berjamur adalah dengan memilih Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur, pilihan cat anti lembab merupakan Cara Mengatasi Rumah Lembab dan berjamur akibat cuaca.

Artikel Terkait :

4. Wallpaper

Sebenarnya pada ruang tamu, tidak seharusnya menggunakan metode ini. Penggunaan atau Fungsi Wallpaper Rumah sebenarnya hanya untuk pengganti pengecatan dinding. Kelebihan Kekurangan Wallpaper Dinding terdapat pada pilihan wallaper masing-masing. Kelebihan dari penggunaan wallpaper sendiri adalah banyaknya keanekaragaman warna yang bisa langsung dipilih dan dilihat hasilnya seperti apa saat di rekatkan ke dinding. Selain itu, kita juga bisa memilih motif wallpaper yang kita mau, jika kita menginginkan ruang tamu dengan motif tertentu. Namun kerugiannya adalah biaya yang diperlukan lebih mahal dan butuh tenaga kerja yang baik dalam memasangnya agar dapat merekat dengan baik dan tahan lama. Maka dari itu untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan karena harga wallpaper mahal, ada baiknya anda mengetahui Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang Tamu.(Baca : Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur)

Sponsors Link

5. Furniture atau perabotan

Untuk konsep rumah minimalis sebainya untuk mengisi interior ruang tamu dengan furniture atau perabotan sebaiknya tetap memegan konsep yang tidak terlalu ramai. Saat ini banyak rumah dengan ruang tamu yang tidak begitu besar dan diisi dengan furniture utama, seperti kursi atau sofa, meja dan beberapa hiasan pada sudut rumah. Selain itu, Tips Memilih Furniture rumah minimalis adalah lebih mengarah ke bentuk-bentuk sedrhana yang memiliki sudut seperti bujur sangkar atau membulat, dibanding dengan furniture klasik yang memiliki bentuk yang banyak ukiran atau berbahan kayu.

6. Kursi atau sofa

Saat ini lebih banyak orang memilih menggunakan sofa dibanding menggunakan kursi. Tips Memilih Sofa, sebaiknya pilih yang sesuai dengan latar cat atau warna dinding pada ruang tamu. Untuk ruang tamu minimalis, kebanyakan digunakan Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil yang bentuknya seperti kotak atau persegi dibanding dengan sofa yang memiliki bentuk lengkung. Ukurannya pun sebaiknya jangan yang begitu besar. Biasanya sofa yanng digunakan yang tidak terlalu tinggi, dan secara umum sofa tersebut memiliki satu jenis warna yang membungkus seluruh sofa, dibanding dengan yang memiliki warna ramai.

Untuk ukuran sofa, bisa di sesuaikan dengan kemauan pemilik, apakah suka yang besar atau berukuran kecil untuk perorangan. Bentuk lain dalam memilih tempat duduk, biasanya juga banyak orang memilih bentuk kursi empuk yang kecil tanpa sandaran (bisa bentuk bulat atau kotak) dan cocok untuk ukuran perorangan yang disusun beberapa buah di dalam ruang tamu. Hal ini untuk mengganti sofa yang memiliki ukuran lebih besar sementara ukuran ruang tamu berukuran kecil. Untuk bahan sofa sebaiknya anda memilih sofa dari bahan kulit atau kain, karena Cara Membersihkan Sofa seperti Cara Mencuci Sofa Kain dengan bahan tersebut sangat mudah dan gampang.

 

Baca juga :

Sponsors Link

7. Meja

Untuk pemilihan meja dapat disesuaikan tingginya dengan sofa yang dibeli. Meja dapat terbuat dari kaca atau alumunium (logam) yang ditutupi dengan papan berwarna. Warna meja yang dibeli dapat di sesuaikan dengan warna sofa. Selain itu, bisanya pada ruang tamu minimalis tidak menggunakan banyak meja. Untuk menata ruang tamu, kita bisa memakai dua meja atau satu meja yang disesuaikan dengan sofa tadi. (Baca juga: Cara membuat rumah kayu minimalis)

8. Hiasan

Untuk hiasan yang digunakan untuk menambahkan nilai visual pada ruang tamu, kita bisa memilih bantal kursi yang memiliki warna mencolok atau berbeda dan ditaruh di sofa yang ada. Sebaiknya memilih bantal kursi yang tipis dan berbentuk kotak agar sesuai dengan sofa. Selain itu pada meja dapat di beri taplak bulu kecil yang mirip dengan warna bantal. Atau bisa juga menggunakan vas bunga kecil. Namun jika meja terbuat dari kaca atau papan furniture dengan warna yang cocok, maka tidak perlu diberikan tambahan hiasan diatasnya agar tidak terlalu kelihatan ramai.

Selain itu, di sisi sudut ruang tamu bisa kita tambahkan vas bunga dari ukuran sedang yanng diletakkan langsung pada lantai, atau ukuran kecil yanng diletakkan diatas meja kecil. Kita juga bisa menambahkan rak buku kecil beserta bukunya yang terbuat dari papa furniture dengan warna yang sesuai sebagai hiasan. Bila kita juga pecinta seni, maka kita juga bisa menambahkan lukiran atau foto yang dibingkai sederhana dengan ukuran sedang pada dinding.

Baca juga:

Desain Gambar Ruang Tamu Minimalis Sesuai Ukuran

Desain ruang tamu ukuran 3×3

             

ads

Desain Ruang Tamu Ukuran 2×3

Desain ruang tamu tipe 45

      

Desain ruang tamu minimalis type 36

  

Desain Rumah Minimalis Type 21

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 23:05 Oleh :
Kategori : Ruang Tamu